Pengaruh Customer Value Dan Kedekatan Emosional Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Bank Bri Cabang Limboto)

Sherina Anggraini, Tineke Wolok, Andi Juanna, Citra Aditya Kusuma, Melan Angriani Asnawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh customer value dan kedekatan emoisonal terhadap kepuasan nasabah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada nasabah tabungan Bri Cabang Limboto, dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan 99 responden. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa : (1) Customer Value berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan di Bri Cabang Limboto karena nilai t hitung Karena nilai t hitung sebesar 5,976 > t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (2) Kedekatan Emosional berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan di Bri Cabang Limboto karena nilai t hitungnya sebesar 5,094 > t tabel 1,984 dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05. (3) Customer Value dan Kedekatan Emosional berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah tabungan di Bri Cabang Limboto karena nilai f hitung 170,828 > f-tabel 3,09 dengan kontribusi yang besar.

Keywords


Customer Value; Kedekatan Emosional; Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


A, A. J., B, U. K., C, S. K. S., D, Z. K. A., & E, Y. L. I. (2023). TRENDS OF RESEARCH KEYWORDS

RELATED TO THE NETWORK AND NEGOTIATING SKILLS IN DIGITAL ERA : A BIBLIOMETRIC

REVIEW Article history : Keywords : Leadership ; Negotiating ; Juanna , A ., Kango , U .,

Singh , K . S ., Abdussamad , Z . K ., Ismail , Y . L .

Abdjul, R. A., Hinelo, R., & Juanna, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Nasabah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Bank Sulut Go Cabang Gorontalo. 5(2), 653–658.

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Anna Hariyatiningsih, Alwi Suddin, E. (2016). PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER

LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION DAN AIRLINE IMAGE SEBAGAI PEMEDIASI

(Survei pada Pengguna Jasa Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Airline di Kota

Surakarta dan DIY) Anna. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10(2), 143–160.

Ansofino, Jolianis, Yolamalinda, & Arfilindo, H. (2016). Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta:

Deepublish.

Batubara, Indah Oktavia. (2018). Pengaruh Penilaian dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas

Pelanggan (Studi pada CV. Paradep Pematangsiantar). Skripsi. Medan ; Universitas

Sumatera Utara

Barnes, J. G. (2013). Secrets of Customer Relationship Management. Yogyakarta;Andi

Bahri, Dinda Monika Mediana. (2010). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Layanan, dan

Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Bri Cabang

Pattimura Semarang). Skripsi.Semarang : Universitas Diponogoro Semarang. Bandung:

Alfabeta.

Dirgantara, Wara. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan

Pengunjung Museum Kartini Jepara. Skrispi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Fandy Tjiptono. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Ferdinand, A. (2020). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan

Disertai Ilmu Manajemen (Edisi 5). Semarang: Universitas Diponegoro.

Flint, D. J., Blocker, C. P., & Boutin, P. J. (2011). Customer value anticipation, customer satisfaction

and loyalty: An empirical examination. Industrial Marketing Management, 40(2), 219–230.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Deng a Progam IBM SPSS 23 (Edisi 8) Badan

Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting

daripada IQ, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Juandy Livingstone Rompas, J., Mananeke, L., & Worang, F. G. (2020). Customer Relationship

Management Dan Customer Value Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Serta

Implikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Nasabah Kredit Komersil Pt. Bank Sulutgo

Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam

Ratulangi, 7(3), 368–378.

Nurhalimah, Nuni dan Ade Nurhayati KD. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan

terhadap Kepuasan Pelanggan” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.6 No.2, 1-5.

Mawardah, Inas. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Customer Value Terhadap Kepuasan

Nasabah. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Melanda, Yora. (2019). Pengaruh Kedekatan Emosional dan Atmosphere Terhadap Loyalitas

Nasabah BRI Link. (Studi Kasus di Kecamatan Bermanillir Kabupaten Kepahiang). Skripsi.

Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Moenardy, K. K., Arifin, Z., & Kumadji, S. (2016). The Effect of Service Quality and Relationship

Marketing to Customer Value, Customer Satisfaction, Switching Cost, and Customer

Retention: A Case Study on the Customers of Bank NTT at East Nusa Tenggara Province.

International Journal of Management and Administrative Sciences, 3(04), 48–63.

Permana, I., Putra, K., Hudayah, S., & Achmad, G. N. (2020). THE EFFECT OF CUSTOMER VALUE

AND CUSTOMER TRUST ON SATISFACTION AND CUSTOMER LOYALTY PT SAMATOR GAS

INDUSTRI SAMARINDA SEBERANG. 4(2), 151–160.

Pertiwi, D. K. A., & Susanti, M. D. R. R. (2016). ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN

KEDEKATAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN

PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. 1–14.

Philip Kotler, K. L. K. (2016). Marketing Management, 15 Edition.

Priansa, Donni Juni. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Repiannur Rachma, N. ABS, M. K. (2020). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan,Kualitas Pelayanan

Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan

Hypermart Giant Jl.Mt.Haryono No.146 Malang). 3, 218–230.

Widyawati, D. R. (2019). Pengaruh Service Quality dan Customer Value Terhadap Kepuasan

Nasabah Menabung Di BRI Syariah KC Madiun. In Skripsi (Vol. 8, Issue 5, p. 55).

Woodruff, R. B. (2018). Customer value: The next source for competitive advantage. Journal of the

Academy of Marketing Science, 25(2), 139–153. https://doi.org/10.1007/BF02894350

Wulandari, Fitria. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

RUMAH MAKAN AYAM PENYET JOGJA DI ACEH BARAT DAYA. Skripsi. Banda Aceh :

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Yullya Ramadonna, Nasfi, Z. A. (2019). the Effect of Customer Relationship Management and

Customer Value on Customer Satisfaction of Services and Its Impact on Customer Loyaltyin Pt. Bpr Rangkiang Aur.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo