Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Di BEI Tahun 2016 – 2020

Rival Daud, Rizan Machmud, Meriyana Franssisca Dungga, Srie Isnawaty Pakaya, Idham Masri Ishak

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggetahuai pengaruh kepemilikan manajerial secara parsial terhadap nilai perusahaan, Untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional secara parsial terhadap nilai perusahaan, dan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional simultan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari geleri Bursa Efek Indonesia (BEI) Di Universitas Negeri Gorontalo. Jumlah penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 29 perusahaan manufaktur. Teknik analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional terhadap nilai pererusahaan. Besarnya pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan sebesar 47% sedangkan sisanya 52.2 dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Keywords


Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Franita R. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.” Mediasi 5(2): 72–89.

Ghazali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8TH ED).”

Maya Indah Pratiwi. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan.” 3.

Nursanita. 2019. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia Tahun 2015-2018.”

Pasaribu M.Y. 2016. “Pengaruh Struktur Modal , Struktur Kepemilikan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2014.” Jurnal Administrasi Bisnis 35(1): 154–64.

rahmawati A, Nurdin D. 2015. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Persahaan Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI).” Ilmu Manajemen Universitas Ladulako 03: 1–6.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo