Mengukur Daya Tarik Customer Value: Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Tomspetshop Gorontalo

Moh. Fadhel Karmoy, Raflin Hinelo, Andi Juanna, Melan Angriani Asnawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh customer value terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Tomspetshop Gorontalo). Teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan tehnik probability sampling, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian menggunakan rumus chocran yaitu sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi pelanggan Tomspetshop Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu regresi linier sederhana. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan penelitian hasil uji analisis regresi sederhana menunjukan bahwa hasil uji customer value berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Pada penelitian ini variabel customer value dapat menjelaskan variabel kepuasan pelanggan sebesar 71%, sedangkan sisanya 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dijelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


Nilai Pelanggan; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Abadi, R. R., Nursyamsi, I., & Munizu, M. (2020). Pengaruh Customer Value Dan Experiential

Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel

Intervening ( Studi Kasus Pada Pelanggan Go-Jek Makassar ). The Asian Journal of

Technology Management, 13(1), 82–97.

Andrieani, A. (2016). Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat

Berkunjung Kembali. US Dharma - core.ac.uk, 147(March), 11–40.

Butz, H. E., Leonard, J. R., & Goodstein, D. (1996). Gaining the Strategic Advantage. Organisational

Dynamics, 63–77.

FoEh, J., & Niha, S. S. (2022). The Influence of Service Quality, Use of Information Technology and

Customer Value on Customer Satisfaction and Loyalty of Online Transportation Services

(Literature Review Human Resource Management). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1),

–43. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1157

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 (edisi kesembilan).

Universitas Negeri Semarang.

Kotler, P., Maulana, A., Sabran, B., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran / Philip Kotler,

Kevin Lane Keller ; penerjemah, Bob Sabran ; editor, Adi Maulana, Wibi Hardani (B. S.

Maulana, Adi, Wibi Hardani (ed.); Ed. 13). ind JKPNPNA.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian kuantitatif (Sugiyono (ed.); Cet. 1). Bandung : Alfabeta.

Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. (2001). Consumer perceived value: The development of a multiple

item scale. Journal of Retailing, 77(2), 203–220. https://doi.org/10.1016/S0022-

(01)00041-0

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian (F. Tjiptono (ed.); Ed. 1,

Cet). Yogyakarta Andi Offset 2014.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (F. Tjiptono (ed.); Edisi 4). Yogyakarta.

Woodruff, R. B. (1997). Customer value: The next source for competitive advantage. Journal of the

Academy of Marketing Science, 25(2), 139–153. https://doi.org/10.1007/BF02894350

Zeithaml. (2005). Services marketing integrating customer focus across the firm (D. D. Bitner, Mary Jo , Gremler (ed.); 4th ed). New York : McGrow-Hill.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo