Pengaruh Company Policy Dan Core Value Terhadap Produktivitas Dan Kinerja Karyawan Pada Biro Perso PT. Jasuindo Tiga Perkasa, Tbk

Lula Lutfiah Intani, Wahyu Eko Pujianto

Abstract


Kombinasi nilai inti, norma dan keyakinan membawa dampak pada perasaan, pemikiran dan perilaku karyawan. Manajemen organisasi biasanya menghubungkan norma atau nilai dengan konsumennya dimana tidak sedikit organisasi yang menyatakan mengenai nilai menjadi bagian dari desain budaya organsiasi. Disamping itu terdapat prosedur dan kebijakan perusahaan ditetapkan sebagai aturan berperilaku dalam organsiasi, yang mengatur mengenai tanggungjawab karyawan dan pemberi kerja. Pengelolaan prosedur dan kebijakan organisasi bertujuan dalam memberikan perlindungan mengenai hak karyawan serta kepentingan bisnis pengusaha. Didasarkan pada kebutuhan yang dimiliki, beragam prosedur dan kebijakan memberikan aturan berkenaan dengan syarat dan ketentuan ketenagakerjaan. Penelitian ini memiliki tujuan dalam memahami aturan dan nilai perusahaan memberikan pengaruh pada lingkungan kerja. Karakter pribadi memiliki dampak negatif dan positif secara signifikan. Eksistensi aturan dan nilai yang dijalankan dengan tertib bisa menjelaskan cara memberikan sikap yang sesuai dengan kondisi dan keadaan ketika di lingkungan perusahaannya. Penelitian yang dijalankan memanfaatkan metode kuantitatif dengan populasinya yaitu karyawan di Biro Perso PT Jasuindo Tiga Perkaa, Tbk. Hasil penelitian merujuk pada dampak negative dan positif pada produktivitas dan kinerja karyawan dengan adanya aturan di perusahaan.

Keywords


Company Policy, Core Value, Produktivitas, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Anwar, Desy Rahmawati. 2023. “Analisis Kebijakan Kompensasi Dalam Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan Pada Cv . Vanda Sakti Nusa.” 8(1): 277–87.

Bati, Kharunisa Nur, Djumali Djumali, and Eny Kustiyah. 2020. “Produktivitas Kerja Karyawan Ditinjau Dari Motivasi, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.” Jurnal Ilmiah Edunomika 4(01): 69–87.

Crasta, Laveena C., and Shalashri V. T. 2021. “A Comprehensive Study of Talent Management Process Adopted by Tata Consultancy Services (TCS).” International Journal of Case Studies in Business, IT, and Education 5(1): 267–81.

Eka Putri, Audrey Indira, Fenny Damayanti, and Agus Garnida. 2023. “Analisis Corporate Value Dalam Menignkatkan Kinerja Karyawan Di Aston Pasteur Hotel Bandung.” Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB) 7(1): 23.

Fitrianti, Dhea Nur. 2018. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt Pindad Persero Bandung.” Jurnal Mitra Manajemen 2(3): 204–16.

Habibie, Muhammad, and A’rasy Fahrullah. 2022. “Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Ponpes Mukmin Mandiri Sidoarjo).” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4(3): 84–91.

Indahsari, Nindi Nur, and Kristya Damayanti. 2020. “Pengaruh Disiplin Kerja Guna Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada Industri Rumah Opak Gambir Sekar Mawar Blitar.” Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) 5(2): 171–79.

Indra, Moch. 2016. “STRATEGI PENGUATAN CORPORATE VALUE GO SPIRIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI Di BANK Bjb KC CIAMIS.”: 1–23.

Maddatuang, B, A Syukur, S H Indar, and A Karim. 2021. “The Rural Economic Growth in South Sulawesi Drives The National Sustanable Development Goals.” International Journal of Management (IJJM) 12(3): 9–21. https://www.researchgate.net/profile/Abdul-Karim-30/publication/349832270_The_Rural_Economic_Growth_in_South_Sulawesi_Drives_the_National_Sustanable_Development_Goals/links/60515fdaa6fdccbfeae61c1d/The-Rural-Economic-Growth-in-South-Sulawesi-Drives-the-N.

Nur, Mozaq et al. 2023. “KINERJA STAFF DI KANTOR SEKRETARIAT KOMISI.” 2(3): 28–34.

Putri, Egidia Amalia et al. 2022. “Penerapan Fungsi MSDM Untuk Mengembangkan Produktivitas Kerja Karyawan Di Lingkungan Perusahaan Unilever Indonesia.” Insight Management Journal 2(3): 81–90.

Rohmatul Lali, W.N., and A. Khoirul, Moch. 2016. “PENGARUH BUDAYA ORGANISASI SYARIAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN.” 1: 1–23.

Sudiar Manurung, Edi, and Citra Nonon Wulandari. 2023. “Pengaruh Faktor-Faktor Penerapan Core Values Akhlak Terhadap Produktivitas Kerja Pt Elnusa Fabrikasi Konstruksi.” Jurnal Sosial Sans 3(2): 114–24.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo