Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada RM. Wong Solo, Jl. Panjaitan Kota Gorontalo)

Chelsy Olivia Aneta, Tineke Wolok, Ramlan Amir Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 96 sampel pelanggan RM Wong Solo di Kota Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen ditunjukan dengan nilai t hitung 2,929>1,661, sedangkan Penetapan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai r hitung 3,708>1,661. Sedaangkan hasil penelitian uji F menunjukan F hitung 24,277< F tabel 3,94 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga secara simultan mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada RM Wong Solo di Kota Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga dalam menjelaskan variabel Kepuasan Konsumen sebesar 0,429 atau 42,9% masuk kategori sedang, 57,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel Promosi, Harga Pokok, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Penetapan Harga; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Anggarwati, Martina dan Rosi Devi Yanti.Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas

Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Volume 5 Nomor 1

Edisi Februari 2020. P-ISSN: 2540–816X E-ISSN: 2685–6204

Batubara, Azmiani dan Rahmat Hidayat.2016. Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap

Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman, Vol. 4, No. 1, pp. 33-

, Februari 2016, ISSN 2355-1488

Bisri and Widasiwi Herlin Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan

Nasabah (Studi Kasus BNI Syariah Kantor Cabang Cinere) [Journal]. - Bogor : Jurnal

Moneter, 2018. - 11 : Vol. Vol. V No. 1 April 2018.

Darmawan K.G. , Yulianthini N.N. dan Mahardika A.A.N.Y.M. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga

Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen [Jurnal] // Prospek: Jurnal Manajemen dan

Bisnis, Vol 2 No. 1, Juli 2020 P-ISSN: 2685-5526. - 2020. - hal. 74-82.

Dharasta You She Melly Anne Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan

Tiket (Studi Kasus Pada Jasa Travel Agent Di Wilayah Yogyakarta) [Jurnal]. - Yogyakarta :

Jurnal Manajemen Dirgantara, 2017. - ISSN : 2252-7451 : Vol. Vol.10 No.2 Desember 2017.

Fikri, Sirhan, Wahyu Wiyani, dan Agung Suwandaru. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan

Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari

Firmansyah. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa

pada STIE Mahaputra Riau. JURNAL SAMUDRA EKONOMI DAN BISNIS, VOL 10, NO 1

JANUARI 2019 P-ISSN 2089-1989 E-ISSN 2614-1523

Halim Fitria [et al.] Manajemen Pemasaran Jasa [Buku]. - [s.l.] : Yayasan Kita Menulis, 2021. -

Vol. I.

Juana, A., Kango, U., Singh, S. K., Abdussamad, Z. K., & Ismail, Y. L. (2023). Trends of Research

Keywords Related to the Network and Negotiating Skills in Digital Era: A Bibliometric

Review. International Journal of Professional Business Review, 8(6), e01027-e01027.

Laoli Victorinus dan Hulu Fatolosa Analisis Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen (Studi Kasus pada Pembelian Bahan-Bahan Bangunan UD. Sentosa Gunung

Sitoli) [Jurnal]. - Jakarta : Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2018. - E-ISSN : 2599-3410

| P-ISSN : 4321-1234 : Vol. Vol 1 No 2, Juni 2018.

Monica Martha Ayu dan Pontjoharyo Wiyono Penerapan Personnel Dan Cultural Control Berbasis

Nilai Kristiani Terhadap Kualitas Layanan Di Klinik Kecantikan Dr. Wit Surabaya [Jurnal]. -

Surabaya : Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2019. - Vol. Vol.7 No.2

(2019).

Natalea dan Dewi Anggrani. 2022. Strategi Penetapan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di

Bakpao Aeng Medan. Journals Stimsukmamedan. Publish online, Juli 2022

Oktavian Rizky Ferrari Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan

Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Penelitian Pada Bni Card Center LncJakarta) [Jurnal]. - Jakarta : JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS (ALMANA), 2018. - Vol. VOL.

NO. 2 /AGUSTUS 2018.

Rahmah Citra Anita, Ritonga Husni Muharram dan Pane Dewi Nurmasari Pengaruh Kualitas

Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda IDK 2 Medan

[Jurnal]. - Medan : Jurnal Manajemen Tools, 2020. - Vol. Vol. 12 No. 2 Desember 2020 ISSN

: 2088-3145.

Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D [Book]. - Bandung : ALFABETA, 2020.

Susanto Hari Agung dan Otoluwa Narto Irawan Pengaruh Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan

Konsumen Pada Pt Astra Internasional Tbk Honda Cabang Maros [Jurnal]. - Maros : JURNAL

BRAND, 2020. - e-ISSN : 2715-4920 : Vol. Volume 2 No. 1, Juni 2020.

Tambahani Yesri O., Kalangi J. A. F. dan Walangitan Olivia Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara [Jurnal]. - Sam Ratulangi :

Productivity, Vol. 2 No. 2, 2021 e-ISSN. 2723-0112, 2021.

Tua Geo Vanny Maruli, Andri dan Andariyani Ira Meike Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di CV. Citra Nauli

Electricsindo Pekanbaru [Jurnal]. - Pekanbaru : Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Jurnal JUKIM PISSN: 2829-0488 E-ISSN: 2829-0518, Halaman 140-154, 2022. - 15 : Vol. Vol 1 No. 4 Juli

Umbase Christovel Zuriel, Areros William dan Tamengkel Lucky Pengaruh Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kedai Kopi Senyawa di Manado [Jurnal]. - Manado :

Productivity, 2022. - e-ISSN. 2723-0112 : Vol. Vol. 3 No. 4, 2022.

Zikri Ahmad dan Harahap Muhammad Ikhsan Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang

terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera

[Jurnal]. - Sumatera : Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2022. - EISSN: 2774-2075 : Vol. Vol. 2 No. 1, Year [2022] Page 923-926.

Zulkarnaen, Wandy dan Neneng Nurbaeti Amin. 2018. Pengaruh Strategi Penetapan Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Rema Laundry Dan Simply Fresh Laundry

Di Jalan Cikutra Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. VOL. 2 NO. 1

ISSN: 2541-5255




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo