Pengaruh E-Trust Dan E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty (Studi: Pengguna Flip.Id)

Indriyani Safitri, Hesty Wulandari Andi Ningsih, Hawignyo Hawignyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-trust dan E-satisfaction terhadap E-loyalty pada pengguna fintech platform Flip.id. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi flip.id yang dipilih dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi Eviews 12 dan hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara variabel E-trust dan E-satisfiction dengan nilai sebesar 0,7725 pada pengujian korelasi, E-trust berpengaruh signifikan terhadap E-loyalty dengan nilai Prob (t-stastistic) = 0.0014, E-satisfaction berpengaruh signifikan terhadap E-loyalty dengan nilai Prob (t-stastistic) = 0.0000 serta berdasarkan hasil regresi diperoleh nilai R-Squared 0.607668 yang artinya kedua variabel mempengaruhi variabel Y sebesar 60,7%.

Keywords


E-Trust; E-Satisfaction; E-Loyalty: Flip

Full Text:

PDF

References


Analita, Nabilla Salshabia, and Tri Indra Wijaksana. 2020. “Comparative Analysis Of E-Service Quality And E-Trust LinkAja And Dana Aplication.” 7(2):3507–18.

Ashghar, Sayyid Ali, and Hanny Nurlatifah. 2020. “Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Dan Perceived Risk Terhadap Keinginan Membeli Kembali Melalui e-Trust Dan E-Satisfaction (Studi Kasus Pengguna Gopay Pada Transaksi UMKM).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 1(1):40. doi: 10.36722/jaiss.v1i1.459.

Dewi, Shinta Kurnia, and Agus Sudaryanto. 2020. “Validitas Dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan , Sikap Dan Perilaku.” 73–79.

E, Burhanudin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif.

Elidawaty, Purba, Purba Bonaraja, Syafii Ahmad, Damanik Darwin, Siagian Valentine, Mulianta Ginting Ari, Pandapotan Silitonga Hery, Fitrianna Nurma, SN Arfandi, and Ernanda Revi. 2019. Metode Penelitian Ekonomi.

Hanera, Zia, Arif Sugiono, and Prasetya Negeraha. 2020. “PENGARUH E-TRUST DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTYMELALUI E-SATISFACTION (Studi Pada Konsumen Fashion E-Commerce Shopee) THE EFFECT OF E-TRUST, E-SERVICE QUALITY ON E-LOYALTY THROUGH E-SATISFACTION (Survey AtFashion Customer of E-Commerce Shopee).” Jurnal Kompetitif Bisnis 1:161–71.

Kartono, Ridwan Achdiat, and Ii Halilah. 2018. “Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Seller Di Bukalapak).” Polban IRWNS 1(1):1204–13.

Kasih, O. L., S. Avriyanti, and T. Rahman. 2019. “PENGARUH E-TRUST TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PENGGUNA WEBSITE TRAVELOKA Di KABUPATEN TABALONG.” Japb 2(1):194–206.

Kustiyah, Indriyani Kusumawati dan Sri Hartono dan Eny. 2019. “KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RESIKO KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA DOMPET DIGITAL OVO DI SURAKARTA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Liani, Anisa Mauta, and Abdul Yusuf. 2021. “Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty Dimediasi Oleh E-Satisfaction Pada Pengguna Dompet Digital Gopay.” YUME : Journal of Management 4(1):138–49. doi: 10.37531/yume.vxix.445.

Marginingsih, Ratnawaty. 2019. “Analisis SWOT Technology Financial (FinTech) Terhadap Industri Perbankan.” Cakrawala-Jurnal Humaniora 19(1):55–60.

Melani, Dani Octa, and Rahmiati. 2021. “The Influence of E-Service Quality, E-Trust and E-Satisfaction toward E-Loyalty on Shopee Online Shopping Application Users.” MMS Marketing Management Studies 1(3):253–66. doi: 10.24036/jkmp.v1i1.

Muhammad Afdi Nizar. 2020. “Financial Technology (Fintech): It ’ s Concept and Implementation in Indonesia.” Munich Personal RePEc Archive 5(98486):4–10.

Nurkhomaria, Dewi, Siti Chamidah, and Dwi Warni Wahyuningsih. 2022. “Pengaruh E-Trust, e-Service Quality, Dan e-Satisfaction Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Shopee. (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Ponorogo).” 2(3):620–32.

Pratama, Rizky Bagas. 2019. “Metodologi Penelitian.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 28–55.

Ranjbarian, Bahram, Ali Sanayei, Majid Rashid Kaboli, and Alireza Hadadian. 2012. “An Analysis of Brand Image, Perceived Quality, Customer Satisfaction and Re-Purchase Intention in Iranian Department Stores.” International Journal of Business and Management 7(6):40–48. doi: 10.5539/ijbm.v7n6p40.

Revita, Anindea. 2016. “E-Satisfaction Dan E-Trust Mempengaruhi E-Loyalty Konsumen Wanita Dalam Sosial Media.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1(4):505–13.

Samsu. 2017. Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development.

Sari, M. S., & Zefri, M. 2019. “Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, Dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelolaan Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura.” Jurnal Ekonomi 21(3):308–15.

Seminar, Prosiding, and Nasional Statistika. 2011. “PERBEDAAN PANDANGAN SKALA LIKERT SEBAGAI SKALA ORDINAL ATAU SKALA INTERVAL 1) Suliyanto 1.” 978–79.

Suci, Widya. 2020. Pengantar Metodologi Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo