Pengaruh Strategi Endorsement Nano Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion (Studi Kasus Pengguna Social Media Instagram Pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2019 Universitas Negeri Gorontalo)

Sahril Sahril, Rizan Machmud, Citra Aditya Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Endosement Nano Influencer dalam mempengaruh Minat Beli konsumen pada Produk Fashion. populasi penelitian adalah pengguna social media instagram yaitu mahasiwa program studi s1 manajemen angkatan 2019 universitas negeri gorontalo yang berjumlah 167 sedangkan besarnya sampel ditetapkan menggunakan non- probability sampling sebanyak 50 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji parsial dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial endorsement nano influencer berpengaruh terhadap minat beli ditunjukan dengan nilai t hitung 5,089>2.010 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sedangkan nilai R square dalam penelitian ini adalah variabel endorsement nano influncer dalam menjelaskan variabel minat beli sebesar 0,350 atau 35% masuk kategori rendah, dan 65% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti kategori tingkatan influncer lainnya mikro, midel, makro dan mega influencer.

Keywords


Endorsement Nano Influencer; Minat Beli

Full Text:

PDF PDF

References


Adiba, R., Cahyani, D. K., Ranjanu, N., &; Pramesti, S. W. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif

Produk Fashion pada Mahasiswa UNNES sebagai Dampak Perkembangan Online Shop. Jurnal

Potensial 2.(2), 184-191.

Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement

Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal

Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15.

https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272

Amini, T. H., & Salahuddin, M. (2023). Visibility, Attraction, and Typical Person Instagram

Endoreser dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal Pada Generasi Z di Lombok Timur (Shariah

Marketing Analysis). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 126-134.

Halwa, S. (2023). Pemanfaatan Endorse Untuk Pemasaran Digital Pada Produk Umkm Kopi

Sanggabuana Menggunakan Instagram Di Desa MekarbuanA. 2(1), 2183–2192.

Indriana Dwi Septiani, Sampurno, D. (2019). Pengaruh Endorser Non-Selebriti Terhadap Brand

Image Dan Brand Trust Serta Berdampak Pada Minat Beli Konsumen Produk Pond’s

Instabright Tone Up Milk Cream Melalui Media Sosial Instagram. 1(2).

Khafida, A. A., & Nrh, F. (2020). Hubungan Antara Knformitas Teman Sebaya dengan Perilaku

Konsumtif Pembelian Skincare di Marketplace Pada Remaja Putri SMA N 1 Kendal. In Jurnal

Empati (Vol. 8, Issue 3)

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Nadhifa Putri, Adila Sosianika, W. S. (2021). Identifikasi Peran Nano Influencer dalam E-WOM

Engagement di Media Sosial terhadap Minat Beli. The 12th Industrial Research Workshop

and National Seminar, August 2021, 4–5.2021, 4–5.

Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita

pada Instagram. 5(1), 198–203.

Sudha, M., & Sheena, K. (2017). Impact of Influencers in Consumer Decision Process: the Fashion

Industry. SCMS Journal of Indian Management.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo