Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, dan Faktor Demografi Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo

Moh Fajri R Lamusu, Mohamad Agus Salim Monoarfa, Meriyana Franssisca Dungga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, efikasi keuangan dan faktor demografi (usia, jenis kelamin, uang saku) terhadap keputusan investasi mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil data yang dikumpulkan melalui pembagian kuesioner tersebut telah diuji dengan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel lietrasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa, efikasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa, usia tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi mahasiswa, jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi mahasiswa, uang saku berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa, dan secara simultan variabel literasi keuangan, efikasi keuangan, dan faktor demografi (usia, jenis kelamin, uang saku) berpengaruh positif terhadap keputusan investasi mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo.

Keywords


Literasi Keuangan; Efikasi keuangan; Faktor Demografi; Keputusan Investasi

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2015). Consumer attitudes and behavior: the theory of planned behavior applied to food consumption decisions. 121–138. https://doi.org/10.13128/REA-18003

Ansari, S., & Uprety, M. (2017). Investors Perception Towards Determinant of Investment Decision: A Gender Based Study. International Education & Research Journal, 3(6).

Bhaskara, W. P. (2017). Pengaruh literasi keuangan, efikasi keuangan dan faktor demografi pada keputusan investasi pasar keuangan keluarga di Surabaya. 1–14.

Bhushan, P. (Deptt of H. and S. S., Jaypee University of Information Technology, Waknaghat, Solan, I. ., & Medury, Yajulu (2Chief Operating Officer, Jaypee Education System, I. (2013). Financial Literacy and its Determinants. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 8(7). https://doi.org/10.22214/ijraset.2020.30445

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. 7(2), 107–128. https://doi.org/10.1108/JCM-01-2018-2514

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hussain, D. I., & Sajjad, P. D. S. (2016). Significance Of Financial Literacy And Its Implications: A Discussion. Journal Of Business Strategies, 10(2), 141–154.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. JMK, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76

Monoarfa, M. A. S., Lamusu, M. F., & Jusuf, R. D. (2022). Contribution of Financial Literacy and Demographics on Investment Decision. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(12), 741–745.

Pompian, M. M. (2006). Behavioral finance and wealth management: How to build investment strategies that account for investor biases. In Behavioral Finance and Wealth Management: How to Build Investment Strategies That Account for Investor Biases. https://doi.org/10.1002/9781119202400

Putri, W. W. P., & Hamidi, M. (2019). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, EFIKASI KEUANGAN, DAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 398–412.

Rahadjeng, E. R. (2011). Analisis perilaku investor perspektif gender dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal. 6, 90–97.

Rasyid, R. (2012). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Journal Kajian Manajemen Bisnis, 1(2).

Sabir, M., Monoarfa, M. A. S., Safitri, T. A., Sudibyo, T. D., Yucha, N., Puspitasari, M., Nugroho, H. S., Minhajuddin, Kurniaty, H., Salijah, E., & Hartono, M. (2023). Manajemen Resiko (M. A. Wardana (ed.)). Intelektual Manifes Media.

Supramono, & Haryanto, J. O. (2005). Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Andi.

Wulandari, D. ayu, & Iramani, R. (2014). Studi Experienced Regret, Risk Tolerance, Overconfidance Dan Risk Perception Pada Pengambilan Keputusan Investasi. Journal of Business and Banking, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.14414/jbb.v4i1.293




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.22954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo