Pengaruh Green Product Dan Green Brand Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Produk Tupperware Di Kota Gorontalo)

Celine Masnita Muli, Rizan Machmud, Zulfia K. Abdussamad, Srie Isnawaty Pakaya, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari Green Product (X1), Green Brand (X2), terhadap Minat Beli Konsumen (Y) pada Konsumen Tupperware di Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan melakukan penyebaran kuesioner pada konsumen produk Tupperware yang ada di Kota Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengambilan sampel sebagai objek penelitian adalah sebanyak 96 responden dari konsumen Tupperware di Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis secara parsial Green Product berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Tupperware, hal ini dikarenakan thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel (7,707>1,985). Berdasarkan hasil analisis secara parsial Green Brand berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Tupperware, hal ini dikarenakan thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel (6,235>1,985). Sedangkan dari uji F, menunjukkan bahwa adanya hubungan secara simultan antara variabel X dan Y karena nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (29,513>3,09). Hasil nilai R Square sebesar 0,575. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 57,5% variabel Minat Beli Konsumen Tupperware di Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh Green Product dan Green Brand, sedangkan sisanya sebesar 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Green Product; Green Brand; Consumer Purchase Interest

Full Text:

PDF

References


Akdon, Ridwan. (2007). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Jakarta: Alfabeta.

Allen A. Ch. Manongko. (2011). “Green Marketing dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Membeli Produk Organik”, (Studi Pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado).

Asyhari, dan Yuwalliatin, Sitty. (2021). The Influence of Green Marketing Strategy on Purchasing Decision with Mediation Role of Brand Image.

Bukhari, A., Rana, R. A., & Bhatti, U. T. (2017). Factors Influencing Consumer's Green Product Purchase Decisions By Mediation Of Green Brand Image. International Journal of research, 04(07).

Chen, K., & Deng, T. (2016). Research on the green purchase intentions from the perspective of Product knowledge. Sustainability (Switzerland), 8(9).

D’Souza, C., Taghian,M., Lamb, P., and Peretiatkos, R. 2006. “Green Products and Corporate Strategy: An Empirical Investigation”. Society and Business Review. Vol. 1 Iss: 2.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Grant, J. (2015). The Green Marketing Manifesto. West Sussex, England: John Wiley & Sons, Ltd.

Gultom, Desi Natalia, dan Widodo, Arry. (2021). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Tepung Terigu Bogasari di DKI Jakarta).

Hair, et al. (1995). Multivariate Data Analysis 6 Ed. New Jersey: Pearson Education.

Handayani, W., & Prayogo, R.A. (2017). Green Consumerism: An Eco - Friendly Behavior Form Through The Green Product Consumption and Green Marketing.Sinergi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(2), 25-29.

Haryadi, R. (2009). “Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta”, Tesis S2, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P and Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Edisi 13, jilid 2. Jakarta:PT Indeks.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip, dan Amstrong. (2012), Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta : Erlangga.

Larasati, Ayu Vety, dan Purwono, Purwono. (2021). The Effect of Green Marketing, Corporate Social Responsibility and Brand Image on Purchase Decisions.

Makower, Paul N. (1993). Social Communication in Advertising : Consumption in the Mediated Marketplace. Thrid edition. New York: Taylor & Francis Group.

Mauliza, Putri dkk. (2019). The Influence of Green Product, Green Advertising, and Green Brand on Decision to Buy Through Customers’ Trust in Tupperware Products at SMPN Beureunerun.

Nguyen, T. T. H., Yang, Z., Nguyen, N., Johnson, L. W., & Cao, T. K. (2019). Greenwash and Green Purchase Intention: The Mediating Role of Green Skepticism. 11(9).

Ottman, J. (2011). The new rules of green marketing. Greenleaf Publishing, 19.

Panjaitan, Friska Lovia M. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli. E-prints Universitas Indonesia, 1-21.

Prakash, Aseem. (2002). Green Marketing, Public Policy and Managerial Strategies. Journal of Business Strategy and The Environment.Vol 11 P. 285-297.

Putra, Dicky R, dan Prasetyawati, Yuliana R. (2021). Pengaruh Green Product Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Melalui Green Advertising.

Rizki, Aisyah, dan Widyastuti, Dominica, A. (2018). Pengaruh Green Product Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi pada Produk Lampu LED Merek Philips).

Top Brand Index. (2022). (https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/. diakses 17 November 2022).

Tupperware.co.id. (2022). (https://www.tupperware.co.id/index. diakses 17 November 2022).

Warmadewa, Dimas Yudhayana, dan Paramita, Eristia Lidia. (2021). Young Consumers’ Green Purchasing Behavior: The Influence of Environmental Awarness and Green Marketing.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo