Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Pada Kins Factory

Moh Vijay Yahya, Zainal Abidin Umar, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen pada kins factory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui kuisioner yang disebarkan kepada 100 responden yakni pengikut akun instagram kins factory. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dan jenis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Analisis Data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial strategi pemasaran online berpengaruh terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai t hitung 10.897 > 1,984 dengan tingkat signifikan 5%. Artinya strategi pemasaran online secara parsial mempengaruhi minat beli pada Kins Factory. nilai R Square dalam penelitian ini adalah sebesar 0,589 atau 58,9%, dan sisanya sebesar 41,1%, dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau mungkin faktor-faktor lain yang tidak diukur.

Keywords


Strateg Pemasaran Online; Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. Kumar, V. Day, George S., 2010, Marketing Research 9 Edition. John Wiley & Sons. Danvers.

Abzari, M., Ghassemi, R. A., & Vosta, L. N. (2014). Analysing the effect of social media on brand attitude and purchase intention: The case of Iran Khodro Company. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 143, 822-826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.483

Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30.

https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jseb/article/view/458

Agianto, R. (2022). The the influence of interpersonal skill on instagram social media marketing on erigo fashion product purchase decisions. Jurnal purnama berazam, 3(2), 142-152. https://doi.org/10.51742/ilkom.v3i2.534

Aji, P., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on Instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91-104.

https://doi:10.5267/j.ijdns.2020.3.002

Alwan, M., & Alshurideh, M. (2022). The effect of digital marketing on purchase intention: Moderating effect of brand equity. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 837-848. http://www.m.growingscience.com/ijds/Vol6/ijdns_2022_27

Anita, S. Y. (2022). Pengaruh Panic Buying Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Impulse Buying Pada Produk Minyak Goreng. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 72-84. http://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/770/464

Anoraga, Pandji & Djoko Sudamoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ardiyansyah, R. (2016). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen di Puspa Agro. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(2), 8.

https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/4496/4121 Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Astuti, M., & Ermaya, H. N. L. (2017, September). Peningkatan Pengetahuan Akan Internet Marketing Sederhana Bagi Umkm Wilayah Cijantung, Jakarta. In SENDIMAS 2017.

https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/57184012/ARTIKEL_SENDIMAS-libre

Bagaskara, N. N., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 726-735.

https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29765

Daniel irawan, andry sunarto, adriana aprilia, r. j. (n.d.). analisa pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli ulang konsumen di restoran ikan bakar cianjur surabaya. 475–488. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/3542

Darmanto, A. R. P., & Sari, D. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Bradermaker Store. eProceedings of Management, 9(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/vie w/17619

Dastane, D. O. (2020). Impact of digital marketing on online purchase intention: Mediation effect of customer relationship management. Journal of Asian Business Strategy, DOI, 10, 142-

https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3605954

Dewi, E. K., & Kusuma, L. (2021). Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Frozen Food Dengan Variabel Moderasi Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(1), 47-53.

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33287

Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.

Esty naruliza1, e. a. l. (2020). pengaruh periklanan terhadap minat beli konsumen tokopedia di kota palembang. 16(2), 118–126. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1648

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadi, Sutrisno. 1991. Metodologi research. Yogyakarta: Andi Offset.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/291

Harahap, E. F. (2019). Pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian asuransi kendaraan bermotor pada PT Asuransi Sinarmas Cabang Garut. Journal Knowledge Management, 12(01), 012-020.

https://journal.uniga.ac.id/index.php/JKM/article/view/613/598

Harmadi, D. N., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Positive Word Of Mouth, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dessert Box. Inovator, 11(1), 26-34.

http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/article/view/6833 Harman Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Herlina, H., Loisa, J., & SM, T. M. (2021). Pengaruh Model Promosi Flash Sale Terhadap Minat Pembeli Dan Keputusan Pembeli Di Marketplace Online. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1637-1652. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1139

Irawan, D., & Sunarto, A. (2015). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Restoran Ikan Bakar Cianjur Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 475-488. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- perhotelan/article/view/3542

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Fikri, m. h., & sahdandi, s. (2021). pengaruh strategi pemasaran online terhadap minat beli konsumen. 7–11.

https://www.jurnalbisnismahasiswa.com/index.php/jurnal/article/view/5

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store ). 1(1), 127–138. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v1i01.679

Kotler Philip, dan Gary Amstrong (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152-159. https://doi.org/10.14710/jiab.2018.20968

Mahendrayasa, Andhanu Catur. 2014. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Skripsi. Universitas Brawijaya. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/

Mardiana, A., & Kasim, N. A. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Butik Busana Muslim Anisa Kota Gorontalo. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 133-148. http://dx.doi.org/10.31332/lifalah.v1i2.486

Mendrofa, K. J., & Sabar, M. (2016). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Domain. Id. Jurnal. Jakarta: Universitas Mercu Buana. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/

Mendo, A. Y., Niode, I. Y., & Kango, U. (2022). Pengantar Manajemen dan Bisnis (M. S. Dr. Raflin Hinelo S.Pd (ed.)). Yayasan Hamjah Diha.

Muh. nur rasyid, nasrullah, & sumarni. (2021). pengaruh strategi pemasaran online terhadap minat beli konsumen di kota makassar ( studi kasus toko ramadhan stationery ). 4(April), 100–110. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/ar-ribh/article/view/5217

Mustika, W., & Kurniawati, M. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace “X”. SERINA IV UNTAR 2022.

http://download.garuda.kemdikbud.go.id/

Naruliza, E., & Laleno, E. A. (2020). Pengaruh Periklanan Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia Di Kota Palembang. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 16(2), 118-126. https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.206

Nawaz, S. S., & Kaldeen, M. (2020). Impact of digital marketing on purchase intention. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 1113-1120.

https://www.researchgate.net/

Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 837-848.

https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29832

Novitasari, N., & Sari, M. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen Online Di Marketplace. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 97-108.

ttps://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2490

Paragita, Mitha Rana. 2013. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Mengajukan Kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk. Skripsi. Universitas Brawijaya. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/419

Potabuga, F. W., Niode, I. Y., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Motor Yamaha Di Outlet Yamaha 3s Ahmad Yani. JAMBURA:JurnalIlmiah,5(2),2620– 2623.

https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/16526%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.i d/index.php/JIMB/article/viewFile/16526/5217

Rahmi,A.,& Yogia,M.,A., 2015 ,Pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian produk fashion dikalangan mahasiswa, Universitas Islam Riau). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/419

Rasyid, M. N., Nasrullah, N., & Sumarni, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Makassar (Studi Kasus Toko Ramadhan Stationery). Ar-Ribh: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/ar-ribh/article/view/5217

Rosita, D., Manansyah, E., & Adji, W. H. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen Pada Jasa Tour dan Travel Mega Trans Holiday. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 841-845.

http://ekonomis.unbari.ac.id/index.php/ojsekonomis/article/view/663/360

Sarayar, M. C. L., Soepeno, D., & Raintung, M. C. (2021). Pengaruh E-Wom, Harga Dan Kualitas Product Terhadap Minat Beli “Folcis Pudding” Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 294-303.

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36225

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017, May). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. In Proceedings (Vol. 1, No. 1). http://www.ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/263/229

Suci, M. (2018). Peran Persepsi Pada Kehalalan Produk Kosmetika Sebagai Mediator Terhadap Hubungan Antara Religiusitas Islam Dan Minat Membeli Mahasiswi Muslim. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10995

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alfabeta

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. e- Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 89-96.

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/19502/9829

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4387/2658

Waluyo, J. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1). https://core.ac.uk/reader/337610340

Widayati, K. D. (2018). Implementasi SWOT strategi pemasaran online dan offline pada PT Roti Nusantara Prima cabang Jatiasih, Bekasi. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 09-216. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4264/2609




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo