Pengaruh Media Sosial Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Distributor Ms Glow (PT. Kosmetika Cantik Indonesia Cabang Panam Kota Pekanbaru)

Aprilinda Aprilinda, Endang Sutrisna, Syofiatul Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan variasi produk terhadap keputusan pembelian produk skincare pada distributor Ms Glow (PT. Kosmetika Cantik Indonesia) Cabang Panam Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah statistik deskriptif dan kuantitatif dengan model penelitian explanatory research. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 responden yang ditentukan menggunakan accidental sampling dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Dari analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media sosial (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), variasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan media sosial (X1) dan variasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) produk skincare pada distributor Ms Glow (PT. Kosmetika Cantik Indonesia) Cabang Panam Kota Pekanbaru.

Keywords


Media Sosial; Variasi Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 17. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6712

Amstrong, & Kotler, P. (2003). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan,. PT Indeks Gramedia,.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan (Vol. 1). Prenhalindo.

Baidowi, M. . (2021). Pengaruh strategi e-marketing dan variasi produk terhadap minat beli konsumen. Jurnal Kompetitif, 10(1), 29–36. https://doi.org/e-ISSN 2721-3765

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar,. E-Proceeding of Managemen, 4(1).

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Universitas Diponegoro.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw- Hill Companies.

Imantoro, F., Suharyono, & Sunarti. (2017). Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Hamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis, 57(1).

Jefkins, F. (1997). Periklanan. Erlangga.

Jeni, A. (2016). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan, dan Store Atmosphere terhadap DAP Impulse Buying di Butik Cassanova Semarang. Journal of Management, II (2), 544–564.

Kotler dan Amstrong. (2014). Keputusan Pembelian. Erlangga.

Kotler, P. (2005a). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2005b). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Bumi Aksara.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Motif Pembelian Edisi 1. Erlangga. Kotler, P., & Kevin, L. K. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga. Kotler, P., & Kevin, L. K. (2016). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Ningsi, W. P. W., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS Glow. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), Vol. 2.

Puntoadi, D. (2011). Meningkatkan penjualan melalui media sosial. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181–1187. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36108

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Sofjan, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Stanton, William J. (2008). Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi 7. Erlangga. Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, & Apri, N. (2009). Metodologi Penelitian Administrasi (Ed. rev.). AlfaBeta.

Swasta, B., & Handoko, H. (2000). Manajemen pemasaran : analisa perilaku konsumen (Ed. 1, Cet). BPFE.

Thoyibie, L. (2010). Psikologi Sosial Media. Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi offset.

Umar, H. (2002). Metodologi Penelitian Aplikasi dalam pemasaran. edisi II,. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Vinci, M. (2009). Manajemen Bisnis Eceran. Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo