Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Desa Biluango Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango

Rahmatia Adiko, Heldy Vanni Alam, Robiyati Podungge

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetaui seberapa besar pengaruh standar operasional prosedur dan kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan di Desa Biluango Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Tehnik pengambilan sampel yang di ambil dalam penelitian ini menggunakan tehnik cluster sampling (area sampling), jumlah sampel yang diambil dalam penelitian menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 93 responden. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuisioner dengan populasi masyarakat Desa Biluango Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji standar operasional prosedur dan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Variabel standar operasional prosedur dan kepemimpinan transformasional dalam menjelaskan variabel kualitas pelayanan sebesar 52%, sedangkan sisanya 48% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan jelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


Standar Operasional Prosedur; Kepemimpinan Transformasional; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Aditia, Aditia, Anton Tirta Komara, Nita Yura Roslina, and Lungguh Jatmika. 2021. “Pengaruh

Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Acman: Accounting and

Management Journal 1(2):104–14. doi: 10.55208/aj.v1i2.25.

Ali, Rudolfus. 2017. “Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di

Kantor Desa Wolonwalu.” JUPEKN: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan

Kewarganegaraan 2(1):6.

Alprinces Moclin, Ari J Rorong, Helly F. Kolondam. 2021. “Strategi Pemerintah Desa Dalam

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Tengah Pandemi COVID-19 Di Kantor Desa

Pusunge Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe.” Jurnal Administrasi

Publik 7(111):107–15.

Dewi, Rosiyana, and Ajeng Rahmianingsih. 2020. “Meningkatkan Nilai Perusahaan Melalui Green

Innovation Dan Eco-Effisiensi.” Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan

Akuntansi 12(2):225–43. doi: 10.35313/ekspansi.v12i2.2241.

Dian Marlina Verawati. 2019. “Riset Ekonomi Manajemen.” Jurnal Untidar.Riset Ekonomi

Manajemen 2(2):93–101.

Ferdinandito, Angga, and Tiyas Nur Haryani. 2021. “Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Dalam

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.” Wacana Publik 1(1):190. doi:

20961/wp.v1i1.53145.

Haryanto, Aris Tri, and Septiana Novita Dewi. 2020. “FIGUR KEPEMIMPINAN MEMEDIASI

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

(Studi Masyarakat Yang Mencari Pelayanan Di Kantor Desa Kabupaten Sragen).” Jurnal

Administrasi Bisnis Fisipol Unmul 8(2):174. doi: 10.54144/jadbis.v8i2.3699.

Iskandar, Yenny, Suharmiyati Suharmiyati, and Reni Maralis. 2020. “Pengaruh Kinerja Aparatur

Desa Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Desa Rantau Mapesai Kecamatan

Rengat.” Jurnal Manajemen 5(1):101. doi: 10.33087/jmas.v5i1.155.

Ismail, Azman, Farida Abd Halim, Dayang Nailul Munna Abang Abdullah, Ahmad Sofian Shminan,

Agatha Lamentan Anak Muda, Shairazi Samsudin, and Antonia Girardi. 2009. “The Mediating

Effect of Empowerment in the Relationship between Transformational Leadership and

Service Quality.” International Journal of Business and Management 4(4):3–12. doi:

5539/ijbm.v4n4p3.

Joni Suwarno. 2015. “Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan Ktp Dan Kk Di Desa

Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu).” Jurnal Ilmu Politik &

Pemerintahan Lokal 1(2):184–213.

Kadugede, Kecamatan, and Kabupaten Kuningan. 2022. “Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan

Kewirausahaan E-ISSN: 2827-7961 (Online) P-ISSN: 2827-8143 (Print)

Https://Journal.Sinov.Id/Index.Php/Jurimbik.” Jurnal Ilmiah Manajemen 2(2):3–20.

Kwan, Predrik, Willy Tri Hardianto, and Dody Setiawan. 2013. “Upaya Pemerintah Desa Dalam

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Masyarakat.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

(2):25.

Maharani, Dewi. 2019. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi

Terhadap Kualitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka.”

Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara 9(2):2–10. doi:

33005/jdg.v9i2.1637.

Mayasari, Ana. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di

Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 3(2):36–44. doi: 10.36778/jesya.v3i2.181.

Mulyana, Mumuh. 2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia (Sdm) Ritel Dalam Meningkatkan

Kinerja Perusahaan.” Jurnal Ilmiah Ranggagading 10(2):164–70.

Parawangi, Anwar, Ihyani Malik, Jurusan Ilmu, Administrasi Negara, Unismuh Makassar, Jurusan

Ilmu, Pemerintahan Negara, Unismuh Makassar, Jurusan Ilmu, Administrasi Negara, and

Unismuh Makassar. 2017. “893-2419-1-Sm (1).” Kualitas Pelayanan Di Kantor Desa Parigi

Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa 3(April):16.

Pendapatan, Badan, Pengelolaan Keuangan, D. A. N. Aset, Daerah Bppkad, and Kabupaten Cilacap.

“MIDA Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi.” 17(September):1–20.

Pahi, Munwar Hussain, and Kamal Ab Hamid. 2015. “The Examination of the Influence of

Transformational Leadership over Commitment to Service Quality: A Case of Hospitals of

Sindh, Pakistan.” Asian Social Science 11(26):183–90. doi: 10.5539/ass.v11n26p183.

Rahayu, Budi, and Wahyu Dede Gustiawan. 2022. “Defaros Barbershop Kediri City Standar

Operasional Prosedur (SOP) Sebagai Upaya Menjaga Kualitas.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo