Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 5 Kota Gorontalo

Nasib Rianto Hasan, Irwan Yantu, Andi Juanna, Rezkiawan Tantawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi dengan populasi yaitu guru SMP Negeri 5 Kota Gorontalo sebanyak 18 orang guru PNS. Metode sampling menggunakan probability sampling di mana semua anggota populasi berpeluang dipilih menjadi sampel, karenakan jumlah populasi kurang dari 100, maka ketentuan penarikan sampel adalah mengambil keseluruhan anggota populasi yang berjumlah 18 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji persamaan regresi berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Besar pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru mencapai 79,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kepemimpinan Transformasional; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arokiasamy, A. R. A., Abdullah, A. G. K., @ Shaari, M. Z. A., & Ismail, A. (2016). Transformational Leadership of School Principals and Organizational Health of Primary School Teachers in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 151–157. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.124

Bass, B. M. (1999). Two Decades of Research and Development in Transformational Leadership. European Journal of Work and Organizational Psychology, 8(1), 9–32.

Blaskova, M., Blasko, R., Figurska, I., & Sokol, A. (2015). Motivation and Development of the University Teachers’ Motivational Competence. Science Direct. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 116–126.

Burns, R. B. (2005). Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Arcan.

Castetter, W. B. (1996). The Human Research for Educational Administration. Simon & Schuster Company.

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. CV. Pustaka Setia.

Djamarah, S. B. (2004). Prestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar. Usaha Nasional.

Eisenbach, R., Watson, K., and Pillai, R. (1999). Transformational Leadership in The Context of Organizational Change. Journal of Organizational Change Management, 12(2), 80–88.

Ekowati, V. M., Troena, E. A., & Noermijati, N. (2013). Organizational Citizenship Behavior Role in Mediating the Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction on Employee Performance: Studies in PT Bank Syariah Mandiri Malang East Java. International Journal of Business and Management, 8(17), 1–12. https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n17p1

Iensufiie, T. (2010). Leadership untuk Profesional dan Mahasiswa. Erlangga.

Jacqueline Lomanjaya, M. L. (2014). ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ISS INDONESIA CABANG SURABAYA DI RUMAH SAKIT KATOLIK ST. VINCENTIUS A. PAULO Jacqueline. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2(1).

Mailani, I., Bustanur, & Kurniawati, T. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhahap Kinerja Guru (Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Desa Air Emas Kecamata Singingi). Jom Ftk Uniks, 1(1), 110.

Mohulaingo, M., Podungge, R., & Bokingo, A. H. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Fisik Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 109–115. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14253

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (1st ed.). Bumi Aksara.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (alfabeta).

Naidah, & Musa, N. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(2).

Natalia. (2020). Meningkatakan Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis. Jurnal KANSASI, 5(242–250).

Nugroho, D. A. (2011). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2).

Pandipa, A. K. H. (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1).

Pemerintah Pusat. (2003). Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional. LN.2003/NO.78, TLN NO.4301, LL SETNEG: 37 HLM.

Rifa’i, A. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & …, 4(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4379

Robbins, Stephen P. Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

S, S. S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1), 185–200. https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.185-200

Sartika, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smp Pgri 1 Ciputat. Skripsi: Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sedarmayanti. (2010). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV. Mandar Maju.

Setiawan, B. A., & Muhith, A. (2013). Transformasional Leadership. Raja Grafindo.

Shen, J., Ma, X., Mansberger, N., Wu, H., Palmer, L. A. B., Poppink, S., & Reeves, P. L. (2021). The relationship between growth in principal leadership and growth in school performance: The teacher perspective. Studies in Educational Evaluation, 70. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101023

Soni Raharjo. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Self Monitoring Terhadap Kepuasan Kerja Guru dan Kinerja Guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tanjung Morawa. Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sulistyorini. (2001). Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Madrasah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Media Ilmu.

Talebizadeh, S. M., Hosseingholizadeh, R., & Bellibaş, M. Ş. (2021). Analyzing the relationship between principals’ learning-centered leadership and teacher professional learning: The mediation role of trust and knowledge sharing behavior. Studies in Educational Evaluation, 68. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100970

Tantawi, R., Armanu, & Sudjatno. (2016). The Role of Job Motivation and Job Satisfaction in Mediating theEffect of Teacher’s Certification on The Teacher’s Performance in Gorontalo Elementary. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(4), 629–640.

Veithzal Rivai Zainal. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (7th ed.). Raja Grafindo.

Wutun, R. P. (2001). Persepsi Karyawan tentang Perilaku Kepemimpinan Atasan. Suatu Kajian Teori Transformasi-Transaksional. Bagian Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Yukl, G. (2012). Leadership in Organization (8th ed.). Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.21949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo