Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Thrift Pada Meltik Store Di Kota Gorontalo

Annisa Aprilia, Irwan Yantu, Andi Juanna, Melan Angriani Asnawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Thrift pada Meltik Store di Kota Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan mengambil sampel sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data regresi linier berganda dan alat analisis data menggunakan SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk dan harga berpengaruh sebesar 78% terhadap variabel keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kualitas Produk; Harga; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aditya, Suci, and Nur Andayani. 2023. “The Influence of Price, Promotion, and Product Quality on Purchasing Decisions for Batam Batik Products at Dekranasda Batam.” (July 2020). doi: 10.4108/eai.5-10-2022.2325849.

Bara, Marlon Batu, Gracia Risky, Ester Pakpahan, Evi Inriani Purba, and Ester Lasmarito Tobing. 2022. “THE INFLUENCE OF PRICE , PROMOTION , PRODUCT QUALITY ON ONLINE SHOP PURCHASING DECISIONS AMONG STUDENTS.” 11(01):238–48.

Dewi, Alifia Rosi Kumala, and Pontjo Bambang Mahargiono. 2022. “Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Di Thrift Shop Not Bad Secondhand.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 11(2):1–14.

Dioh, Septia S. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Souvenir Tenun IIkat NTT : Studi Kasus Di Toko Ina Ndao 2 TDM Kupang.” Jurnal Bisnis & Manajemen 5 (01):46–53.

Djafar, Novita, Irwan Yantu, Sudirman Sudirman, Raflin Hinelo, and Roy Hasiru. 2023. “Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Pembelian Di CV.Mufidah Kota Gorontalo.” Journal of Economic and Business Education 1(2):76–81.

Ghozali, Imam.2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21, Jakarta.

Imaroh, Nunjiyatul, and Novi Marlena. 2022. “Pengaruh Brand Reputation Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thriftshop Online Instagram.” Jurnal Manajemen 14(2):239–45. doi: 10.30872/jmmn.v14i2.11194.

Kau, Melisawati, Andi Juanna, and Yulinda L. Ismail. 2022. “Pengaruh Faktor Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo).” Jambura 5(1):330–38.

Latoki, Labandingi, Faigah A. Badjamal, Maulid Sakaria, Abdul Wahab, Eva Warta Pagisi, and Lita Selfiana. 2022. “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENONTON DI XX1 PALU GRAND MALL KOTA PALU.” 10(01):27–34.

Malik, Annisa Safitri, Afrida Jayanti, and Vicky F. Sanjaya. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Baju Thrift Di Shabira Store Kabupaten Tulang Bawang.” Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking 1(2):95–102. doi: 10.25217/srikandi.v1i2.2019.

Martoyo, Nanang. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers.

Masali, Nisa, Melizubaida Mahmud, Ardiansyah Ardiansyah, Usman Moonti, Irwan Yantu, and Sudirman Sudirman. 2023. “Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Dulomo Indah.” Journal of Economic and Business Education 1(2):52–65. doi: 10.37479/jebe.v1i2.18080.

Meutia, Kardinah Indrianna, Hadita Hadita, and Wirawan Widjarnarko. 2021. “Dampak Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso.” Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review 2(2):75–87. doi: 10.37195/jtebr.v2i2.68.

Palangit, Moh Owen, Rizan Machmud, and Andi Juanna. 2022. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Pada CV. Anugerah Utama Di Gorontalo.” JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 5(1):251–56.

Pardede, Erlangga Razak, Ikhbal Akhmad, and Dwi Dewisri Kinasih. 2023. “PENGARUH TREND FASHION DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS IMPOR.” 2(1):69–77.

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2022 tentang Barang Dillarang Ekspor dan Dilarang Impor. Jakarta.

Putranto, Ivan, and Kartoni Kartoni. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Perumahan Kunciran - Tangerang).” Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi 4(1):94–104. doi: 10.33753/mandiri.v4i1.107.

Rachman, Achmad Z. M, M. Anang Firmansyah. 2022. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS DI BADKIDSWEAR SURABAYA.” 2(2):174–84.

Rahmola, Melysa, Andi Juanna, and Zulfia K. Abdussamad. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jambura) 5(1):275–84.

Rizkila, Meliana, Adila Sosianika, and Arie Indra Gunawan. 2021. “Shopping Lifestyle Generasi Millenial Dalam Trend Preloved Fashion.” Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar 12:4–5.

Rorong, Gitania A., Lucky F. Tamengkel, Danny D. S. Mukuan, Program Studi, and Administrasi Bisnis. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Pasar Baru Langowan.” Productivity 2(3):228–33.

Santoso, Sianggih. 2014. SPSS 22 From Essential To Expert Skills, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Sari, Rissa Mustika, and Prihartono. 2020. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise).” Jimea 4(1):106–13.

Savira, Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, and V. S. N. Yulianti. 2022. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Shop.” Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi 1(1):110–18.

Selvia, Mega, Altje L. Tumbel, and Woran Djemly. 2022. “The Effect of Price and Product Quality on the Purchase Decision of Scarlett Whitening Products on Students of the Faculty of Economics and Business Sam Ratulangi Manado University.” Emba 10(4):320–30.

Setiawan, Bunayya Aisyah, and Farah Aulia. 2020. “Hubungan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Thrift Clothes Pada Mahasiswa Di Kota Padang.” (2018):301–8.

Silalahi, Ulber. 2015. Metode Penelitian Social Kuantitatif, Bandung: PT. Reifika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2016. Kupas Tuntas Penelitian Dengan SPSS, Yogyakarta: Pustaka Baru Pres




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo