Pengaruh Celebrity Endorsment Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Ecommerce Shopee

Thirsa Mohamad, Andi Juanna, Syamsul B. Biki, Melan Angriani Asnawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorsment dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Ecommerce Shopee. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 124 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dilakukan analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Celebrity Endormsent berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dimana pengujian tersebut menghasilkan nilai t-hitung sebesar 3,567 sedangkan t-tabel dengan taraf signifikan 5% (0,05) adalah sebesar 1,657; (2) Viral Marketing berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, hasil analisis mengasilkan nilai t-hitung sebesar 3,675 sehingga t-hitung > t-tabel (3,675 >1,657); (3) Celebrity Endorsment dan Viral Marketing berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlet Whitening, hasil analisis menunjukkan nilai f-hitung sebesar 49,642 sedangkan f-tabel dengan taraf signifikan 5% (0,05) adalah sebesar 3,07. Hasil tersebut menunjukan bahwa f-hitung > f-tabel (49,642 >3,07).

Keywords


Celebrity Endorsment; Viral Marketing; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agustin Ria Afrianti, Edi Santoso, D. W. W. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Celebrity

Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel

Intervening. Jurnal Aktual, 20(1), 105–123.

Anwar Sanusi. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis.Jakarta

Ardianti, C., Salam, A., & Nuryani, H. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian di Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas ….

Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–9.

http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/796

Arifin, Ali. Viral marketing: Konsep Baru Berwirausaha. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset. 2003.

Belch, G. E., dan M.A Belch. 2004. Advertising and Promotion; An Integrated Marketing

Communications Perspective. New York: McGraw-Hill.

Compas. (2022). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas

Rp 10 Miliar. https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/

Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline

Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO : Journal of Management &

Business, 5(1), 60–76.

Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan

Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla. Prosiding

SENAPENMAS, 346(2), 1209. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15157

Furqon, M. A. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan

Pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79.

https://doi.org/10.33603/jibm.v4i1.3311

Ganisasmara, N. S., & Mani, L. (2020). The Effect of Celebrity Endorsement, Review, and Viral

Marketing on Purchase Decision of X Cosmetics. Solid State Technology, 63(5), 9679–9697.

Glennardo, Yoshua. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Slank terhadap Minat Berdonasi

Masyarakat pada Organisasi Non-Profit Profauna. Jurnal ARSIMONIA, Vol.5, No.1, APRIL

Hairunnisa, N., & Dian Hartati. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsment Pada Media Sosial

Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. YUME : Journal of Management,

(2), 553–561. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.5674

Hikolo, L., Taan, H., & Juanna, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Pada D’Besto Cikutra. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 6(1), 111–

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust

terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.

Instagram. 2021. (https://www.instagram.com/scarlett_whitening/ diakses pada 23 Februari

pukul 11.23 WITA.)

Jenderal, D., Riset, P., Pengembangan, D., Suciati, Y., Novandriani, N., Moeliono, K., Studi, P.,

Bisnis, A., Komunikasi, F., & Bisnis, D. (2021). Pengaruh Viral Marketing Terhadap

Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian Sate Taichan Goreng Melalui Social Media

Instagram Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI

SINTA, 4(1), 165–177. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm

Kemp, S. (2020). Digital 2020: 3.8 Billion People Use Social Media. We Are Social.

https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media

Kiswalini, Annis & Ketut Nurcahya.2014. Pengaruh Celebrity endorser, Brand image, dan

Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 1 (2):

h: 1522-1534

Kotler, Philip, & Amstrong, Gary. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi kedelapan. Jakarta:

Erlangga, 197.

Kotler, Philip. Manajemen pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT indeks kelompok Gramedia. 2018

Kotler, Philip and Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1.

Jakarta:Erlangga.

Latifah, S., Komariah, K., & Z, F. M. (2022). Process ( Marketing Research Of MS Glow Product On

Instagram Followers Of Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Viral Marketing Terhadap

Proses Keputusan Pembelian ( Studi Pemasaran Produk MS Glow Pada Followers Instagram

@ Tunis . Store ). 3(August), 1988–1995.

Machfoedz, Mas’ud, & Machoedz, M. (2015). Kewirausahaan: Metode Manajemen dan Implementasi

(Edisi Kedua). Cetakan I, Yogyakarta: BPFE.

Rahmani, R. G., & Bursan, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image dan Brand

Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10, 51–60.

https://doi.org/10.23960/jbm.v18i0.408

Rahmani, R. G., Bursan, R., MS, M., & Wiryawan, D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement,

Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada

Somethinc by Irene Ursula). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1).

https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2006

Ristauli Hutagaol, R. S., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal Of Social Research,

(7), 761–772. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.147

Royan, F. M. (2017). Marketing Celebrities: Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti memasarkan

diri sendiri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Saputro, A. A., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaru Celebrity Endorsment, testimoni,dan

Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop BLIBLI.COM. E-Jurnal Riset

Manajemen, 5(1), 168–181. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenbisnis/article/view/5227

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Alih bahasa oleh Revyani Sahrial dan Dyah Anikasari. Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. EJournal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi

Uyuun, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa FEB UNESA.

Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174.

ZAP. (2021). ZAP Beauty Index 2021 Ungkap Perubahan Potret dan Tren Kecantikan Selama

Pandemi. https://zapclinic.com/zapbeautyindex




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo