Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan Di Basic Instic Culinary Jakarta

Rizki Hidayat, Leonardo Indra Vitaharsa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan di Basic Instic Culinary Jakarta. Populasi sasaran penelitian ini adalah pelanggan Basic Instic Culinary Jakarta. Para peneliti menggunakan metode sampling aksidental untuk memilih partisipan. Ukuran sampel untuk penelitian ini terdiri dari 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Peneliti menggunakan beberapa analisis linier dalam SPSS 25 untuk Windows untuk menganalisis data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-F untuk menilai efek simultan secara keseluruhan dan uji-t untuk mengevaluasi efek parsial individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini mendukung anggapan bahwa faktor-faktor tersebut memainkan peran penting dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan di Basic Instic Culinary Jakarta.


Keywords


Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Persepsi Harga; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458

Alma, B. (2016). Manajemen pemasaran dan pemasaran.

Anang, F. (2018). Perilaku Konsumen. December.

Bravo-Moncayo, L., Reinoso-Carvalho, F., & Velasco, C. (2020). The effects of noise control in coffee tasting experiences. Food Quality and Preference, 86, 104020. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.104020

Daga, R. (2017). citra, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan.

Donovan, R., & Adil, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. 1(1), 1–8.

Fatihudin, D., & Firmasnsyah, A. (2019). Pemasaran Jasa.

Halin, H. (2018). EcoMent Global 167. 3, 167–182.

Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Lewis dan Booms (1983) dalam F. Tjiptono dan G. Chandra (2011:180) mendefinisikan kualitas pelayanan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kualitas pelayanan dapat diwujudkan melalui pemenuh. E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(1), 64–74.

Herdioko, J., W, V. L., Bisnis, F., Kristen, U., & Wacana, D. (n.d.). KONSUMEN. 97–103.

Hutauruk, S. L. B., & Sitorus, D. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di Kota Batam. ECo-Buss, 5(2), 484–495. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.451

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). product quality. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Imansyah, H. irawan. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA KARAOKE INUL VIZTA TANJUNG Imansyah* dan Haris Irawan. November, 319–329.

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). price perception. 7(11), 5955. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06

Juwanto. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen rumah makan rahayu demak. https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2016/B.131.16.0303/B.131.16.0303-15-File-Komplit-20200303021334.pdf

Kirchhoff. (2009). Product Quality. The Eletronic Library, 34(1), 1–5.

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). quality product. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1237–1245.

Maharani, G., Anggraini, N., & Ribek, K. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG MINA CABANG DALUNG I. 3, 275–285.

Naini, N. F., Sugeng Santoso, Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 34–50. https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50

Nurmala, L., Yusuf, A. S., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab. Journal on Education, 5(2), 1950–1957. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.836

Palelu, G., Tumbuan, A., Persepsi, P., Dan, H., Pelayanan, K., Kepuasan, T., Reynaldi, D., Palelu, G., Tumbuan, W. J. F. A., Jorie, R. J., & Ratulangi, U. S. (2022). KONSUMEN KAMSIA BOBA DI KOTA LAWANG THE INFLUENCE OF PRICE PERCEPTION AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMERS SATISFACTION ON KAMSIA BOBA LAWANG Oleh : Jurusan Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Email : Jurnal EMBA Vol . 10 No . 1 Januari 2022 , Hal . 68 - . 10(1), 68–77.

Parasuraman, Zeithaml, V., & Berry, L. (1988). SERVQUAL : A Multiple-Item scale for measuring consumer perceptions of Service Quality. In SERVQUAL : A Multiple-Item scale for measuring consumer perceptions of Service Quality.

Piveteau, P., & Smagghue, G. (2019). Estimating firm product quality using trade data. Journal of International Economics, 118, 217–232. https://doi.org/10.1016/j.jinteco.2019.02.005

Poniman&Choerudin. (2017). Manajemen Pemasaran.

Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. (2021). Kepuasan Konsumen. Muslih Dwi Prasetyo, Susanto Bernadetta Diansepti Maharani, 9(1), 17–26. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.427

Sangaji, M., & Sopiah. (2013). perilaku konsumen.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Terhadap, D A N Harga( STUDI PADA KONSUMEN GEPREK BENSU RAWAMANGUN ). 16(01), 127–146.

Selamet, F., & Leony, asansa media. (2022). Jurnal Manajemen Diversifikasi Jurnal Manajemen Diversifikasi. 2(1), 153–160.

Siagian, A. O., & Wijoyo, H. (2021). kepuasaan pelanggan. Insight Management Journal, 1(3), 106–114. https://journals.insightpub.org/index.php/imj

Wicaksana, A. (2016). servise quality. Https://Medium.Com/, 101–115. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa.

Yamit, Z. (2001). Manajemen Kualitas produk dan jasa.

Yuhardi, Y., Sari, T. V., & Afrizal, D. (2022). Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mayang Suri Hotel. Ekonomika, 6(1), 123–130.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo