Analisis Strategi Nestle Dalam Melaksanakan Bisnis Di Indonesia, Malaysia, Dan Singapura

Yuswardi Yuswardi, Renza Fahlezi, Angelina Angelina, Jennifer Jennifer, Jocelyn Theophilia, Lian Andrianus, Rico Kartono

Abstract


Penulisan jurnal melibatkan Nestle sebagai objek penelitian yang dimana penulisan berisikan analisis kemudahan dan kendala yang dihadapi Nestle dalam melaksanakan bisnisnya di negara Asia dan beberapa diantaranya, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumen serta berdasarkan jurnal yang telah diteliti sebelumnya. Hasil penelitian menjelaskan terkait dengan strategi perusahaan dan keberhasilannya dalam memasuki dan menjalankan usahanya di negara tersebut yang dimana hasil analisis disimpulkan dan dirangkum dalam entry mode oleh Nestle, analisis SWOT, serta strategi promosi yang dilaksanakan di ketiga negara tersebut. Nestle menggunakan strategi investasi langsung serta joint venture untuk memasuki pasar internasional. Analisis SWOT menjelaskan bahwa Nestle memiliki kelebihan dari segi teknologi dan inovasi, namun terdapat potensi resiko dan kelemahan yang harus diperhatikan guna mengembangkan usahanya. Promosi Nestle cenderung memanfaatkan periklanan untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat dan hal ini dapat dianggap sebagai peluang yang bila dilaksanakan dengan cermat, dapat menjadi keunggulan kompetitif Nestle.

Keywords


Asia; Perbandingan Negara; Strategi Bisnis; PT. Nestle; Mode Masuk; Strategi Promosi; SWOT

Full Text:

PDF

References


Biasramadhan, P. (2023). Perbandingan Pendirian Perusahaan di Indonesia dan Singapura. 1–6.

Choo, T. X., Chong, Z. X., Chong, S. C., & Chu, S. H. (2022). A Study on Marketing Strategy of Nestle in Asia. Advances in Global Economics and Business Journal, 3(1), 1–14.

Deshmukh, A. (2021). Which country produced the most coffee in 2020? | World Economic Forum.

Elgahry, B. A. (2020). Regional and Interregional Business Cycle Comovement in Europe, Asia, and North America. 40(4), 3088–3103.

Hidayat, T. (2007). Perbandingan Pendirian Perseroan Terbatas ( Pt ) Diindonesia Dan Syarikat Berhad ( Bhd ) Di Malaysia ( Studi Di Notaris Dan Ppat Bil ’ Id Muhdin Boftem Surabaya Indonesia). Law, 2.

Kat, U. (2007). Analysis on Nestlé ’ s Business Environment. 1–5.

Kusuma, A. (2017). Jurnal manajemen & bisnis indonesia. Manajemen Bisnis, 6(1), 42–50.

Lopes de Sousa Jabbour, A. B., Ndubisi, N. O., & Roman Pais Seles, B. M. (2020). Sustainable development in Asian manufacturing SMEs: Progress and directions. International Journal of Production Economics, 225. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.107567

Mehmood, R., Hunjra, A., & Chani, M. (2019). The Impact of Corporate Diversification and Financial Structure on Firm Performance: Evidence from South Asian Countries. Journal of Risk and Financial Management, 12(1), 49. https://doi.org/10.3390/jrfm12010049

MIDA. (2022). Nestle Malaysia - MIDA | Malaysian Investment Development Authority.

Mubarok, M. H. (2018). Kompleksitas Model Bisnis Adaptif Berbasis Teknologi Digital Dan Jaringan Bisnis Internasional. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.21043/malia.v1i1.3984

Muhammad, S. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena Journal, 9(1), 159–172. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450

Nestl, H., Food, G., Life, G., Business, C. N. N., Sustainable, U. N., Goals, D., Nations, U., & Compact, G. (2014). Essay on Nestlé : Industrial and SWOT Analysis Nestlé Performance :

nestle. (2022). Sejarah Perusahaan Nestlé | Nestlé.

Nestle. (2023a). Nestlé R&D Centre Singapore | Nestlé.

Nestle. (2023b). Sejarah Nestlé Indonesia | Nestlé.

Nugroho, A. Y. A. (2022). ANALISIS STRATEGI EKSPANSI INTERNASIONAL LION PARCEL. 14(2), 26–40.

Nuramdhani, D. (2006). Dilla Nuramdhani Amdani , SE ., MM T3 Manajemen Operasional I. 2–3.

Payaud, M. A. (2005). Marketing Strategies at the Bottom of the Pyramid: Examples From Nestl´e, Danone, and Procter & Gamble. Journal of Organizational Excellence, 24(4), 97–102. https://doi.org/10.1002/joe

Ragimun, R., Handoko, R., Rosjadi, I., Mutaqin, M., & Yasin, A. (2022). Kinerja Perdagangan Indonesia-Singapura Dan Malaysia. Jurnal Perspektif Bea Dan Cukai, 6(1), 28–45. https://doi.org/10.31092/jpbc.v6i1.1540

Rosyidah, N., Matin, & Rosyidi, U. (2020). Internationalization in higher education: University’s effective promotion strategies in building international trust. European Journal of Educational Research, 9(1), 351–361. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.351

Shen, Y. (2022). SWOT Analysis and Strategy Selection of Nestle Based On 2018-2020 Annual Report. 652(Icssed), 800–805.

Sijabat, F. N., & Darsono, N. (2020). Studi Literatur tentang Kerjasama Ventura Internasional sebagai Salah Satu Model Entri dalam Strategi Internasional. 1–18.

Singh, P. (2021). A Study on Nestle Promotion Strategy. February. https://doi.org/10.32535/ijafap.v4i1.1033

Sutanto, A. (2016). STRATEGI MENINGKATKAN MUTU PRODUK UNTUK MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL. 4(1), 64–75.

UKEssays. (2018). Nestle Singapore Pte Ltd Marketing Essay. 1–7.

Wajdi, M. F. (2013). Perspektif Pemasaran Global Dalam Bisnis Internasional. Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Papers Sancall 2013, 978–979.

Wiarto, J. (2022). Global Strategi dan Strategi SMC (Supply Chain Management) terhadap Perusahaan Nestle. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 4355–4364.

Yurike Salzabella Susanto. (2020). EKSPANSI BISNIS ALIBABA GROUP HOLDING LIMITED KE INDONESIA (The Business Expansion of Alibaba Group Holding Limited to Indonesia).

Yuswardi, Y. (2020). Effect of Implementation of Human Resources. 49–59.

Yuswardi, Y., & Suryanto, S. (2021). Impact of Compensation, Career Development, Performance Appraisal and Training on Performance of Employees in Batam. Journal of Global Business and Management Review, 3(2), 61. https://doi.org/10.37253/jgbmr.v3i2.6285




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.22311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo