Pengaruh Service Quality Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Pantai Botutonuo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango

Mohamad Zidhan Hidayat Lapalanti, Andi Juanna, Syamsul B Biki, Irwan Yantu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan digital marketing terhadap keputusan mengunjungi objek wisata Pantai Botutonuo. Penelitian ini didasarkan pada desain penelitian deskriptif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas layanan dan pemasaran digital. Populasi penelitian ini adalah 96 responden. Teknik dalam penelitian ini adalah incidental sampling. Lima poin pertanyaan skala Likert dikirim ke responden, di mana 1= sangat tidak setuju dan 5 = sangat setuju. Statistik deskriptif, korelasi dan analisis regresi digunakan untuk menganalisis data. Uji reliabilitas telah dilakukan dengan menggunakan Cronbach's Alpha. Studi ini menemukan bahwa ada pengaruh positif Kualitas Layanan dan Pemasaran Digital pada Keputusan Kunjungan. Kualitas layanan memiliki efek positif pada keputusan kunjungan. Pemasaran digital memiliki efek positif pada keputusan kunjungan.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Pemasaran Digital; Keputusan Berkunjung

Full Text:

PDF

References


Kurniawati, D. (2017). Dampak Ketergantungan Remaja terhadap Media Sosial dan Upaya Mengantisipasi The Impact of Teenagers Depends on Social Media and Anticipate. 12 Simbolika, 3(1), 12–21. http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika

Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukmmart Kartika Widya Utama. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosding Seminar, 85–90.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA.

Talib, D., & Mpar, M. (2018). Model Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Botutonuo Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata), 1(2), 1–26. http://journal.umgo.ac.id/index.php/




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo