Pengaruh Strategi E-Commerce Dan Lingkungan Bisnis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Industri Mikro Kecil Pangan Di Kota Gorontalo

Adrian Saputra Nggilu, Idris Yanto Niode, Ramlan Amir Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi E-Commerce dan lingkungan bisnis terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 12,20%. Semakin baik strategi e-commerce yang dilakukan oleh Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo maka akan meningkatkan keputusan pembelian bahkan preferensi pembelian konsumen atas produk yang diproduksi dan ditawarkan. (2) Lingkungan bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 59,50%. Semakin kondusif dan baik lingkungan bisnis dalam suatu kegiatan usaha maka keputusan pembelian  konsumen di Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo akan semakin tinggi. (3) Strategi e-commerce dan lingkungan bisnis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 71,70%. Sedangkan sisanya sebesar 28,30% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti variabel kualitas produk, harga jual produk, promosi, lokasi usaha, Brand Image, kualitas pelayanan dan aspek sosial serta psikologi konsumen.

Keywords


Keputusan Pembelian; E-Commerce; Lingkungan Bisnis

Full Text:

PDF

References


Amilia, S., Nst, A, O, M. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669. Https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.32612

Brata, A. G. (2003). Distribusi Spasial UMKM di Masa Krisis Ekonomi. Jurnal Ekonomi Rakyat, Th. II No.8 November. https://doi.org/10.52103/tatakelola.vi1.525

Burgess, et al. (2003), Factors Affecting Adoption of Electronic Commerce Technologies by SMEs; an Australian Study, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol.10, No.3 https://doi.org/10.1108/14626000310489727

Dewanti. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Pt. Momen Global Internasional Di Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Hasanudin: Makkasar

Elda M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Pada Wyd (Wear Your Design) Distro Palangka Raya. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya: Palangka Raya

Farida, Naili & Naryoso, Agus & Yuniawan, Ahyar. (2017). Model Of Relationship Marketing And E-commerce In Improving Marketing Performance Of Batik SMEs. Jurnal Dinamika Manajemen. 8. Https://doi.org/10.15294/jdm.v8i1.10408

Gunawan, F., & Hastuti, H. B. P. (2018). Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, Dan Ekonomi Di Sulawesi Tenaggara (F. Gunawan & H. B. P. Hastuti (eds.); 1st ed.). CV BUDI UTAMA.

H.A.H., Hettiarachchi & Wickramasinghe, C. & Ranathunga, Surangika. (2018). The Influnce Of Social Commerce On Costumer Decisions. The International Technology Management Riview. 7. 47-58. 10.2991/itmr.7.1.5. Https://doi.org/10.2991/itmr.7.1.5

Idris, F. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Di Toko Fajar Sport Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Imran, A., & Mohammad, A., (2021). Keputusan Pembelian Online Saat Pandemi Covid 19 di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Januari, 1-23. Https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.207

Kurniawan, I., & Rinofah, R., (2017). Pengaruh Lingkungan Bisnis dan Strategi Operasi Terhadap Kinerja Operasional Pada Ukm Kerajinan Gerabah Kasongan Bantul. Maret, 5–16. Https://doi.org/10.30738/sosio.v2i2.525

Kusmayadi, D. (2008). Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Kinerja Perusahaan : Sebuah Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Akuntasi FE, Unsil, 3(2), 430. https://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/contoh_jurnal-TUGAS1.pdf https://doi.org/10.31186/agrisep.20.01.117-128

Mendo, Andi, Yusniar. Idris Yanto Niode., dan Umin Kango. (2022). Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Lombok: Yayasan Hamjah Diha.

Nanda, N. N. (2019). The Influence Of E-commerce, Product Prices And Product Design On Purchasing Decisions In Souvenir Shop Tauko Medan. Vol 2 (3). Https://doi.org/10.33258/birci.v2i3.439

Nazarudin, H. (2018). Manajemen Strategik. Palembang: CV.Amanah

Nue, I. N. & Idris Y. N. & Yulinda L. I. (2022). Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Industri Mikro Kecil (IMK) Di Kota Gorontalo (Studi Pada Kerajinan Karawo). Vol 5. No 1. Https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.1426

Porkaone.com. (2021,17 April). Jenis – jenis E-commerce Berdasarkan Bisnisnya dan Contohnya. Diakses pada 09 Januari 2023, dari https://porkaone.com/2021/04/jenis-jenis-e-commerce-berdasarkan.html?m=1

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA-Padang-Indonesia, c, 345–352. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf

Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Ekbis. https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237

Ramdhan, J. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan E-commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House Of Smith. Vol 3 No 3 (2019): Vol. 3 No 3/Desember 2019. Https://doi.org/10.36555/almana.v3i3.1267

Sa’ad, W. N. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandarlampung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Sentra Industri Keripik Pisang di Kota Bandarlampung). 1–97.

Sahrain, D. & Idris, Y, N. & Djoko, L, R. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Jurusan Manajemen Universitas Gorontalo. Vol 7. 418-429. Https://doi.org/10.37531/mirai.v7i12.2205

Santoso, S. (2005). Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sindonews.com. (2020, 23 Oktober). Bagaimana Kondisi UMKM di Tengah Pandemi, Simak Hasil Surveinya. Diakses pada 12 Februari 2020, dari https://ekbis.sindonews.com/read/206618/34/bagaimana-kondisi-umkm-di-tengah-pandemi-simak-hasil-surveinya

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV.

Suhardiyah, M., & Menuk S, C. (2014). Peran Lingkungan Bisnis Dalam Keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Majalah Ekonomi, XVIII(2), 145–154.

Suharsimi, A. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryati, L., Dolorosa, E., & Oktoriana, S. (2020). Bauran Pemasaran Olahan Lidah Buaya Terhadap Keputusan Pembelian Secara E-Commerce Ukm I Sun Vera. SOCA: Jurnal Sosial, Ekonomi Pertanian, 14(1), 132. https://doi.org/10.24843/soca.2020.v14.i01.p11

Zuliarni, Sri, and Muhammad Rijal. “Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Kinerja UMKM (Kasus Pada Sentra Pengolahan Ikan Di Kampung Patin, Desa Koto Mesjid, Kampar, Riau)”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, vol. 3, no 1, Feb. 2016.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo