Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Awareness dan Customer Engagement pada pengguna Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto

Christina Pangaribuan, Olivia Salsabila Putri, Shifa Aulia Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh digital marketing terhadap brand awareness dan customer engagement pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto. Metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner online yang disebar kepada 51 responden yang merupakan pengguna smartphone di kalangan mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap brand awareness, sedangkan customer engagement tidak reliabel pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto. Lebih spesifiknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing secara signifikan meningkatkan brand awareness dan customer engagement pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengusaha atau pelaku bisnis di era digital untuk mempertimbangkan strategi digital marketing sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan brand awareness dan customer engagement pada target pasar mereka.

Keywords


Digital Marketing; Brand Awareness; Customer Engagement

Full Text:

PDF

References


Anggreni, Putri, and I Wayan Gita Arsana. “BERDASARKAN SISTEM OPERASI (Studi Perbandingan Smartphone Menggunakan Iphone S / IOS Dengan Android OS).” 12(1): 111–29.

Arnomo, Sasa Ani, and Hendra Hendra. 2019. “Perbandingan Fitur Smartphone, Pemanfaatan Dan Tingkat Usability Pada Android Dan IOS Platforms.” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) 3(2): 184–92.

Bisnis, Fakultas, Universitas Kristen, and Petra Jl Siwalankerto. “PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN BRAND IMAGE DAN CUSTOMER EXPERIENCE SEBAGAI MEDIA INTERVENING PADA MARKETPLACE PEKEN SURABAYA.” (2021).

Iv, B A B, and Hasil D A N Pembahasan. 2010. “No Title.” : 22–40.

Vi, Volume. 2017. “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado.” VI(1): 1–15.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo