Mengindentifikasi Keunggulan Novelty Product: Promosi Word Of Mouth Dalam Keputusan Pembelian Kopilabs Kota Gorontalo

Ari Banjarnahor, Raflin Hinelo, Andi Juanna, Melan Angriani Asnawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh Word Of Mouth dan Novelty Product terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (studi kopilabs Kota Gorontalo) Teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian menggunakan rumus chocran yaitu sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi pelanggan café kopilabs Kota Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS 22. Berdasarkan penelitian hasil uji analisis regresi berganda menunjukan bahwa hasil uji simultan (bersama sama) variabel Word Of Mouth dan Novelty Product berpengaruh namun moderat (tidak kuat) terhadap Keputusan Pembelian. Dalam menjelaskan variabel Keputusan pembelian sebesar 28,5% sedangkan sisanya 71,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan jelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


Word Of Mouth; Novelty Product; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Achmad Mahiri, E., Hakim, A. and Kurnadi, E. (2022) ‘Analisis Pengaruh Strategi pemasaran UMKM

Berdasarkan Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menurut

Prespektif Ekonomi’, Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), pp. 289–298. Available

at: https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1984.

Blaarr, K. and Kebumen, A. (no date) ‘PENGARUH CAFÉ ATMOSPHERE DAN WORD OF MOUTH

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDAI KOPI BLAARR AMBAL KEBUMEN Mukminatun

Manajemen Pemasaran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen , Jawa Tengah

, Indonesia Email : mukminnatun191@gmail.com ABSTRAK P’, pp. 1–18.

D’Este, P., Amara, N. and Olmos-Peñuela, J. (2016) ‘Fostering novelty while reducing failure:

Balancing the twin challenges of product innovation’, Technological Forecasting and Social

Change, 113, pp. 280–292. Available at: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2015.08.011.

Joesyiana, K. (2018) ‘Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada

Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan

Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau)’,

Jurnal Valuta, Vol. 4(1), pp. 71–85.

Li, Y. et al. (2019) ‘Can scarcity of products promote or restrain consumers’ word-of-mouth in social

networks? The moderating roles of products’ social visibility and consumers’ self-construal’,

Computers in Human Behavior, 95(121), pp. 14–23. Available at:

https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.013.

Miron-Spektor, E. and Beenen, G. (2015) ‘Motivating creativity: The effects of sequential and

simultaneous learning and performance achievement goals on product novelty and

usefulness’, Organizational Behavior and Human Decision Processes, 127, pp. 53–65.

Available at: https://doi.org/10.1016/j.obhdp.2015.01.001.

Muhammad, B.R. and Sisilia, K. (2020) ‘Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan

pembelian pelanggan pada coffee shop (studi pada crema koffie di kota bandung)’, Jurnal

e-Proceeding of Management, 6(3), pp. 5876–5883.

Rezeky, R.T.M.L. (2018) ‘Proses Implementasi Word of Mouth Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan’, Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), pp. 155–166.

Sitompul, S.C. and Hariyanto, J. (2020) ‘Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Produk dan harga

Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Warga Bekasi

Barat)’, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesi, pp. 1–13.

Wangsa, I.H.S. and Tyra, M.J. (2021) ‘Konsumen Terhadap Kebaruan Produk’, Jurnal Bisnis

Perspektif, 13(1), pp. 1–16.

Winarto, H. and Chandra (2002) ‘Strategi pemasara’, Majalah Ilmiah Ekonomika, 14(1), pp. 124–128




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo