Tingkat Kualitas Pelayanan PT BFI Finance Indonesia Tbk Cabang Gorontalo Melalui Sistem Informasi Manajemen

Riksal Polotoy, Irwan Yantu, Abd Rahman Pakaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem Informasi Manajemen berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor BFI Cabang Gorontalo. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah BFI Cabang Gorontalo dengan jumlah 635 orang nasabah/ 2022. Pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel bersyarat (purposive sampling) penarikan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 96 orang nasabah. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada nasabah BFI Finance Cabang Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisi regresi dan hasil uji-t, diperoleh gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan ditunjukkan dengan nilai thitung (6.321) > ttabel 1,661 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya variabel sistem informasi manajemen berpengaruh positif dan terhadap kualitas pelayanan BFI Finance Cabang Gorontalo. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square Sebesar 29,8%, dan sisanya sebesar 70,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


Sistem Informasi Manajemen; Kualitas Pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap

Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional:

Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60.

https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837

Anggraeny, A. S. (2020). The effect of implementing the financial management information system

on the quality of the presentation of the pangkep regency government’s financial

statements. Journal of Advanced Research in Economics and Administrative Sciences, 1(1),

-44.

Kenneth Laudon, J. P. L. (2015). Sistem Informasi Manajemen : Mengelola Perusahaan Digital,

Ed.13 (13th ed.). Salemba Empat.

Rusdiana, M. M., & Moch. Irfan, S.T., M. K. (2014). Sistem Informasi Manajemen: CV Pustaka Setia.

Lukman Hakim, M. P. . (2019). Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen.CV. Timur Laut

Aksara.

Tjiptono, F. (2011), Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Ferisca Nur Widyanti, J. N. L. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja

Karyawan Pada PT. Primanusa Globalindo Pekanbaru. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi

Dan Pembelajarannya, 8(2), 166. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7115

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Klau, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Menghambat Kualitas Kinerja Pelayanan Publik Di Kantor

Pertahanan Kabupaten Ngada.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT.

Indeks.

Liyas, J. N., & Widyanti, F. N. (2020).Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja

Karyawan Pada PT. Primanusa Globalindo Pekanbaru. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi

dan Pembelajarannya, 8(2), 166-180.

Machmud, R. (2013). Peranan penerapan sistem informasi manajemen terhadap efektivitas kerja

pagawai lembaga pemasyarakatan narkotika (lapastika) bollangi kabupaten gowa. Jurnal

Capacity STIE AMKOP Makassar, 9(3), 409–421.

Machmud, R. (2018, December). The Effect of System Quality, Information Quality and Service

Quality on Use Intensity and Satisfaction of Integrated Academic Information System (SIAT)

Users in Gorontalo State University. In Journal of International Conference Proceedings

(JICP) (Vol. 1, No. 2).

Mardi. (2013). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan

Administrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Samarinda. EJournal

Ilmu Pemerintahan, 1(2), 535–547.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia

Parasuraman, Valarie A., Zeithmal, Leonard L Berry. 1990. Delivering Quality Service, Balancing

Customer Perception and Expectations. New York: Free Press.

Prihandini, Dian (2017). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kualitas

Pelayanan Pada Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten .S1 thesis,

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Widodo, T. W., Handayani, S. R., Saifi, M., Ilmu, F., Universitas, A., & Malang, B. (2013). Pengaruh

aplikasi sistem informasi manajemen (sim) terhadap kinerja karyawan. Jurnal Profit, 7, 87–




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo