Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pemerintah Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai

Muhamad Gafur Maladjai, Yulinda L Ismail, Agus Hakri Bokingo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaksanaan program Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pemerintah Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai, dengan subfokus yaitu Penentuan Kebutuhan, Penentuan Sasaran dan Penentuan Program Pengembangan Sumber daya manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang mengindikasikan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Wawancara dilakukan kepada pegawai Kantor Camat, Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan sumber daya manusia pada Pemerintah Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai telah dilaksanakan dengan baik. Keikutsertaan Pegawai pemerintah kecamatan Lobu dalam program peningkatan kapasitas melalui pendidikan, pelatihan dan bimtek terkait pemahaman aparatur dalam penggunaan dan pemanfaatan IT. Penjabaran penentuan kebutuhan, penentuan sasaran dan penentuan program pengembangan sumber daya mansusia sudah sesuai kebutuhan Pegawai. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan pegawai dalam mengelola aplikasi dan perangkat komputer dalam hal pelayanan publik secara daring. Akan tetap masih kurang maksimal dikarenakan pegawai secara konsep sudah memahami bagaimana pelayanan sistem online tapi terkendala jaringan dan teknologi yang kurang memadai, sehingganya diharapkan Kepada pemerintah kecamatan Lobu untuk dapat mengupayakan dalam penambahan fasilitas perangkat komputer dan jaringan yang dapat membantu memaksimalkan kinerja pegawai Pemerintah Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai.

Keywords


Manajemen Sumber Daya Manusia; Pengembangan Pegawai

Full Text:

PDF

References


Edison, E., (2009), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Alfabeta, Bandung.

Effendi, M., Sulistyoroni. (2021). "Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Di Lembaga Pendidikan Islam". Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, IAIN Tulungagung.

Hariandja Efendi T. M. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo Publisher, Jakarta

Iriawan, H. (2021). "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor". Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Islam Sumatra Utara.

Jusuf Irianto. 2001. Prinsip - prinsip Dasar Manajemen Pelatihan. Surabaya: Insan Cendekia.

Maris, P. (2008). "Manajemen Sumber Daya Manusia". Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2003). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Reflika Diatama.

Raco, M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Raya, S. (2022, Agustus 12). "Diklatpim Jadi Solusi Tingkatkan Inovasi ASN Di Banggai". Https://Sultengraya.Com/Read/138484/Diklatpim-Jadi-Solusi-Tingkatkan Inovasi -Asn-Di-Banggai/.

Rezeki, A., Guntur, M. (2021). “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Makassar Utara”. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Rohmah, N. F. (2018). "Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam". IAIN Kediri.

Saleh, H. A. (2016). Kajian tentang pemerintahan desa perspektif otonomi daerah. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Indonesia.

Selviana, N. (2018). Pengaruh Pengambangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelolah Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Takalar. Skripsi Sarjana: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah: Makassar.

Subadi, T. (2006). “Metode Penelitian Kualitatif”. Penerbit : Muhammadiyah University Press Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Sugiyono, (2010). "Metode Penelitian Kualilati, Kuantitatif, Dan R & D." Bandung, Alfabeta.

Sugiyono, (2005). "Memahami Penelitian Kualitatif". Bandung, Alfabeta.

Siaigan, S, P., (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ketujuh belas, Bumi Aksara, Bandung.

Taufiqurokhman. 2009. Mengenal manajemen Sumber Daya manusia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, Senayan Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo