Pengaruh Online Customer Review Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo

Sukmawati Nurkamiden, Tineke Wolok, Yulinda L Ismail, Lisda L. Asi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee 2) Pengaruh Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee 3) Pengaruh Online Customer Review dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel Online Customer Review secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian 2) variabel Kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian 3) variabel Online Customer Review dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian padaa aplikasi shopee. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 79,6% masuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa online customer review dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan sebesar 20,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Online Customer Review; Kepercayaan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan , Kualitas Informasi Terhadap Keputusan

Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia ( Studi Kasus Wilayah Tangerang ).

Jurnal Ekonomi Dan Bisnis - Vol. 17. No. 3 (2019) Tinjauan, 3, 1–13.

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online

Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu

Administrasi Bisnis, 1–11.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.

Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline

Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. Seiko : Journal of Management &

Business, 5(1), 60–76. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1833

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivarians Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online

Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan

Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2).

https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728

Hidayat, M. T., & Utami, F. N. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Kepercayaan

Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Pada Generasi Millenial Di Indonesia. EProceedings

…, 9(1), 61–74.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view

/17422%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/

article/view/17422/17132

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan

Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software

Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Latief Fitriani, A., & Nirwana, Y. (2023). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. 3(1), 11–19.

Luh Kadek Budi Martini, Ejasa Sembiring, & Frandy Paulus. (2022). Customer Online Customer

Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion

Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting

Science, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67

Pautina, Y. B., Ismail, Y. L., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi pada Mahasiswa

Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). Jurnal Manajemen &

Organisasi Review (Manor), 4(1), 27–38. https://doi.org/10.47354/mjo.v4i1.358

Pratiwi, D. A. N., & Suwitho. (2020). Pengaruh Promosi Online, Harga Dan Kepercayaan Terhadap

Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shop Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen,

(8), 1–18. ditaaprilia1313@gmail.com

Sianipar, A. H. F., & Yoestini. (2021). Analisis Pengaruh Customer Review dan Customer Rating

Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Online Marketplace (Studi Pada Mahasiswa

Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1.

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Performa, 5(1), 63–71.

https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1303

Sriwindarti, S. (2020). Persepsi Kualitas Pelayanan, Brand Image,dan Word Of Mouth terhadap

Keputusan Pembelian. Jurnal Muhammadiyah University of Ponorogo, 9–44.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif dan R&D.

Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Widiyawati, W. (2022). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 10 No . 2 Mei 2022 E - Issn Terhadap

Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen

Bisnis Syariah Angkatan 2018 Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Oleh : Jurnal

Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 356–366.

Widyanti, W. kusuma. (1967). Pengaruh Online Review, Promo Diskon Dan Kepercayaan Terhadap

Keputusan Pembelian Pada E-Commerce. Angewandte Chemie International Edition, 6(11),

–952., Mi, 5–24




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo