Evaluasi Kinerja Pelayanan Pegawai Kantor Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato (Studi Kasus Presepsi Penilaian Pengguna Layanan 2023)

Sintia Lamusu, Heldy Vanni Alam, Valentina Monoarfa

Abstract


Tujuan dan Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana evaluasi kinerja pelayanan pegawai Kantor Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato terutama bila ditinjau melalu perspektif pengguna layananan di tahun 2023 ?. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Pegawai Kantor Camat Popayato sudah sangat baik dan mempunyai kelebihan terutama bila ditinjau dari konsep Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (BERAKHLAK). Namun, dalam proses pelayanan tidak jarang terganggu oleh kekurangan yang disebabkan pada persoalan teknis. Hal tersebut akan mengganggu pelayanan yang diberikan oleh Pegawai Kantor Camat Popayato. Meski demikian informan peng yanan yang ada di Kantor Camat Popayato.

Keywords


Evaluasi Kinerja; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Abbas & Saddat (2020) Model Pelayanan Publik Terhadap Reformasi Bikokrasi Fitriani. JSIP: Jurnal

Studi Ilmu Pemerintahan Vol. 1 No 1. Hal:16-25

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep Dan Indikator). Riau: Zanafa

Publishing.

Aini, N., Maslichah, M., & Junaidi, J. (2019). Pengaruh pengetahuan dan pemahaman investasi,

modal minimum investasi, return, risiko dan motivasi investasi terhadap minat mahasiswa

berinvestasi di pasar modal (Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Kota

Malang). e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(05).

Ariany, R & Putra, R.E (2013) Analisis Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan

Publik di Kota Pariaman. Jurnal Mimbar. Vol 29. No 1. Hal: 33-40

Arie Purnomo (2018). Pelaksanaan Kebijakan Komunikasi Oranganisasi Pemerintahan Di Indonesia.

Jurnal Noken Vol. 3 No 2. Hal: 11-26.

Eka (2017) Kualitas Pelayanan di Kantor Camat Rumbai Pesisir. JURNAL NIARA VOL 9 NO 2. Hal:

-109

Fadli, M. R (2021) Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata

Kuliah Umum. Vol. 21. No. 1. Hal: 33-54

Harviraman, D (2017) Hambatan Komunikasi Internal Di Organisasi Pemerintahan . Jurnal Aspikom,

Vol. 3 No. 3. Hal: 508-519.

Hasanah, D.I.,( 2019). Moral dan Etika Birokrasi dalam Pelayanan Publik. JISIPOL Jurnal Ilmu Sosial

dan Ilmu Politik, 3(1), pp.48-58.

Humas Menpanrb, (2023). Capaian Sttartegi Kementerian PANRB Tahun 2022.

https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/capaian-strategis-kementerian-panrb-tahun2022

Ismail Nurdin (2019) Kualitas Pelayanan Publik Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam

Pelayanan Publik Penerbit Media Sahabat Cendekia Pondok Maritim Indah Blok PP-7, Balas

Klumprik, Wiyung, Kota Surabaya

Kartomo (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. JSIP: Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.

, No. 2 Hal: 2685-4538

Moleong, (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, D (2017). Analisis Faktor Pendorong dan Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan

Publik Di Kelurahan Pondok Kacang Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan.

Jurnal Mozaik. Vol. 9, No. 2. Hal: 94-100

Murti, H. and Srimulyani, V.A., 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel

Pemediasi Kepuasaan Kerja Pada PDAM Kota Madiun. JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan

Akuntansi), 1(1), pp.10-17.

Mustafa, W (2015). Kinerja Aparat Kantor Camat Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada

Masyarakat Di Kecamatan Blangpidie Aceh Barat Daya. Jurnal Ilmu Administrasi Publik. Vol.

No 1 Hal: 40-53

Nurdin, I., Izahari, Nadrah., & Rahimallah M.T.A (2023). Konsep dan Penerapan Budaya Kerja

BerAKHLAK pada Pelayanan Sektor Pubik di Indonesia Ismail. Musamus Journal of Public

Administration, Vol 6 No 1. Hal 464-478

Peraturan Bupati Pohuwato No 8 Tahun 2022 Tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai

Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato Tahun Anggaran

Peraturan Bupati Pohuwato Nomor 52 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi,

Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Kecamatan

Peraturan Daerah Kabupaten Pohuwato Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Publik.

Puluadji, Y.K., Pakaya, A., Dajafar, L (2016) Kualitas Pelayanan Pegawai di Kantor Camat Dungingi

Kota Gorontalo Vol. 5 No 2. Hal: 134-145

Riyanda, R (2017). Faktor-Faktor yang Menghambat Kinerja Pelayanan Publik di Dinas

Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Jurnal Niara. Vol 9 no 2 Hal: 75-90

Rohman & Lestari (2020). Standart Pelayanan Publik di Era Transisi New Normal. Reformasi Vol.

No2. Hal: 151-163.

Samsudin, M (2021) Analisis Kinerja Pelayanan Publik Tentang Sumber Daya Manusia dan

Responsivitas Pegawai Di Kantor Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). Vol 4, No. 2. Hal: 1028-1034

Sihombing J (2021). Analisis Penerapan Manajemen Kinerja Terhadap Evaluasi Kinerja Karyawan.

Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis. Vol. 1 No.2. Hal: 287-29.

Syawitri, P., Fitrisia, A., Ofianto (2022). Core Value Ber-Akhlak Aparatur Sipil Negara Sebagai Etika

dan Budaya Kerja Yang Profesional Untuk Meningkatkan Pelayanan. Prima Jurnal Pendidikan

Dan Konseling. Volume 4 Nomor 6. Hal: 2558-2565

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

Widiaswari (2021). Evaluasi Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala. Jurnal

Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis Vol. 2 No. 5. Hal: 85 –

Yahya (2023) Zona Kuning, Potret Hasil Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022

Provinsi Gorontalo. https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--zona-kuning-potrethasil-penilaian-penyelenggaraan-pelayanan-publik-tahun-2022-provinsi-gorontalo




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo