Analisis Pengaruh Aktiva Lancar Dan Utang Lancar Terhadap Rasio Lancar Pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2015 – 2022

Attoriq Putra Muhammad, Monica Salwa Azzahra, Rafaeza Athhar Ramadhan, Syafira Nur Fadilah, Syti Sarah Maesaroh

Abstract


Dengan menganalisis laporan keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2015-2022 per triwulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktiva lancar dan utang lancar terhadap rasio lancar perusahaan tersebut untuk selanjutnya menguji hipotesis bahwa aktiva lancar dan utang lancar berpengaruh signifikan terhadap rasio lancar perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yang juga dilengkapi oleh teknik analisis lainnya yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R²), dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aktiva lancar dan utang lancar berpengaruh signifikan terhadap rasio lancar PT. Unilever Indonesia Tbk.  periode 2015-2022. Selain itu, hasil penelitian ini juga memberikan implikasi bagi perusahaan untuk mengelola aktiva lancar dan utang lancar guna meningkatkan rasio lancar yang lebih stabil dan berkelanjutan, serta dapat mengambil keputusan yang tepat bagi manajemen aktiva lancar dan utang lancar.

Keywords


Laporan Keuangan; Aktiva Lancar; Utang Lancar; Rasio Lancar

Full Text:

PDF

References


Abriano, N., Yuniarti, S., & Mukarramah, S. (2021). Analisis Pengaruh Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang Dan Perputaran Aset Tetap Terhadap Rasio Lancar Pada Pt.Unilever Indonesia Tbk.Tahun 2013 –2020. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2. Diambil kembali dari http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/oikonomika/article/view/59/37.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat.

Dewi et al. (2019). Pengaruh rasio likuiditas, rasio leverage dan rasio profitabilitas terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur. Kumpulan Hasil Riset, https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/537.

Dhany Lia, Andhi Wijayanto. (2015). Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba. Management Analysis Journal (ISSN 2252- 6552). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Diambil kembali dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/7744/5345.

Ghozali, I (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Janie, D. N. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. (A. I. S., Penyunt.) 43. Diambil kembali dari https://repository.usm.ac.id/files/bookusm/B208/20170519022209-Statistik-Deskriptif-&-Regresi-Linier-Berganda-dengan-SPSS.pdf.

Kasmir. (2014). Analisis laporan keuangan, Edisi 7, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Ross, S. A., Westerfield, R. W., & Jordan, B. D. (2016). Fundamentals of Corporate Finance. McGraw-Hill Education.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.22312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo