Pengaruh Religiusitas, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani (Studi Pada Pelanggan Di Rabbani Gorontalo)

Sity Nur Anisah Djaafar, Tineke Wolok, Ramlan Amir Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh religiusitas, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Rabbani Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan produk Rabbani Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Rabbani Gorontalo dengan 100 responden sebagai sampel yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan  1,391 <  1,661 dan signifikansi 0,167 > 0,1. 2) Citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan   0,507 <  1,661 dan signifikansi  0,613 > 0,1. 3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan  5,489 >  1,661 dan signifikansi 0,000 < 0,1. 4) Religiusitas, citra merek, dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan  35.687 > dari   2,70 dan signifikansi 0,000 < dari 0,1. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 51,2%, yang berarti bahwa variabel religiusitas, citra merek, dan harga mempengaruhi variabel dependen, yaitu keputusan pembelian sebesar 51,2%.

Keywords


Keputusan Pembelian; Religiusitas; Citra Merek; Harga

Full Text:

PDF

References


Andrian, Muhammad Reva, and Rosali Sembiring Colia. 2022. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Jakarta Timur.” Journal of Young Entrepreneurs 1(1):104–17.

Azizah, Faradiva Dwi, A. Nirwana Nur, and Aditya Halim Perdana Kusuma Putra. 2022. “Impulsive Buying Behavior: Implementation of IT on Technology Acceptance Model on E-Commerce Purchase Decisions.” Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business 2(1):58–72. doi: 10.52970/grmapb.v2i1.173.

Bnu, Nusrai, Hajar Hastuti, Moh Amin, Sinarwaty Nursaban, Rommy Abdul, Razak Yusuf, Nofal Nur, Nusrai Bnu Hajar, and Hastuti Moh. 2018. “Effect Of Brand Image And Price Perception On Purchase Decision.” 20:76–81. doi: 10.9790/487X-2008027681.

Dewi, Luh Gede Permata Sari, Natasya Edyanto, and Hotlan Siagian. 2020. “The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia.” SHS Web of Conferences 76(SHS Web Conferences):1–10.

Dwijantoro, Rizky, Bernadin Dwi, and Nobelson Syarief. 2021. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee.” JRMB 16(2):63–76.

Hanaysha, Jalal Rajeh. 2022. “Impact of Social Media Marketing Features on Consumer’s Purchase Decision in the Fast-Food Industry: Brand Trust as a Mediator.” International Journal of Information Management Data Insights 2(2):100102. doi: 10.1016/j.jjimei.2022.100102.

Handayani, Puspitasari Putri, and Tri Harsini Wahyuningsih. 2022. “Pengaruh Pemasaran Digital, Citra Produk, Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19.” Cakrawala Bisnis 3(2):237–48.

Keller, Kevin Lane, and Vanitha Swaminathan. 2020. Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity Fifth Edition.

Liya, Inda, Heru Budiono, and Karmila. 2021. “Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken.” 2(1):11–26.

Maulida, Alfiatul. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Zafi Studio Di Mangaran Situbondo.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH 19(2):189–203.

Nikmah, Masfi’atun. 2022. “Brand Image, Trust Dan Quality of Information Pada Consumer Purchase Decisions.” Implementasi Manajemen & Kewirausahaan 2(1):70–82. doi: 10.38156/imka.v2i1.108.

Nurcahyo, Bagus, and Riskayanto Riskayanto. 2018. “Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion.” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 3(1):14. doi: 10.29407/nusamba.v3i1.12026.

Nurrachmi, Intan, and Setiawan Setiawan. 2020. “Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Halal.” IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 7(2):126–37. doi: 10.19105/iqtishadia.v7i2.3521.

Prabowo, Rokh Eddy, Kis Indriyaningrum, and Anggita Dian Setyani. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi Di Kota Semarang).” Solusi 18(4). doi: 10.26623/slsi.v18i4.2846.

Pribudi, Stefandy, and Dhyah Harjanti. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Shoesholic Shop Tunjungan Plaza Surabaya.” Agora 6(1):1–8.

Primadana, Edo, and Budi Sudaryanto. 2020. “Pengaruh Periklanan Bercitra Religius (Agama Islam) Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Produk Sunsilk Hijab Refresh Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswi Universitas Diponegoro Semarang).” Diponegoro Journal Of Management 11(3):1–13.

Purwati, Annung, and Mega Mirasaputri Cahyanti. 2022. “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 11(1):32–46. doi: 10.46367/iqtishaduna.v11i1.526.

Razak, Moch Rafli Hasan Abd, Afi Rachmat Slamet, and Mohammad Riza. 2020. “Pengaruh Citra Bank Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menabung Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Bank BRI KCP Unit Dampit 2).” E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma 162–76.

Reinaldo, Ivan, and Stefani Chandra. 2020. “The Influence of Product Quality, Brand Image, and Price on Purchase Decision at CV Sarana Berkat Pekanbaru.” Journal of Applied Business and Technology 1(2):137–50.

Sadiyah, Lilis Siti. 2021. “Pengaruh Brand Image Terhadap Purchase Decision (Survei Pada Konsumen Brand Zara Di Fanbase Zara).” Universitas Pendidikan Indonesia.

Sarah, Sarah Fitria, and Yessy Artanti. 2020. “Pengaruh Religiusitas Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian.” BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 8(1):37. doi: 10.21043/bisnis.v8i1.6732.

Sayyidah, Aisya Farah, Rifda Nafisa Mardhotillah, Nur Alfiana Sabila, Sri Rejeki, and Menurut Undang-undang Nomor. 2022. “Peran Religiusitas Islam Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis.” 13(2):103–15.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. 6th ed. edited by Setiyawami. Bandung: Alfabeta.

Tria Putri, Librina, and Azhari. 2022. “The Influence of Product Quality and Prices on Fruit Purchase Decisions at Pekanbaru Fruit Market.” Attractive : Innovative Education Journal 4(1):219–26.

Zarvaila, Lailatul, Diana Ambarwati, and Taufik Akbar. 2022. “Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Butik Zarv.Id.” Journal of Academic & Multidicipline Research 2(2):1–7.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo