Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Kelontong Lestari Di Kota Kotamobagu

Dwi Lestari Mamonto, Rizan Machmud, Lanto Miriatin Amali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penetepan harga terhadap loyalitas pelanggan terhadap Toko Kelontong Lestari. Metode penelitian yang digunakan Kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Populasi terdiri dari 14.908 orang, dengan menggunakan purposive sampling dengan Rumus Slovin maka sampel yang didapatkan sebanyak 99 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Sederhana menggunakan alat bantu SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika terdapat kenaikan pada variabel penetapan harga, maka variabel loyalitas pelanggan juga akan mengalami kenaikan, artinya penetapan harga yang telah diterapkan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan pada Toko Lestari, dengan persentase sebesar 74,5% harga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Adapun 25,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti, kepuasan pelanggan, pelayanan, nilai pelanggan, kepercayaan, hubungan pelanggan, penjualan personal, waktu tunggu dan citra perusahaan serta variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


Penetapan Harga; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Anuwichanont, Jirawat. 2011. “The Impact Of Price Perception On Customer Loyalty In The Airline Context.” Journal of Business & Economics Research (JBER) 9(9):37. doi: 10.19030/jber.v9i9.5646.

Ayu Wulan, Safitri. n.d. “PERAN PERUSAHAAN ZOYA TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN BUSANA MUSLIM DI BANDAR LAMPUNG.”

Ekka Krisnawati, Nurry, and Sri Darini. 2002. “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO ACDC YOGYAKARTA.” 71–82.

Halimah, Martina Anggarwati, and Rosi Devi Yanti. 2020. “Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto.” Jurnal Ecoment Global 5(1):70. doi: 10.35908/jeg.v5i1.916.

Khaberun Al Faruq, Muhammad, Seno Sumono, and Nursaidah. 2022. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA MEREK, DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE 67 KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER.” Journal of Business, Management and AccountingJournal of Business, Management and Accounting 4:107–19.

Korowa, Enos, Sontje Suamyku, and Sandra Asaloei. 2018. “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado).” Jurnal Administrasi Bisnis 6(3):27–34.

Nabillah, Anintia Zahro, and Ginanjar Syamsuar. 2020. “PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Kasus Pada Pelanggan Indihome Di Kelurahan Lubang Buaya , Jakarta Timur ).”

Nurcahyo, Aries A. 2019. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Di Toko E.R Collection Ponorogo.” 1–145.

Purnama, Intan. 2022. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PT.POS INDONESIA (PERSERO) PAREPARE ( ANALISIS EKONOMI SYARIAH ) OLEH.” 1–12.

Rosa, Lemana. 2017. “PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN.” Manajemen Pemasaran 1(1).

Rouf, Abdul, Mokhammad Taufik, and Ainun Jariah. 2018. “Pengaruh Penetapan Harga Dan Kualitas ProdukTerhadap Loyalitas PelangganPada UD. Jatidiri 007 PurwosonoLumajang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Saputri, Rini Sugiarsih Duki. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang.” Journal of Strategic Communication 10(1):46–53.

Semerciöz, Fatih, Çağlar Pehlivan, Aytuğ Sözüer, and Aslı Mert. 2015. “Crisis Management Practices and Strategic Responses Through Customer Loyalty and Price Strategy in Hard Times: Evidence from Fine-Dining Restaurants.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 207:149–56. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.10.164.

Sugiyono, Prof. Dr. 2017. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. 26th ed. ALFABETA.

Supriyanto, Achmad, Bambang Budi Wiyono, and Burhanuddin Burhanuddin. 2021. “Effects of Service Quality and Customer Satisfaction on Loyalty of Bank Customers.” Cogent Business and Management 8(1). doi: 10.1080/23311975.2021.1937847.

Wantara, Pribanus, and Muhammad Tambrin. 2019. “ITHJ International Tourism and Hospitality Journal The Effect of Price and Product Quality Towards Customer Satisfaction and Customer Loyalty on Madura Batik.” International Tourism and Hospitality Journal 2(1):1–9.

Wijatmoko, Naufal, Lusiana Tahulsunah, and Ediyanto. 2022. “PENGARUH HARGA DAN CITRA TOKO TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO NOVA DI SITUBONDO.” Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) 1:1001–16.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. 13th editi. Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River, N.J.

Sugiat, Jajang, Suca Rusdian, and Yuni Maryani. 2022. “PENGARUH PENETAPAN HARGA PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STUDI KASUS PADA PUSAT GROSIR BANDUNG.” 11(1):323–30.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.24428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo