Peningkatan Produktivitas Kerja Driver Gojek di Kota Gorontalo: Faktor Keselamatan Kerja dan Jam Kerja yang Mempengaruhi

Nindi Astuti Pango, Abd. Rahman Pakaya, Valentina Monoarfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui besar pengaruh keselamatan kerja dan jam kerja terhadap produktivitas driver Go-Jek di kota Gorontalo. Populasi pada penelitian ini adalah driver Go-jek di Kota Gorontalo sebanyak 2.049. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling yaitu sebanyak 93 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada driver Go-Jek di Kota Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisi regresi dan hasil uji-t, diperoleh keselamatan kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kejra driver Go-Jek ditunjukkan dengan nilai thitung (2.475) > ttabel 1.98609 dengan taraf signifikansi 0,05. Jam kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja driver Go-Jek ditunjukan dengan nilai thitung (4.938) > ttabel 1.98609 dengan taraf signifikansi 0,05. Dan secara simultan keselamatan kerja dan jam kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas driver Go-Jek di Kota Gorontalo. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square Sebesar 46%, dan sisanya sebesar 54% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


Keselamatan Kerja, Jam Kerja, Produktivitas kerja

Full Text:

PDF

References


Lahti, Anna. (2017). The Perceived Impact of Flexible Working Hours on Work- Life Balance in The Educational Sector in Finland: a qualitative research study.Aalto University. School of BusinessBachelor ́s Program in International Business. Mikkeli Campus.

Maifanda, N & Slamet, M, R. (2019). Pengaruh Gaji, Jam Kerja Fleksibel dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan di Kota Batam. Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Managerial Accounting Vol. 3, No. 1, March 2019, Page 81-95 ISSN: 2548-9917.

Neksen, A., Wadud, M., & Handayani, S. (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Jam Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Grup Global Sumatera. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 105-112.

Pramono, T. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(6), 580-589.

Rahayu, F. D. (2018). Hubungan Antara Keselamatan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 5(2), 58-64.

Sinature, T., Erna, E., & Khairani, E. (2022). Pengaruh Keselamatan Kerja terhadap Produktivitas Kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(1), 38-48.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo