Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Grand Q Di Kota Gorontalo

Avliani Malinta, Tineke Wolok, Zulfia K. Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Grand Q Di Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada tamu yang menginap ataupun berkunjung di Hotel Grand Q Gorontalo. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 91 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Fasilitas Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Fisik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di di Hotel Grand Q Gorontalo.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Fasilitas Fisik; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Andri Winata & Isnawan Ahlul Fiqri. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas

Pelanggan Hotel Emersia di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, Vol 03. No. 02.

Alexandre Wirapraja, Andriason Sudarso dkk. 2021. Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan

Kita Menulis.

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Peasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2018.

Arfatin Nurrahmah M.pd, Febri Rismaningsih, S.Pd. Si.,M.Sc dkk. 2021. Pengantar Statistika 1.

Media Sains Indonesia.

Aris Budiono. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap

Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Pendidikan dan

Ekonomi. Vol 17, No 2.

Arya Maman dan Suryoo Budi. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas, Kualitas

Pelayanan, dan Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BCA Cabang Kanjengan

Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Vol 17, No 2.

AT Basuki dan Yuliadi. 2015. Ekonometrika Teori dan Apikasi. Jurnal Penelitian dan Pendukung

Ekonomi. Yogyakarta: Mitra Pustaka Nurani

Aksa, M. H., & Ratnasari, R. T. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Penerbit Ghalia

Indonesia.

Annishia, Fristi dan Prastiyo, Eko. 2019. Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan

Menginap Tamu di Hotel Best Western Premiere the Hive Jakarta. Jurnal hospitality dan

pariwisata. (online). Vol. 4. No.1. Januari 2019.

Deli Darlina. 2016. Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas

Pelanggan Pada Jasa Perhotelan. Jom Visip Vol 1 No. 3.

Dwi Aliyyah dan Apriyani Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi

Bisnis. Vol. 51 No.2

Dani Iskandar dan Muhammad Irfan Bahari Nasution.

Enos Lolang. 2015. Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif. Jurnal IP –Vol. No. III. No. 3.

Ferninda Manoppo. 2013. Kualitas Pelayanan, dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan

Konsumen Pada Hotel Gran Puri Manado. Jurnal EMBA. Vol.1 No.4

Fibria Anggraini Puji Lestari. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan. Http://Journal.Lppmunindra.Ac.Id/Index.Php/Sosio_Ekons. Volume

No. 2.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro: Semarang

Hadion Wijoyo. 2021. Manajemen Pemasaran. Insan Cendekia Mandiri. Sumatera Barat.

Heri Sudarsono. 2020. Manajemen Pemasaran. Cv Pustaka Abadi. Jawa Timur.

Heni Rohaeni dan Nisa Marwa. 2018. Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal

Ecodemica. Vol. 2 No. 2

Hightower, R. Jr. 2010. Commentary on Conceptualizing the Serviscape Construct in, A Study of

the Service Encounter in Eight Coutries. Marketing Management Journal, 20(1) Spring: 76-

I Wayan Widya Suryadharma, I Ketut Nurcahya. 2015. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 4.

Ikhsanuddi. 2022. Pengaruh Iklan Social Media Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung

ke Gili

Ketapang Menggunakan @giliketapang_trip. Uin Malang. E-Jurnal Manajemen

J.G Runtunuwu., Sem Oroh., Rita Taroreh. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Café dan Resto Cabana Manado, Fakultas Ekonomi

dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, ISSN 2303-1174

Kasinem. 2020. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen

pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika., Vol. 17 No. 4.

Kotler. 2018 Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Lewis, B. R. (2015). Servqual. In Wiley Encyclopedia of Management (pp. 1-1).

https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom090654

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta

Salemba Empat..

Malik Ibrahim dan Sitti Marijam Thawil, 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal homepage: http://jrmb.ejournal

feuniat.net/index.php/JRMB . Volume 4, No 1.

Melia Andayani. 2020. Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Fasilitas Fisik dan Kepercayaan

Pelanggan. Journal of Management and Bussines (JOMB). Volume 2, Nomor 2

Muhammad Zuardi. 2016. Pengaruh Fasilitas Fisik dan Fasilitas Non Fisik Terhadap Kepuasan

Pelanggan di Pasar JBBC Medan Johor. Jurnal RisetAkuntansi & Bisnis Vol. 16 No. 2.

Novan Haryono & Roony Octavia. 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Mutu Layanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Indept, Vol, 4. 1

Nurmalitas Sekar Smaradhana, Harrie Luthfie. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Fisik

Terhadap Kepuasan Pelanggan di The 101 Hotel Bandung Dago. E-proceeding of applied

science. Vol. 3, No. 2

Nel Arianty. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol, 16 No, 2

Purnomo Edwin Setyo. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

“Best Autoworks” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 1, Nomor 6

Sony Mahendra. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Honda

Beat. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 2 No 1.

S, Moha., Sj. Loindong. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan

Konsumen pada Hotel Yuta di Kota Manado. Jurna EMBA 575 Vol. 4 No.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Manajemen, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B Bandung:Alfabeta

Sopiyan, P, (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan

Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2),

-258.

https//doi.org/1032670/coopetition.v13i2.1057

Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi

Tjiptono. 2012. Startegi Pemasaran, Ed. 3, Yogyakarta, Andi

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Yuli Asbar, Mochamad Ari Saptari. 2017. Analisa Dalam Mengukur KualitasPelayanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Visioner & Strategis Volume 6,

Nomor 2.

Yuliana Pinaringsih Kristiutami & Sandy Nugraha Raharjo. 2021. Strategi Pemasaran Hotel Grand

Asriliadi Masa Pandemi Covid-19. Media Wisata, Volume 19, Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo