Pengendalian Kualitas Produk Pia Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SPC) dan Statitical Quality Control (SQC) di UKM Hidayah

Sri Lindawati Umar, Hasanuddin Hasanuddin, Abdul Rasyid

Abstract


UKM Hidayah merupakan salah satu UKM yang memproduksi makanan kecil atau cemilan, yang terletak di Jl. Tapa, Ayula Tilango, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango. UKM Hidayah memproduksi pia sebanyak 5000 pcs/hari sedangkan pada lebaran dan tahun baru mencapai 7000 pcs/hari. Produk berkualitas merupakan produk yang mampu memenuhi harapan konsumen terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, perusahaan berupaya meningkatkan produktivitas, salah satunya mengontrol produk cacat. Berdasarkan data dari bagian pengendalian kualitas UKM Hidayah menunjukan bahwa produk pia memiliki hasil akhir yang tidak sesuai dengan standar dan kualitas yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang menyebabkan produk cacat dan menganalisis pengendalian kualitas produk menggunakan SPC dan SQC sehingga dapat mengurangi produk cacat. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab produk cacat yaitu manusia, metode, dan mesin, sedangkan analisis menggunakan metode statistical process control (SPC) dan statistical Quality Control (SQC) terdapat beberapa jenis cacat pia diantaranya adalah cacat gosong, cacat bentuk, dan cacat isi keluar (bocor). Namun cacat tertinggi adalah cacat isi keluar (bocor) dengan jumlah cacat mencapai 13515 pcs/tahun, cacat tertinggi kedua yaitu cacat bentuk dengan jumlah cacat sebesar 7760 pcs/tahun dan yang terakhir cacat gosong 7713 pcs/tahun. Dengan persentase kecacatan 20,13% dan rata-rata cacat 1.68%.

Keywords


Produk Cacat; Metode SQC; Metode SPC

Full Text:

PDF

References


Adjie, P. S. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Roti Menggunakan Metode Statistical Proces Control Di Home Industri Cv. Mustika Rasa.

Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi. Edisi Tiga. Jakarta. Rajawali Pers.

Bahauddin, A., & Arya, V. (2020). Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT . XYZ). 6(1).

Carter, William K. (2015). Akuntasi Biaya. Buku-1. Edisi 14 Jakarta : Salemba Empat

Elisa, M. R., Eka, B. G., M. S. (2018). Peningkatan Kualitas Produk Roti Manis pada PT Indoroti Prima Cemerlang Jember Berdasarkan Metode Statistical Process Control (SPC) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). V(1), 200–207.

Fajrin, D. (2020). Pengendalian Kualiatas Pada Proses Produksi Olahan Makanan Bakpia.

Friscila, N., Tunjang, H., & Syamsudin, A. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Produk untuk Meminimumkan Produk Gagal pada Pabrik Roti Prabu Bakery. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(3), 203–213.

Gusti, N. D. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistic Processing Control (SPC) Pada CV. Pusaka Bali Persada (Kopi Banyuatis). 10(2), 636–645.

Hairiyah, N., Amalia, R. R., & Luliyanti, E. (2019). Analisis Statistical Quality Control (SQC) pada Produksi Roti di Aremania Bakery. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 8(1), 41–48.

Heizer J, & Render B., (2015) Manajemen Operasi. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat

Hutomo, P. A. (2018). Pengendalian Kualitas Dengan SPC (Statistical Process Control) Untuk Mutu Beton Pada Proyek Apartment Biz Square.

Ilham, M. N. (2014). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Procesing control (SPC) Pada PT. BOSOWA Media Grafika (Tribun Timur). Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Hasanuddin, Makassar., 8, h 86.

Laksana, Y., Putra, K., & Adriantantri, E. (2022). Upaya Mengurangi Cacat Produk Keripik Pisang Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) dan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) (Studi Kasus: UMKM Indochips Alesha Trimulya). Jurnal Valtech, 5(2), 142–151.

Norawati, S., & Zulher, M. (2019). Analisis pengendalian mutu produk roti manis dengan metode Statistical Process Control (SPC) Pada Kampar Bakery Bangkinang. Jurnal Menara Ekonomi, 5(2), 103–110.

Rasyid, A., & Rauf, F. A. (2018). Model Peran Pemerintah pada Pengembangan Inovasi UKM dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). 16(2), 93–99.

Suhartini, N. (2020). Penerapan Metode Statistical Proses Control (SPC) Dalam Mengidentifikasi Faktor Penyebab Utama. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa Volume, 25(1), 10–23.

Siregar, A. S. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pellet Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) Dan Statistical Process Control (SPC) Di PT. Gold Coin Indonesia Kim Ii Mabar. Skripsi: Andreas Supratman Siregar Fakultas Teknik Universitas Medan Area.

Supriyadi, E. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Statistical Proses Control (SPC) Di PT. Surya Toto Indonesia , Tbk. 1.

Suryani, F. (2020). Statistical Quality Control untuk menganalisa Kecacatan pada Roti Pia Statistical Quality Control for analyzing defects in Pia bread. Jurnal Teknik Industri, 6(2), 72–78.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.22946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo