Pengaruh E-Trust Dan E-Satisfaction Terhadap Continuance Intention Pada Pengguna E-Money (Survei Pada Pengguna Flazz BCA di Indonesia)

Arfani Nariah Amini, Abdul Yusuf

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis mengenai pengaruh E-Trust dan E-Satisfaction terhadap Continuance Intention pada pengguna Flazz E-Money (Survei Pada Pengguna Flazz BCA di Indonesia). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna Flazz BCA yang merujuk pada pernyataan Hair et al., di karenakan jumlah ukuran populasi tidak dapat diketahui secara pasti maka untuk menentukan jumlah sampel yaitu minimal 5-10 kali dari jumlah indikator sehingga didapati jumlah sampel sebanyak 250 responden. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis rentang skala dan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu oleh data software SPSS 21 dan Microsoft. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh parsial E-Trust  terhadap Continuance Intention yang memiliki nilai sebesar 17,1% sedangkan pengaruh parsial E-Satisfaction terhadap Continuance Intention sebesar 31,1%. Pengaruh simultan E-Trust  dan E-Satisfaction terhadap Continuance Intention memperoleh nilai sebesar 39,5% dan sisanya sebesar 60,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


E-Trust, E-Satisfaction, Continuance Intention

Full Text:

PDF

References


Ady, R. A., & Setyawan, M. A. (2022). EKSISTENSI TRANSPORTASI ONLINE ERA COVID-19 DITINJAU DARI TRUST DAN SATISFACTION PADA CONTINUANCE INTENTION. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1467–1473.

Akbar, R. N., & Endayani, F. (2022). Pengaruh E-Trust dan E-Satisfaction Terhadap Meningkatnya E-Loyalty Pada Pengguna Aplikasi E-Commerce Di Kalangan Generasi Millenial Roby. Competence Journal of Management Studies, 16(1), 35–50. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v16i1.14306

Anasta, M., Damanik, A., Fauzi, A., & Situmorang, S. H. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment dan Kepercayaan Terhadap Continuance Intention Melalui Kepuasan Pada Generasi Millenial Pengguna E-Wallet di Kota Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 834. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i4.1475

Antaranews. (2023). Transaksi uang elektronik 2022 melejit. ANTARA Kantor Berita Indonesia. https://www.antaranews.com/infografik/3360858/transaksi-uang-elektronik-2022-melejit

BCA. (2022). Flazz Kemudahan transaksi harian dalam satu kartu. https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/Uang-elektronik/FLAZZ

Daneji, A. A., Ayub, A. F. M., & Khambari, M. N. M. (2019). The effects of perceived usefulness, confirmation and satisfaction on Continuance Intention in using massive open online course (MOOC). Knowledge Management and E-Learning, 11(2), 201–214. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2019.11.010

Dewi, Hantika, E. R., & Setyawan, A. (2021). Pengaruh E-Satisfaction, E-Trust , Dan Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Pada E-Commerce. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/93253

Erlangga, M. Y., & Krisnawati, A. (2020). PENGARUH FINTECH PAYMENT TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15, 53–62.

Gemilang, I., & Soesanto, H. (2021). Analisis Pengaruh Promotion dan E-Trust terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 10(2), 1–8.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Kartono, R. A., & Halilah, I. (2018). Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Seller Di Bukalapak). Polban IRWNS, 1(1), 1204–1213.

Kasih, O. L., Avriyanti, S., & Rahman, T. (2019). PENGARUH E-TRUST TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PENGGUNA WEBSITE TRAVELOKA Di KABUPATEN TABALONG. Japb, 2(1), 194–206. https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/173

Kompas.com. (2022). Top Up Uang Elektronik via DANA, Status Berhasil Namun Saldo E-Money Tidak Bertambah. https://inside.kompas.com/tanggapan/read/62155/Top-Up-Uang-Elektronik-via-DANA-Status-Berhasil-Namun-Saldo-E-Money-Tidak-Bertambah

Kontan.co.id, & Hutauruk, D. M. (2022). Transaksi Kartu Flazz BCA Sudah Mencapai 520 Juta Kali hingga September. Kontan.Co.Id. https://keuangan.kontan.co.id/news/transaksi-kartu-flazz-bca-sudah-mencapai-520-juta-kali-hingga-september

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management (15 Global). Pearson Education.

Larassita, N. (2019). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP CONTINUANCE INTENTION (Survei pada Pengguna Brizzi BRI di Indonesia). UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Larassita, N., Razati, G., & Sulastri, S. (2019). Apakah perceived usefulness dapat meningkatkan Continuance Intention? Journal of Business Management Education (JBME), 4(1), 13–24. https://doi.org/10.17509/jbme.v4i1.15887

Masrurin, K., Adi, H., & Shaferi, I. (2021). Factors Affecting Continuance Intention of Food Ordering Applications. International Sustainable Competitiveness Advantage, 000, 656–664. www.bps.go.id

Media konsumen. (2023). Saldo e-Money Terpotong 2 Kali untuk Bayar Parkir di Secure Parking. https://mediakonsumen.com/2023/04/02/surat-pembaca/saldo-e-money-terpotong-2-kali-untuk-bayar-parkir-di-secure-parking

Muchlis, Wijayanto, G., & Komita, S. E. (2021). Pengaruh E-Satisfaction dan E-Trust terhadap Repurchase Intention Melalui E-Word of Mouth (E-Wom) sebagai Variabel Intervening E-Commerce Buka Lapak pada Generasi Millenial. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 18–29. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat

Noor, A. R. A. (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN MANFAAT YANG DIRASAKAN TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN KEMBALI DENGAN MODERASI RELIGIUSITAS PADA LAYANAN OVO DI WILAYAH SURABAYA DAN SIDOARJO. ???

Nurjanah, S. F., Alven, & Yusuf, A. (2022). Pengaruh E-Trust On Continuance Intention Pada Platform ShopeePay. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 9(1), 173–181.

Purba, M., Samsir, & Arifin, K. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan kepercayaan terhadap kepuasan dan niat menggunakan kembali aplikasi ovo pada mahasiswa pascasarjana universitas riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XII(1), 151–170. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/download/7857/6788

Puteri, N. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION DAN E-TRUST SERTA DAMPAKNYA PADA E- LOYALTY NASABAH MOBILE BANKING BRI. UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG.

Sanusi, C. A., Kusumadewi, R., & Aziz, T. S. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-Toll [NSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON]. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v3i1.1673

Septiani, A. D., Marcelino, S. I., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh E-Satisfaction Terhadap Continuance Intention Pada Pengguna Aplikasi Akulaku Aria. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 9(1), 227–236.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (19th ed.). Bandung; Alfabeta.

Supadmiyoni, L. (2022). PENGARUH REPUTASI, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, SERTA KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET GOPAY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo