Perbandingan Emotional Marketing Antara Toko Putri Agata Dan Larishi

Aminah Aminah, Sri Ernawati

Abstract


Dalam dunia bisnis pendekatan dengan emotion marketing ini dinilai sangat efektif. Para pelaku bisnis sudah seharusnya lebih menekankan pada kualitas pelayanan. Hal ini dapat menjadi nilai tambah untuk membedakan bisnisnya dengan bisnis competitor atau pesaing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada dan tidak perbedaan emotion marketing anatar toko putri agata dan larisi. Jenis penelitian yaitu komparatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kusioner skala likert dan study putaka dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik Analisa data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, Uji independen t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara emotional marketing pada putri agata dan larishi.

Keywords


Emotion Marketing; Konsumen; Kualitas Pelayan

Full Text:

PDF

References


Adela, G., & Tecoalu, M. (2017). Pengaruh Pemasaran Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Mediasi Citra Merek pada Produk Nike. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2), 143.

Kalsum Umi, R. S. M. (2017). Pengaruh Emotion Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko HR ELEKTRONIK Banjarmasin. Pengaruh Emotion Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Toko Hr Elektronik Banjarmasin, 7(April), 67–75.

Kusumadewi, R. K. (2013). Pelaksanaan Emotional Marketing melalui The Emotional Es sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 53(9), 1689–1699.

Firdaus, D. F., & Nurazizah, D. F. (2021). Pengaruh Emotional Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Di PT Bank BJB Syariah. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman. Vol. 2. No. 1. https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jfik/article/view/57.

Neiderhauser, J.E., (2013). “How Nike’s Leadership Affects Brand Image Internally and Externally”. UW-L Journal of Undergraduate Research XVI

Sharma, M. K. 2014. The Impact on Consumer Buying Behavior: Cognitive Dissonance. Journal of Finance and Management, 6 (9), hal. 833-840.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilo, I., & Semuel, H. (2015). Analisa Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Pada Produk Dove Personal Care Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.1.23-34

Yacub, R., Saleh, K., & Putra, M. (2022). The Effect of Experiential Marketing and Emotional Marketing on Customer Loyalty in “LGS” Showroom. International Journal of Social Science and Business, 6(1), 83–90. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i1.44612




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo