Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Konsumen Wardah Cosmetics Surakarta

Brigita Sally Sulistyawati, Farida Nur Istiqomah, Hakim Mustofa, Kervin Muhamad Diski, Nur Viana Sukma Melati, Marjam Desma Rahadhini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian (studi kasus konsumen Wardah Cosmestics di Surakarta). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer dari jawaban kuesioner yang diberikan kepada konsumen Wardah Cosmetics di Surakarta. Alat analisis penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dari dua variabel independen dan satu variabel terikat. Populasi penelitian ini tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berjumlah 45 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Wardah Lightening di Surakarta. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 45,6% yang berarti variabilitas keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh persepsi harga dan brand image sebesar 45,6%.

Keywords


Persepsi Harga; Brand Image; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Buchari, A. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Gunantha, I., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ms. Glow Beauty (Studi Pada Konsumen Ms. Glow Beauty Di Kota Semarang. SEIKO Jurnal of Manajement and Business, 3(3), 649.

Kevin L, K. (2013). Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Fourth Edi). Pearson Education Inc.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles Of Marketing (11th ed.). Prentice HallInternational.

Kotler, P., & Kevin L, K. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Kurniawati, N. I. (2020). Analysis of the influence of word of mouth and brand image on the decision to purchase cosmetics make over products in Semarang. Economics, Management and Sustainability, 5(2), 138–148.

Kusuma, A. C., Listyorini, S., & Hadi, S. P. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Emina Cosmetics di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 118–126.

Peter, J. P., & Jeery C, O. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Salemba Empat.

Putri, T. A., Marwan, M., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 734.

Rangkuti, F. (2015). The Power of Brand, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Gramedia Pustaka Utama.

Robi’ah, D. W., & Nopiana, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME : Journal of Management, 5(1), 433–441.

Sahat Parulian Remus Silalahi, & Jon Henri Purba. (2022). Analysis of the Effect of Brand Image and Promotional Mix on the Purchase Decision of Oriflame Cosmetic Products in Pt. Orindo Alam Ayu Medan. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(8), 1715–1726.

Schiffman, & Kanuk. (2015). Perilaku Konsumen (7th ed.). Prentice Hall.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuatitatif dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. In Media.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran : Prinsip dan Penerapan (4th ed.). Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo