Pengaruh Harga Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap keputusan Pembelian Pada Kosmetik Madame Gie Dimarket place Shopee

Desfitriady Desfitriady, Siti Paras Pupu

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Karyawan CV Ferco Indo Warna Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengaruh harga dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada kosmetik Madame Gie di marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode asosiatif. Pada penelitian ini yang menjadi unit analisisnya adalah individu yaitu karyawan CV Ferco Indo Warna Kota Bandung yang melakukan pembelian kosmetik Madame Gie di Shopee. Sampel dalam penelitian sebanyak 102 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Sensus dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, dalam penelitian juga dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil perhitungan yang didapat dengan Uji t secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Variabel Harga (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel 4,049 > 1,984 dan nilai signifikan 0,000<0,05 dan Variabel Electronic Word of Mouth (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan menunjukkan nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel 1,925 < 1,984 dan nilai signifikan 0,057>0,05. Hasil penelitian Uji F secara simultan bahwa Harga (X1) dan Electronic Word of Mouth (X2) terdapat pengaruh dan siginifikan terhadap keputusan pembelian pada karyawan CV Ferco Indo Warna Kota Bandung dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel 36,160 > 3,88 dan nilai signifikan 0,000<0,05.

Keywords


Harga;Electronic Word of Mouth; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ismagilova, Elvira; Dwivedi, Yogesh. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing

Context (a State of the Art Analysis and Future Directions. U.K: Springer.

Kotler, Philip; Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15thedition. Illionis: Pearson.

S. Soedibjo, B. (2018). Pengantar Metode Penelitian. Bandung: Universitas Nasional Pasim.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo