nalisis Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wed Cafe Banggai

Sartuti S. Imaa, Zainal Abidin Umar, Umin Kango

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Wed Cafe Banggai. Metode yang di gunakan adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan 81 responden, metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengaan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada konsumen pada Wed Cafe Banggai, Alat uji analisis yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independent berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependent, diperoleh nilai thitung 10,989 variabel X1 dan 6,486 variabel X2 yang lebih besar dari nilai ttabel 1,990 dengan nilai signifikan <0,05, sehingga diperoleh hubungan secara parsial dan positif dari variabel Bauran Pemasaran (X1), Kualitas Pelayanan (X2), terhadap Kepuasan Konsumen Wed Cafe Banggai. Selain itu pula diperoleh analisis hubungan positif secara simultan pada variabel independent terhadap variabel dependent. Hubungan ini menunjukan nilai Fhitung 106,174 yang melebihi nilai Ftabel sebesar 3,114 dengan tingkat signifikansi <0,05. Persentase korelasi dari variabel independent dalam mempengaruhi variabel dependent mencapai 73,1%.

Keywords


Bauran Pemasaran; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Apriansyah, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada

PT. Prioritas Rengat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 07(Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal

Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)).

https://journal.stieindragiri.ac.id/index.php/jmbi/article/view/48/32

Assauri, S. (2016). Strategi Management (II). Rajagrafindo.

Daga, R., & Citra. (2017). Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen. Global Research and

Consulting Institute

Elidawaty, P., Bonaraja, P., Ahmad, S., Darwin, D., Valentine, S., Ari, M. G., Hery, P. S., Nurma,

F., Arfandi, S., & Revi, E. (2019). Metode Penelitian Ekonomi.

Fathimah, F. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap kepuasan konsumen air mineral asa

di Samarinda. Ilmu Administrasi Bisnis, 1, 340-350.

Ferdinand, Augusty. (2011). Metode Penelitian Manajemen.............

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Gosyen Publishing.

Indahingwati, A. (2019). Kepuasa Konsumen dan Citra Intitusi Kepolisian Pada Kualitas Layanan

SIM Keliling. CV Jakad Media.

Jacklin, M. P. R., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall

Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (S. Wall (ed.); Global Edi).

Pearson Education Limited.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing (Electronic Version)

(17 ed.). Pearson.

Kumba Digdowiseiso, S.E., M. A. E. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Universitas

Pendidikan Indonesia, 1(Metodologi Penelitian), 141.

Rahman, A. (2017). Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. Diakses dari

https://www.jurnal.id/kebutuhan-pangan-merupakan-kebutuhan-pokok-manusia

Rindayani, W. (2020). Modal Sosial Beas Perelek: Analisis Keberlanjutan Dan Strategi Elaborasi Di

Era Milenial. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(03), 219-228.

Sembiring, N. M. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan

Konsumen Cafe Titik Temu Kuta di Kecamtan STM Hilir (Doctoral dissertation, Universitas

Medan Area).

Sugiyono, D. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Bisnis. PT. Gramedia.

Suprayogi, A. M., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan

terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(1).

Tristiarto, Y., & Siswantini, T. (2021). Analisis Peran Pemerintah , Inovasi dan Literasi Keuangan

Terhadap Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. 4(1), 143–152.

Rahman, Aan. (2017). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Rumah

Makan Ayam Bakar Penyet KQ5 Mayestik Jakarta Selatan). Cakrawala. Vol. XVII.,2, 237-

Syamsiah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan

Pelanggan Pada Supermarket Transmart Carrefour Di Kota Makassar (Doctoral Dissertation,

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo