Efektivitas E-Commerce Pada UMKM Ridho Cemerlang Di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara

Muh. Dandy Putra Thohir, Rizan Machmud, Agus Hakri Bokingo, Valentina Monoarfa

Abstract


Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran E-Commerce sebagai kanal promosi dan penjualan dalam peningkatan penjualan dan pemasaran produk (UMKM) industri rumahan di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan (verifikasi hasil penyusunan). Hasil penelitian menunjukkan menurut informan,bahwa penggunaan E-Commerce sebagai kanal promosi dan penjualan sangat lah penting bagi peningkatan penjualan dan pemasaran produk (UMKM) usaha kuliner dalam pemasaran secara online khususnya usaha-usaha kuliner yang tergolong relative masih kecil. Dari kesimpulan yang di dapat UMKM Ridho Cemerlang telah menerapkan sarana dan prasarana, pendekatan proses yang efisien,dan pendekatan sasaran dalam outputnya. Dan saran yang di berikan untuk umkm Ridho Cemerlang ialah pemanfaatan dunia digital, E-Commerce, dan bangun relasi.

Keywords


Efektivitas E-Commerce; UMKM

Full Text:

PDF

References


Asyifa, M. (2021). Efektivitas Dan Efisiensi Penggunaan Aplikasi Akuntansi Ukm Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Umkm (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Kuliner Di Kota Tegal).

Anton,S.A.,Muzakan,I.,&Muhammad,W.F.(2015).AnAssessmentOfSmeCompetitivenessIn Indonesia.7(2),60–74.

Bismala, L., & Si, M. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Dan Efektifitas Usaha Umkm Melalui Model Manajemen.

Dharmawan Agung Muhammad. (2019). Efektifitas Endorsement Non-Selebrity Dalam Membangun Citra Merek Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kota Makassar.

Erlanitasari, Y., & Rahmanto, A. (2019). Digital Economic Literacy Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) Go Online. 49(2), 145–156.

Hariyanto, S., & Manajemen, S. I. (N.D.). Slamet Hariyanto, Sistem Informasi Manajemen. 80–85.

Latifah, L. (2020). Business Strategy – MSMEs Performance Relationship: Innovation and Accounting Information System as Mediators.

Maya, S., Yohana, L., Studi, P., & Ekonomi, P. (2018). Identification Of Problems And Solution Of The Micro Small Middle Entreprise With Nvivo-Software Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris , Fbs , Univ . Indraprasta Pgri. 10(2), 121–130.

Machmud Rizan, (2013). Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan Dengan Kinerja Pegawai Pada Rutan Makassar. Vol. 9 No. 1 Maret 2013 (Jurnal Capacity STIE AMKOP Makassar) ISSN : 1907-3313

Mutmainah, I. (2015). Effectiveness of Empowerment Micro Enterprise Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro. 16(1), 85–101.

Ramadhan, M. A., Deny, I. P., Sugih, A., & Natasia, S. R. (N.D.). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Umkm Pada Plantshopedia (Studi Kasus : Manajemen Persediaan Produk). 168–176.

Simpeg, K., Badan, D. I., & Daerah, K. (2017). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten.

Tamala, E. V. I. (2020). Upaya Peningkatan Kondisi Keuangan Umkm Dengan Model Qspm (Studi Kasus Pada Umkm Lima Sarana Bersih) Skripsi Program Studi Manajemen Model Qspm (Studi Kasus Pada Umkm Lima Sarana Bersih).

Tambunan, T. T. H. (2016). Development of Micro, Small and Medium Enterprises and Their Constraints: A Story From Indonesia. 13(1), 21–43.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo