Riba Dan Perilaku Hedonis Dalam Kajian Qur’an

Ahmad Sandi, Achmad Abubakar, Muhsin Mahfudz

Abstract


Artikel ini membahas tentang haramnya riba dan perilaku hedonis dalam kajian AlQur’an. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana ayat-ayat dalam AlQuran dan Hadis Nabi SAW menjelaskan keharaman riba dan agama melarang praktek prilaku hedonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (library research). Ciri khusus yang dipakai sebagai dasar untuk mengembangkan pengetahuan penelitian antara lain: penelitian ini dihadapkan langsung dengan data atau teks yang disajikan, bukan dengan data lapangan atau melalui saksi mata berupa kejadian, penelitain hanya berhadapan langsung dengan sumber yang sudah ada di perpustakaan atau data bersifat siap pakai, serta datadata sekunder yang di gunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengharaman riba tertuang dalam dalam empat tahap: QS. ar- Rum: 39, QS. Anissa: 160-161, QS. Ali Imran: 130, QS. AlBaqarah: 275-281. Hadist tentang haramnya riba: HR. Muslim, No. 129, HR. Bukhari, No. 439, HR. Tirmizi, No 1127. Perilaku hedonis merupakan perilaku konsumtif yang berlebihan bahkan membabi buta dalam membeli suatu barang. Perilaku ini sangat bertentangan dengan Firman Allah dalam QS. Al-A’raf : 31 dan Hadist Nabi SAW yang diriwatkan oleh Abu Daud, No. 3992.

Keywords


Riba; Perilaku Hedonis; Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Ermiati, and M. Wahyudin Abdullah, ‘Adz Dzahab Adz Dzahab’, Adz Dzahab, 1.1 (2016), 1–15

Hendarsyah, Decky, ‘Analisis Perilaku Konsumen Dan Keamanan Kartu Kredit Perbankan’, JPS

(Jurnal Perbankan Syariah), 1.1 (2020), 85–96

Lina, Lina, and Haryanto F Rosyid, ‘Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control Pada Remaja

Putri’, Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2.4 (1997), 5–14

Muflih, Muhammad, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam (RajaGrafindo

Persada, 2006)

Quran, Al, Tafsir Al, Salman Al Parisi, Iwan Hermawan, Marta Kurniawan, and Saud Habibullah,

‘Perspektif Riba Dan Studi Kontemporer-Nya’, m (2018)

Razali, Ramadhan, ‘Perilaku Konsumen: Hedonisme Dalam Perspektif Islam’, Jurnal Ekonomi

Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 4.1 (2020), 115–24

Rohayedi, Eddy, and Maulina Maulina, ‘Konsumerisme Dalam Perspektif Islam’, Transformatif, 4.1

(2020), 31–48

———, ‘Konsumerisme Dalam Perspektif Islam’, Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 4.1 (2020),

–48

Susanti, Dewi Noor, and Ayuni Permata Sari, ‘Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap

Impulse Buying Melalui Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement’, Jurnal Ekonomi Dan

Teknik Informatika, 9.2 (2021), 62–69

Swasono, Sri-Edi, ‘Ekonomi Islam Dalam Pancasila’, Surabaya: Unair, 2008




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo