Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Andri Modjo, Lisda L Asi, Valentina Monoarfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa secara parsial. Penelitian ini menggunakan 150 populasi dan 60 sampel responden mahasiswa. Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Hal ini menunjukkan jika semakin baik kualitas layanan yang dilakukan oleh seorang pegawai maka kepuasan mahasiswa Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo juga akan ikut meningkat. Variabel kualitas layanan dalam menjelaskan variabel kepuasan mahasiswa sebesar 47,7% sedangkan sisanya 52,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dijelaskan dalam penelitian ini, seperti motivasi dan kinerja.

Keywords


Kualitas Layanan; Kepuasan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. R. (2017). Pengaruh Pemerintahan Pajak, Sanksi Pajak, Dan Pelaksanaan Penagihan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Abdul Rahman Saleh, Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi.(Jakarta: Universitas Terbuka,1995) h 13

Arfa, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Stikes Telogorejo Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 651-660.

Aryanto, M. Z., & Suratman, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 401-412.

Dini Afrianti, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Karya (Stie Gk) Muara Bulian (Skripsi S1 Dalam Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,2020

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Fransisca, Rahayuningsih. 2015.Mengukur Kepuasan Pemustaka. Yogyakarta: Graha Ilmu. S

Fransiska Rahayuningsi,Mengukur Kepuasan Pemustaka (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2015) h 9-10

Harfika, Jarliyah dan Nadiya Abdullah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance. Vol. XIV, No. 1.

Hartono SS, Manajemen Perpustakaan Sekolah. (Yogyakarta :AR-RUZZ MEDIA,2016) h 37

Ibid 182

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas Dan Realibilitas Dengan Menggunakan SPSS. Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (Stai) Darul Dakwa Wal-Irsyad (Ddi) Kota Makasar, 1-13.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS.

Kara, A. M., Tanui, E., & Kalai, J. M. (2016). Educational service quality and students’ satisfaction in public universities in Kenya.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga

Martha-Martha, N. G., & PRİYONO, İ. (2018). The effect of service quality on student satisfaction and student loyalty: An empirical study. Journal of Social Studies Education Research, 9(3), 109-131.

Mukhsin, R., Mappigau, P. & Tenriawaru, A. N., 2017. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Mikro Kecil Dan Menengah KelompokPengolahan Hasil Perikanan Di Kota Makassar. Jurnal Analisis, 6 (2), pp. 188-193.

Nuryadi, Astuti, Tutut Dewi and Sri Utami, Endang and Budiantara, Martinus. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Pawit M, Yusup. Ilmu Informasi,Komunikasi,Dan Kepustakaan Edisi Kedua (Jakarta :PT Bumi aksra,2016) h 217-219

Rakib, F. A. (2013). Kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling terapung (studi kasus di kota ternate). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4).

Risparyanto, A. (2018). Pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap loyalitas pemustaka dengan variabel intervening kepuasan pemustaka. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 8(1), 53-66.

Sa'adah, R. H. (2018). Pengaruh layanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Sofjan Assauri, Strategic Marketing ( Jakarta: PT Raja Grafindo.2012)h 2-3

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sujarweni, Wiratna v. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Pres

Sulistyo-Basuki.1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952-962.

Undang-Undang No 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, h. 20-21

Widi R. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian epidemiologi kedokteran gigi. J.K.G Unej. 2011; 8 (1): 27-34.

Wiji Suwarno, Organisasi Informasi Perpustakaan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)

Zurni Zahara Samosir, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU (Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informars, Vo,1 No,1 Juni 2005)




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.21954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo