Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Febriyanto Hamzah, Irwan Yantu, Agus Hakri Bokingo, Rezkiawan Tantawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan situasioanal terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Data dalam penelitian ini di dapatkan dengan melakukan penyebaran kuisioner pada pegawai yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 135 orang pegawai, kemudian pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 57 orang pegawai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja pegawai. Koefisien regresi yang bertanda positif dari variabel dukungan menunjukkan bahwa peningkatan nilai gaya kepemimpinan situasional akan meningkatkan nilai kinerja pegawai. Selanjutnya, berdasarkan perhitungan model persamaan regresi yang telah dilakukan diperoleh nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,147. Nilai ini berarti bahwa sebesar 14,7% variabel kinerja pegawai dipengaruhi variabel gaya kepemimpinan situasional, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Saran yang peneliti dapat diberikan terkait penelitian ini antar lain sebagai berikut untuk meningkatkan kinerja pegawai, pemimpin dapat memberikan motivasi bagi pegawai agar semnagatbekerja dan memiliki kreatif dalam bekerja, pemimpin perlu menciptakan iklim komunikasi organisasi yang baik dengan membangun iklim komunikasi menjadi lebih terbuka.

Keywords


Kepemimpinan Situasional; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.

Fahmi Irham. (2014). Manajemen Teori, Kasus dan Solusi. Bandung. Alfabeta.

Hamali, Arif Yusuf. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Buku Seru

Http://dinkes.gorontaloprov.go.id/dinkes-paparkan-capaian-program 2018-dan-program-201

Kadek Fajar Andika Karma, Geriyanta Wirawan Yasa, Ni Made Dwi Ratnadi. (2016). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi Dan Motivasi Pada Kinerja Karyawan Di PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Bandung”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.11 (2016): 3823-3856.

Khalil Ghazzawi, Radwan El Shoughari, Bernard El Osta. (2017). “Situational Leadership and Its Effectiveness in Rising Employee Productivity: A Study on North Lebanon Organization” Human Resource Management Research. 7(3): 102-110

Mamang Sungaji Etta dan Sopiah, 2010. Metodologi Penelitian, Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta. Andi Offest.

Mu’ah dan Masram. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional. Sidoarjo. Zifatama. Poppy Darmawan, Heru Susilo, Edlyn Khurotul Aini. (2018). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT Anugerah Sinergi Raya)”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 60. No 2.

Saeid Afshinpour , Marie-Line Germain , Michael E. Tomlin , Tamara Anderson. (2014). “ The Role of Situational Leadership Style in reb Employee Satisfaction in an Iranian Oil mece Company” Organizational Resource Management Research. Vol 3. No 3

Sedarmayanti .(2017). Perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Reflika Aditama.

Siti Hidayati, Hamida Nayati Utami, Arik Prasetya. (2015). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Divisi Tower & Approach Terminal (TWR&APP-TMA) AirNav Indonesia Kantor Cabang Aero Traffic Control Soekarno Hatta)”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 26. No 1.

Sopiah. (200). Perilaku organisasi. Yogyakarta. Andi. Srilisyani Sapii (2014). “Pengaruh Gaya kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Boalemo” Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo

Stefen, Robbins. (2010). Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat

Sudaryono. (2014). Budaya dan Perilaku organisasi, Jakarta : Lentera Ilmu Cindekia

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.21894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo