Pengaruh Relationship Marketing Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Kc Gorontalo

Fadel H. Al Idrus, Rizan Machmud, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar Pengaruh Relationship Marketing Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KC Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi nasabah Bank Muamalat KC Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Relationship Marketing berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah ditunjukan dengan nilai t hitung 11,370>1,98472, sedangkan Service Quality berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai t hitung 4,903>1,98472. Sedangkan hasil penelitian uji F menunjukan F hitung 74,812 > F tabel 3,09 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Relationship Marketing dan Service Quality secara simultan mempengaruhi Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KC Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel Relationship Marketing dan Service Quality dalam menjelaskan variabel Kepuasan Nasabah sebesar 0,607 atau 60,7% masuk kategori kuat, sedangkan 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel Kepercayaan, citra perusahaan, Brand Image dan lain-lain.

Keywords


Relationship Marketing; Service Quality; Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2016). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bankmuamalat.co.id

Falesty, A. I. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Dan Service Quality, Terhadap Loyalitas

Nasabah Pt. Bank Bprs Sukowati Sragen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal

Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44.

Grönroos, C. (1997). Keynote paper From marketing mix to relationship marketing‐towards a

paradigm shift in marketing. Management decision, 35(4), 322-339.

Hairudin, M., Abdul Aziz, N., & Ramlan, A. (2020). The Impact of Relationship Marketing and Service

Quality on Customer Satisfaction in the Malaysian Banking Sector. International Journal of

Academic Research in Business and Social Sciences, 10(8), 599-612.

Handayani, I. (2020). Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Financial

Technology Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel

Intervening (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga).

Islam, M. A., & Haque, A. (2021). Impact of Relationship Marketing and Service Quality on

Customer Satisfaction in the Banking Sector of Bangladesh. International Journal of

Research and Scientific Innovation, 8(1), 46-52.

Juanna, A., Kango, U., Yantu, I., & Winerungan, R. R. (2022). Analysis of the Effect of Customer

Experience, with Customer Satisfaction as a Mediation Variable. International Journal on

Economics, Finance and Sustainable Development, 4(1), 1-18.

Kandou, H. A., KALANGI, J. A., & Rogahang, J. J. (2017). Pengaruh Relationship Marketing

Terhadap Loyalitas Nasabah Di Pt. Bank Mandiri Kc. Dotulolong Lasut Manado. Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB).

Kariuki, J. G., & Wachira, R. (2021). The Effect of Relationship Marketing and Service Quality on

Customer Satisfaction in Commercial Banks in Kenya. International Journal of Scientific and

Research Publications, 11(1), 688-695.

Karyose, H., Astuti, W., & Ferdiansjah, A. (2017). Customer Loyalty: The Effect Of Service Quality,

Corporate Image, Customer Relationship Marketing And Customer Satisfaction As

Intervening Variable-An Empirical Analysis Of Bank Customers In Malang City. Marketing

And Branding Research, 4, 336-347.

Kotler, P & Keller K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo

Kotler, P. Dan Amstrong. 2007. Manajemen pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prehallindo. Jakarta

Machmud, R. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Objek Wisata terhadap Kepuasan

Konsumen Pengguna Taman Wisata Alam Batu Putih Bitung. PROSIDING, 10(3445).

Massie, A., Machmud, R., & Juanna, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan (Studi Pada Pelanggan PT. Grab Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen

dan Bisnis, 5(1), 271-274.

Machmud, R. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Objek Wisata terhadap Kepuasan

Konsumen Pengguna Taman Wisata Alam Batu Putih Bitung. PROSIDING, 10(3445).

Mootalu, C. R., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Moya Shop Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen

dan Bisnis, 5(2), 568-575.

Mulazid, A. S. (2018). Analisis pengaruh service quality, customer relationship management dan

keunggulan produk tabungan terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI

Syariah. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 19(1), 89-106.

Mustofa, M., & Mohamad, R. (2019). Etika Kerja Islam, Budaya Organisasi, dan Citra Perusahaan:

Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Cabang Gorontalo. Al-Buhuts, 15(1), 01-24.

Ningsih, S. A. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Dan Service Quality Terhadap Loyalitas

Nasabah Melalui Customer Satisfaction Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kuta (Doctoral

Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ndubisi, Nelson Oly. 2007. Relationship Marketing and Costumer Loyalty. Marketing Intelligence

and Planning, vol.25, no. 1.

Pandey, S. K. (2020). Relationship Marketing, Service Quality and Customer Satisfaction in Banking

Sector: A Comparative Study of Public and Private Sector Banks in Nepal. International

Journal of Research in Management & Business Studies, 7(3), 52-61.

Rini, A. R., & Hasan, I. (2022). Peran Service Quality dan Relationship Marketing terhadap Loyalitas

Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. COSTING: Journal of

Economic, Business and Accounting, 6(1), 1059-1066.

Semaranata, I. W. M., & Telagawathi, N. L. S. (2022). Pengaruh Relationship Marketing dan

Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Simpati di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal

Manajemen, 8(1), 63-71.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi

Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode

Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan

Open Source, 3(1), 131-143.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Simamora, J. M. (2021). Pengaruh service excellence dan relationship marketing terhadap loyalitas

konsumen pada CV Bersinar Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences,

(1), 9-19..

Sumual, N. R., Wenas, R. S., & Kawet, R. C. (2022). Analisis Pengaruh Relationship Marketing,

Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Net

Coffee n Resto Langowan). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan

Akuntansi, 10(4), 1697-1707.

Tjiptono, Fandy. (2006), Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Utami, M., Handayani, T., & Pusporini, P. (2019, August). Pengaruh kualitas layanan dan

kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah. In Proceeding of Conference on Islamic

Management, Accounting, and Economics (pp. 170-178).

Putri, S. L., & Nursinta, L. (2017). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan

pada Konsumen Tropicana Slim di Kota Padang. Jurnal Agrica, 10(1), 13-21.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo