Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Aplikasi TikTok Shop Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Siti Nurianti Paputungan, Rizan Machmud, Djoko Lesmana Radji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Aplikasi Tiktok Shop Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo yang kemudian di jadikan responden menggunakan rumus slovin setelah melakukan perhitungan sehingga peneliti menyesuaikan sebanyak 97 responden. Hasil data yang di kumpulkan melalui pembagian kuesioner tersebut telah diuji dengan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier sederhana. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil penelitian uji analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa variabel promosi penjualan berpengaruh positif terhadap perilaku impulse buying pengguna aplikasi tiktok shop pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukan R² sebesar 44,4%. Dapat disimpulkan bahwa promosi penjualan berpengaruh terhadap perilaku impulse buying pengguna aplikasi tiktok shop pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri gorontalo sedangkan sebesar 55,6% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Promosi Penjualan; Perilaku Impulse Buying

Full Text:

PDF

References


Agusanti, A., Umar, Z. A., & Taan, H. (2022). Pengaruh Experiential Marketing Dan Physical

Evidence Terhadap Impulse Buying. http://ejournal.uika- bogor.ac.id/ Jurnal Ilmu, 5(5),1383–1390.http://ejournal.uika bogor.ac.id/index.php/Manager/article/view/8704/0%

Ahmad, S. H., Wolok, T., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Promosi

Produk Skin Care Terhadap Impulse Buying Melalui Media Tiktok Shop. JAMBURA: Jurnal

Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(2), 784–793.

https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/16550

Alifia Wardah, N., & Harti. (2021). MANDAR: Management Development and Applied Research

Journal Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian

Impulsif Avoskin Di Shopee. MANDAR: Management Development and Applied Research

Journal, 4(1), 121–132.

https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/mandar/article/view/1320/689

BongPhD, S. (2011). pengaruh in-store stimulti terhadap impulse buying behavior konsumen

hypermarket di jakarta. 31–52.

Devi, N. W. C., & Jatra, I. M. (2020). Positive Emotion Memediasi Sales Promotion Dan Store

Environment Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5),

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p15

Mulyono, F. (2012). Faktor Demografis Dalam Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi

Bisnis, 8(1), 92–109.

Kuengo, F. A., Taan, H., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo. 5(1), 54–

Sihombing, D. O., & Sukati, I. (2022). Analisis Pengaruh Promosi, Life Style, dan Kualitas Produk

Terhadap Impulse Buying Shopee di Kota Batam. 5(12), 754–766.

syahrul effendi et all. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan , Electronic Word Of Mouth Dan Hedonic

Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Shopee. 17(02), 22–31.

Taan, H. (2021a). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. eJournal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 89. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502

Taan, H. (2021b). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya. 10(2), 6.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson

Education,Inc.

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi Dan Implementasi Operational Bisnis

Ritel Modern Di Indonesia. Edisi 2 . Jakarta : Salemba Empat.

Morissan. 2010. Komuniksi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Prenadamedia Group.

Peter, J Paul dan Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo