Meningkatkan Kepuasan Konsumen dengan Kualitas Produk dan Persepsi Harga di Restoran Geprek Bensu: Peran Citra Merek sebagai Mediator

Nikita Silva Yulistian, Bonifasius M.H. Nainggolan

Abstract


Tingginya perkembangan industri kuliner saat ini menjadikan persaingan usaha dibidang kuliner semakin ketat. Berbagai jenis makanan yang ditawarkan para pelaku usaha dibidang ini pun semakin variatif dan inovatif. Oleh karena itu rumah makan Geprek Bens uterus berusaha semaksimal mungkin dalam melengkapi kebutuhan dan harapan konsumen. Sasaran dari penelitian ini yakni mengetahui peningkatan kepuasan konsumen dengan kualitas produk dan persepsi harga, serta peran citra merek sebagai mediator. Total sampel adalah 231 respoden yang membeli Geprek Bensu lebih dari dua kali pada bulan Januari 2023. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui citra merek.

Keywords


Kepuasan Konsumen; Kualitas Produk; Persepsi Harga; Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, A. T., & H Michael, S. (2014). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D’cost Surabaya. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3, 643–655. https://scholar.google.com/scholar?cluster=8515815069512198799&hl=id&as_sdt=0,5

Afwan, M. T., & Santosa, S. B. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mebel Madina di Kota Banjarnegara). Diponegoro Journal of Management, 8(1), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Anandia, R., & Santoso, S. B. (2015). Analisa Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Citra Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Adidas Original (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4, 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Bailia, J., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Diputra, I. G. A. W., & Yasa, N. N. (2021). The Influence of Product Quality, Brand Image, Brand Trust on Customer Satisfaction and Loyalty. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(1), 25–34. http://118.97.187.12/pustaka/files/17726/jurnal/the-impact-of-service-quality-product-quality-and-price-on-customer-satisfaction.pdf

Fathurahman, A. A., & Sihite, J. (2022). Effect of Promotion, Brand Image, and Product Quality on Re-Purchase Interest Through Customer Satisfaction as Intervening on Erigo Apparel Products. 3(4), 621–631. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/dijms.v3i4.1126

Febriana, F. D., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tanam Coffeeshop Kaligarang Semarang. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 298–306. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1928

Ha, J., & Jang, S. C. (Shawn). (2010). Effects of service quality and food quality: The moderating role of atmospherics in an ethnic restaurant segment. International Journal of Hospitality Management, 29(3), 520–529. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2009.12.005

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Square Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE Publication, Inc.

Halim, P., Swasto, B., Hamid, D., & Firdaus, M. R. (2014). The influence of product quality , brand image , and quality of service to customer trust and implication on customer loyalty. European Journal of Business and Management, 6(29), 159–166.

Han, H., & Ryu, K. (2009). The Roles of the Physical Environment, Price Perception, and Customer Satisfaction in Determining Customer Loyalty in the Restaurant Industry. Journal of Hospitality & Tourism Reseacrh, 33. https://doi.org/10.1177/1096348009344212

Hanaysha, J., Abdghani, N. H., Hilman, H., & Abdul-Ghani, H. (2014). Direct and Indirect Effects of Product Innovation and Product Quality on Brand Image: Empirical Evidence Automotive Industry THE EFFECT OF GREEN MANAGEMENT PRACTICE ON ORGANIZATIONAL PERFORMANCE View project Drivers of Purchase Decision and Customer Reten. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(11), 1–7. www.ijsrp.org

Handayani, F., Bawono, A., & Viktor, V. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image Produk Roti Breadtalk Di Jakarta. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(1), 26–36. https://doi.org/10.30813/jpk.v4i1.2078

Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(1), 20–27. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/139

Hermawan, B., Basalamah, S., Djamereng, A., & Plyriadi, A. (2017). Effect of Service Quality and Price Perception on Corporate Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty among Mobile Telecommunication Services Provider. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 8(1), 62. https://doi.org/10.21013/jmss.v8.n1.p7

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management (4th ed.). Pearson Education Limited.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1, 1251–1259. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2536

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.). Penerbit Erlangga.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 284–293.

Lichtenstein, R. D., Nancy, M., Ridgway, & Netemeyer, R. G. (1993). Price Perception and Consumer Shopping Behavior. Journal of Marketing Research, 624(1), 139–155. https://doi.org/10.1177/0002716209334470

Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Manampiring, A. F., & Trang, I. (2016). Pengaruh Produk , Harga , Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di PT.Astra International TBK Malalayang. Jurnal EMBA, 4(1), 472–483. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11637

Martínez, P., Pérez, A., & del Bosque, I. R. (2014). CSR influence on hotel brand image and loyalty. Academia Revista Latinoamericana de Administracion, 27(2), 267–283. https://doi.org/10.1108/ARLA-12-2013-0190

Mitra, S., & Jenamani, M. (2020). OBIM: A computational model to estimate brand image from online consumer review. Journal of Business Research, 114(March), 213–226. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.04.003

Montung, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.

Nugroho, I. A., & Dirgantara, I. M. B. (2021). PengaruH Kualitas Produk,Citra Merek dan Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada PT. Havindo Pakan Optima). Jurnal Manajemen, 10(1), 1–11.

Ostrom, A., & Iacobucci, D. (1993). Consumer Trade-Ofts and the Evaluation of Service. Journal of Marketing, 59(Oliver).

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In Salemba Empat (Edisi 9). Salemba Empat.

Petrick, J. F. (2004). The roles of quality, value and satisfaction in predicting cruise passengers’ behavioral intentions. Journal of Travel Research, 42(4), 397–407. https://doi.org/10.1177/0047287504263037

Rindell, A., & Iglesias, O. (2014). Context and time in brand image constructions. Journal of Organizational Change Management, 27(5), 756–768. https://doi.org/10.1108/JOCM-09-2014-0172

Ryu, K., Han, H., & Kim, T. H. (2008). The relationships among overall quick-casual restaurant image, perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International Journal of Hospitality Management, 27(3), 459–469. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2007.11.001

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p19

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (Edisi 7). PT INDEKS Permata Puri Media.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (4th ed.). C.V ANDI OFFSET.

Wang, E. S. T. (2013). The influence of visual packaging design on perceived food product quality, value, and brand preference. International Journal of Retail and Distribution Management, 41(10), 805–816. https://doi.org/10.1108/IJRDM-12-2012-0113

Yi, Y., & Nataraajan, R. (2018). Customer satisfaction in Asia. Psychology and Marketing, 35(6), 387–391. https://doi.org/10.1002/mar.21093

Yoepitasari, A. H., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi 15, 15(1), 14.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo