Pengaruh Word Of Mouth Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Lightening Di Kota Gorontalo

Jumiati Fernatubun, Andi Juanna, Syamsul B. Biki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh word of mouth dan celebrity endorse terhadap keputusan pembelian wardah lightening di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan 96 sampel responden pengguna produk wardah di Kota Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel Incidental. Metode analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Word Of Mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,331 atau 33,1%, Celebrity Endorse memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,469 atau 46,9%. Variabel Word Of Mouth dan Celebrity Endorse bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian sebesar 0,465 atau 46,5% sedangkan sisanya 54,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini.

Keywords


Word Of Mouth; Celebrity Endorse; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

nisaPutriani. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap

Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi S-1 Fakultas Ekonomi

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta). Jurna Ekobis Dewantara, 1(8), 2–9.

Basuki, R. A., & Fairuz, N. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word of Mouth Terhadap

Minat Beli Ulang Melalui Brand Trust Pada Produk Kosmetik Focallure Sebagai Variabel

Moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1(2), 527–536.

Biki, S. B., Mendo, A. Y., & Hilala, E. (2021). Kesuksesan Implementasi Sap Human Resource

Information System (Hris) Di Industri Otomotof Sunter Jakarta Utara. 8(7), 2430–2436.

Biki, S. B., Pilomonu, M. R. S., Mendo, A. Y., Abas, C., & Kadir, A. (2023). LKPM- Notification

Aplikasi Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Realisasi Investasi Di Provinsi Gorontalo. 6,

–126.

Cholil, A. M. (2020). metode sukses dan praktis membangun kesadaran merek. quardrant.

Darmansyah, Salaim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan

Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230.

Dwi, S. O., Widiartanto, & Listiyorini Sari. (2015). Pengaruh Atribut Produk, Celebrity Endorser Dan

Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada

Mahasiswi S-1 Fisip UNDIP). Jurnal Ilmu Administrasi …, 1–10.

Eka Cahyani, S. (2022). Pengaruh Endorsement Dan Konten Promosi Terhadap Minat Beli Ulang

Konsumen Arv.Stuff Kota Madiun Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek

terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business

Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98.

https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Faozi, I., & Handayani, S. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi

Dan Kualitas Pelayanan Pada Pt Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan

Akuntansi, 47, 44–52.

Febriyani, A., Ekowati, T., & Runanto, D. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Lifestyle, dan Word

Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Produk Scarlett Whitening

di Purworejo). 21(1), 1–9.

Fenny, F., & Loisa, R. (2021). Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli

Kosmetik. Prologia, 5(1), 94. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8141

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9.

harly, G. S., & Octavia, D. (2014). the impact of endorsement fashion blogger towards purchase

intention on local brand 2013-2014. Jurnal Manajemen Indonesia.

Hikolo, L., Taan, H., & Juanna, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Pada Restauran Tiara di Kota Gorontalo. Jambura, 6(1), 111–117.

Ivone, I., Phanessa, D., Ciamas, E. S., Siahaan, R. F. B., & Cindy, C. (2021). Pengaruh Endorsement

Terhadap Minat Beli Akun Remedy.Eats.

Juanna, A., Kango, U., Singh, S. K., Abdussamad, Z. K., & Ismail, Y. L. (2023). Trends Of Research

Keywords Related To The Network and Negotiating Skills In Digital Era : A Bibliometric

Review. International Journal of Professsional Business Review, V. 8, 1–16.

Kurniawati, N. I. (2020). Analisis Pengaruh Word of Mouth dan Cita Merek terhadap Keputusan

Pembelian Produk Kosmetik Makeover Kota Semarang. Forum Ekonomi, 22(2), 286–295.

Larasati, N. R., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas , Word of Mouth , Dan Iklan

Terhadap Keputusan Produk Luwak White Koffie. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis,

(1), 51–60.

Mastuti, K. D. (2020). Pengaruh Brand Trust, Word Of Mouth, Dan Iklan Di Televisi Terhadap Minat

Beli Ulang Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Bravo

Supermarket Jombang). universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang.

Muhani, & Sabillah, H. S. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Word Of Mouth,

Kualitas Website, dan Persepsi Harga Terhadap Keputuasan Pembelian Pada E-Commerce

Tokopedia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan FAIR VALUE, 04(03), 1114–1127.

Nadhiroh, A., & Hukama, L. D. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Credibility Celebrity

Endorser, dan Visibility Celebrity Endorser Dewi Sandra terhadap Brand Image Wardah

Cosmetics (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI). Jurnal

Pundi. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.186

Pangestu, A., Ariningsih, E., & Wijayanto. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elzatta Hijab (Studi pada Konsumen di Kebumen.

–15.

Radjab, E., & Jam’an, A. (2017). Metode Penelitian Bisnis.

Rahmani, R. G. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap

Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Somethinc By Irene Ursula).

Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap

Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi

Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1177(2776–1177), 1–14.

rangkuti. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi & Analisis Kasus Menggunakan SPSS. PT

Gramedia Pustaka Utama.

Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorse, Citra Merek, Electronic

Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Kasus Pada Produk

Scarlett). Jurnal MANAJERIAL, 21(1), 95–110.

https://doi.org/10.17509/manajerial.v21i1.47201

Rossiter, J. R. (2014). “Branding” explained: Defining and measuring brand awareness and brand

attitude. Journal of Brand Management, 21, 533–540. https://doi.org/10.1057/bm.2014.33

Sari, F. P., & Y. (2016). Pengaruh Harga Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen.

Septiani, I., Udayana, I., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand

Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui

Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 42.

https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17205

Sernovitz, A. (2015). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking (4th

ed.). PressBox Publishing.

Shandy, B. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Motor

Yamaha (the Effect of Celebrity Endorser and Wom on Purchase Decision of Yamaha Motor

). Jurnal Digest Marketing, 3(1), 7–14.

Stellarosi, A., & Trianasari, N. (2020). Sosial Media Instagram the Effect of Endorsement on

Purchase Intention in Pleasure and Arousal Mediation on Purchase Intention on Food

Advertising in Social Media Instagram. 7(1), 312–319.

Sugiyono. (2018). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitati dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Sumitro, I. S. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Attachment, Brand Trust, Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Institut Stiami Cempaka

Putih). 01.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif.

Tumangger, R. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse

Buying Behavior Masyarakat High Income Di Fashion House 10 Tasbih 1 Medan. Universitas

Medan Area.

Uma, S. (2011). Research methods for business = metodologi penelitian untuk bisnis. Salemba

Empat.

Wulandari, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Kosmetik Pixy (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang).

Yulia, E. (2020). Analisia Celebrity Endorser dan Core Product Terhadap Keputusan Pembelian

Produk KF Skin Care (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Lamongan). Jurnal

Humaniora, 4(1), 19.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo