Pengaruh Sistem Pembayaran Paylater Terhadap Keputusan Pembelian

Niken Ayu Anggraini, Galih Pradananta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang apa saja dan bagaimana paylater dapat mempengaruhi pengguna untuk menggunakan sistem paylater dan juga keuntungan dan kerugian penggunaan fitur paylater serta mengkaji tentang bagaimana fitur paylater dalam Pandangan Ekonomi Islam”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pendekatan ini dapat dilihat sebagai metode penelitian berbasis positivis yang dimanfaatkan guna melakukan penelitian pada populasi atau sampel tertentu. Sumber data penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah yang masih aktif sebagai pengguna paylater. Penelitian ini menunjukkan hasil uji f pengujian hipotesis yaitu sistem pembayaran paylater (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan besar pengaruh yaitu 31,9%. Dengan demikian sistem pembayaran paylater dengan indikator-indikatornya sangat memengaruhi sebuah keputusan pembelian.

Keywords


Paylater; Keputusan Pembelian, Prespektif Islam

Full Text:

PDF

References


A Muh Syaifuddin, R. H. (2022). Prespektif Ekonomi Islam Terhadap Trandaksi Shopee Paylater. Al-Azhar Journar of Islamic Economics Vol. 4 No. 2, 112.

Anam Miftakhul Huda, R. E. (2021). Pengalaman Pengguna Paylater Mahasiswa di Surabaya. Commercium. Vol. 4 No. 2, 1932.

Anggraini, M. (2016). The Efect Of Trust And Information Quality To Online Purchase Decision On The Site www.traveloka.com Penia. E-Proceeding of Management, 1880-1887.

Annur, C. M. (2022, Juni 3). Katadata Media Network. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/paylater-kian-populer-mayoritas-konsumen-sudah-gunakan-paylater-lebih-dari-setahun

Charles Lamb, W. (2001). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Dharma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: Guepedia.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Fanny Anggraeny Putri, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 8, No. 3, 825.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 9, No. 2, 193-210.

Hatmawaan, A. R. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen). Yogyakarta: Deepublish.

Iin Emy Prastiwi, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 7 No. 1, 425-432.

Ilham, H. S. (2019). Prespektif Ekonomi Islam Terhadap Jual Beli Secara Kredit. Journal Of Institation and Sharia Finance Vol.2 No. 1, 8.

Khairi, M. (2004). Ensiklopedi Fiqh Muamalah dalam Pandangan 4 Madzhab. Maktabah Al-Hanif.

Khisom, M. (2019). Akad Jual Beli Online Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif. Jurnal Turatsuna Vol. 21 No. 1, 63.

Kusumastuti, K. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.Com. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1-8.

Prasetia. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori ddan Praktik. Medan: UMSU Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Teuhayo, E. (2018). Analisis proses Pengambilan Keputusan Konsumen pada Perilaku Pembelian Produk Yamaha Mios di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ Vol.6 No.2, 28-29.

Thahir, M. S. (2010). Mushaf Aisyah Al-Qur’an dan Terjemah. Jabal Rudhotul Jannah.

Wafa, A. K. (2020). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Shopeepay Later. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 4, No.1, 17-29.

Zein, S. (2022). Path Analysis Faktor Dominan Penentu Rasa Percaya Diri Teroi dan Riset. Malang: CV. Lestari Nusantara Abadi.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo