Analisis Literasi Keuangan pada Masyarakat Pesisir di Kabupaten Gorontalo Utara Pada Tahun 2022

Enjeli Artadi, Hais Dama, Yayu Isyana D. Pongoliu

Abstract


Literasi keuangan yang rendah membuat masyarakat pesisir tidak mampu untuk mengetahui fungsi dari jasa keuangan selain untuk simpan-pinjam serta ketidakmampuan masyarakat pesisir dalam menentukan sarana investasi yang baik dan benar. Sebaliknya masyarakat yang mempunyai tingkat literasi keuangan yang tinggi cenderung mampu memilih dan memanfaatkan produk jasa keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan berdasarkan usia, pendidikan dan tingkat investasi terhadap tingkat literasi keuangan pada masyarakat pesisir di Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan uji One Way Anova dalam program SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pesisir di Kabupaten Gorontalo Utara pada tahun 2022 yaitu sebanyak 3561 yang berprofesi sebagai nelayan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan rumus slovin sejumlah 100 responden. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan pada masyarakat pesisir di Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2022 dari skor masing-masing indikator didapatkan nilai rata-rata literasi keuangan mencapai skor sebesar 64,18% berada dalam kategori kurang baik atau dengan kata lain tingkat literasi keuangan pada masyarakat pesisir di Kabupaten Gorontalo Utara tergolong kurang baik. Dari hasil pengujian One Way Anova bahwa tingkat literasi keuangan pada masyarakat pesisir terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan usia dan pendidikan. Sedangkan tingkat literasi keuangan pada masyarakat pesisir terdapat perbedaan yang tidak signifikan berdasarkan tingkat investasi.

Keywords


Literasi Keuangan, Usia, Pendidikan dan Tingkat Investasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad Fauzul Hakim Hasibuan, F. W. (2018). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Nelayan Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 26-27.

Anggarini, V. Y. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Masyarakat Usia 21-35 Tahun di DKI Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, Hal 146.

Anggita Novita Gampu, L. K. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA, Hal 1334.

anggraeni, I. (2022). Identifikasi Pembelajaran Literasi Finansial Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3.

Anisa Putri Nur Hidayah, I. B. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Kesejahateraan Keuangan Guru Perempuan Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen , 676.

Aziz, M. A. (2021). Pengaruh Faktor Usia, Tingkat Pendidikan Dan Lama Usaha Terhadap Literasi Keuangan (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Hal 3.

C, B. (2018). Studi Empiris Terhadap Literasi Keuangan Nelayan Di Kerala. Jurnal Internasional Ilmu Sosial Dan Penelitian Ekonomi , 3150.

Chaidir, d. T. (2020). Determinan Literasi Keuangan pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kota Mataram. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15.

Chairil Afandy, F. F. (2020). Literasi Keuangan Dan Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Provinsi Bengkulu. Jurnal Manajemen, 71.

Dita Putri Yunitasari, J. S. (2019). Pengaruh Tingkat Investasi Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pelaku Ekonomi Kreatif Sub Sektor Kuliner Di Kediri . Jurnal Riset Manajemen, Hal 130.

Djodi Setiawan, N. C. (2020). Pengaruh Biaya Bahan Baku Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Laba Bersih Pada PT. Satwa Prima Utama (Studi Pada RJ Farm Amir Atanudin Kp. Pasir Jati Desa Lebak Wangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Hal 58.

Fama, A. (2016). Komunitas Masyarakat Pesisir Di Tambak Lorok, Semarang. Jurnal Sabda, Hal 67.

Farah Margaretha, S. M. (2015). Faktor Penentu Tingkat Literasi Keuangan Para Pengguna. Hal 138.

Febrianto Dwi Prayogi, N. A. (2017). Literasi Keuangan Pada Masyarakat Bangkalan Madura. Jurnal Seminar Nasional Riset Inovatif, Hal 581.

Hasibuan, A. F. (2018). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Nelayan Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 24.

Holle, M. H. (2020). Inklusi Keuangan: Solusi Pengentasan Kemiskinan Guna Daya Saing Perekonomian Bangsa. Amal: Journal Of Islamic Economic And Business, 165.

Iskandar. (2017). Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika , Hal 128.

Milyana I. Sanger, J. L. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Meningkatkan Pendapatan Hasil Perikanan (Studi Kasus Masyarakat Pesisir, Kelurahan batu Putih Bawah KecamatanRanowulu Kota Bitung). Jurnal Ilmiah Society, Hal 2.

Mirdha Fahlevi SI, Y. A. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Dan Inklusi Keuangan Bagi Masyarakat Agraris Di Kawasan Pedesaan . Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 183-184.

Mulyadi, M. (2012). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, Hal 72.

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah , Hal 52.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 21.

Pradana, M. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi Di Merek Dagang Customade Indonesia) . Jurnal Manajemen, Hal 4.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi . Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Hal 211.

Rochendi, T. (2022). Pentingnya Literasi Keungan Bagi Masyarakat. KOMPLEKSITAS. Jurnal Manajemen, Organisasi dan Bisnis, 27.

Safitri, N. W. (2022). Literasi Keuangan Dan Faktor Penentunya: Studi Kasus Masyarakat Di Labuan Bajo. Jurnal Manajemen, 1670.

Salsabila Kesumaningtyas I, A. K. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pemilihan Investasi Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 148-157.

Santika, I. G. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Ikip Pgri Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan Rekreasi, Hal 44.

Septiwati Sun, E. L. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi Pada MAsyarakat Di Batam. Jurnal Akuntansi Unesa, Hal 103.

Suryanto. (2018). Analisis Literasi Keuangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi.

Suryanto, M. R. (2018). Analisis Literasi Keuangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 6.

Susi Susilawati, D. P. (2021). Analisis Pendapatan Retribusi Pasar Di Kabupaten Banyumas Menggunakan Uji Anova Satu Arah. Journal Of Science And Engineering, Hal 17.

Suwarno, J. S. (2014). Kajian Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Lahan Rawan Longsorlahan Di Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Jurnal Geoedukasi, Hal 16-17.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis. Jurnal Inovasi Pendidikan, Hal 51.

Wayan Sugita, N. K. (2022). Peran Literasi Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada UMKM Kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Profesi, 226.

Westi Rahmadani, E. L. (2022). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Bidikmisi Politeknik Negeri Padang. Jurnal Akuntansi, Bisnis dan ekonomi Indonesia, 92.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo