Pengaruh Product Placement Dalam Drama Korea Dan E-WOM Terhadap Purchase Intention Pada Produk Scarlett Whitening

Zhafira Atika Anggraini, Arfina Ayu Lestari, Hanifah Novitasari

Abstract


Drama Korea telah menjadi fenomena global dan populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Fenomena ini telah menciptakan peluang bagi produsen untuk memanfaatkan product placement sebagai strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah product placement dan E-WOM (electronic word-of-mouth) berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (minat beli) dalam drama Korea Reborn rich dan Today’s Webtoon pada produk Scarlett Whitening. Metode penelitian yang digunakan adalah  pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah penggemar drama Korea dan memiliki pengalaman eksposur terhadap product placement di drama Korea. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah menonton drama korea Reborn rich dan Today’s Webtoon dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa product placement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Sedangkan E-WOM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap purchase intention. Product placement dan E-WOM secara bersama – sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap purchase intention produk Scarlett Whitening di Indonesia. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana product placement dalam drama Korea dan E-WOM mempengaruhi purchase intention pada produk Scarlett Whitening. Temuan ini dapat memberikan panduan kepada perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan kesadaran merek serta minat pembelian produk mereka.

Kata Kunci: Product placement; E-WOM; Purchase intention; Drama Korea


Keywords


Product Placement; E-WOM; Purchase Intention; Drama Korea

Full Text:

PDF

References


Belch, G. E. (2004). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective, Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Duwila, Z., Supandi, A., & Ogi, I. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Awareness dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado. Jurnal EMBA, 10, 269-278.

Hendri, & Budiono, H. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, EWOM Terhadap Purchase intention Pada Produk H&M Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 371-379.

Hendro, K. (2020). eWOM dan Trust sebagai Prediktor terhadap Purchase intention: Brand Image sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Komunikasi, 298-310.

Iqlima, C. R., & Saraswati, T. G. (2022). Pengaruh Product placement Permen Kopiko Dalam Serial Drama Korea Vincenzo Terhadap Minat Beli Konsumen. e-Proceeding of Management, 2286-2298.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kristanto, H., & Brahmana, R. K. (2016). Pengaruh Product Placemet Pada Film Indonesia Terhadap Brand Awareness dan Purchase intention Masyarakat Surabaya. Jurnal Management Pemasaran, 20-26.

Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word of mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management. Tourism Management, 458-468.

Millenia, D. P., Siregar, W. S., & Fitri, N. (2021). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Product placement Terhadap Minat Beli Konsumen Kopiko Dalam Drama Korea Vincenzo. Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politeknik Negeri Medan, 580-588.

Purwinati, L. (2021). Pengaruh Religiostik, E-WOM, Brand Image dan Attitude Terhadap Purchase intention. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 40-50.

Rarassati, S. C., & Hariwan, P. (2015). Pengaruh Product placement Terhadap Brand Awareness Audi Pada Film Transporter 3. e-Proceeding of Management, 3568-3575.

Ririn, H. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Yasmin, A. H., & Saputri, M. E. (2019). Pengaruh Product placement Pond's Age Miracle Terhadap Brand Awareness dan Purchase intention Pada Aplikasi Viu . e-Proceeding of Management, 4454-4459.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo