Analisis Penggunaan Layanan Digital Mobile Banking BRI (BRImo) Pada Sektor Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Gorontalo

Aldi Ibrahim, Mutia Maliki, Finki Efendi Djamalu, Yayu Isyana Pongoliu

Abstract


Digitalisasi adalah Proses konversi media dari analog ke digital yang mengacu pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan bisnis dan pendapatan, serta menciptakan budaya digital. Teknologi sendiri telah memberikan perubahan, pada bidang keuangan yang dikenal dengan istilah financial technology (Fintech) atau pelayanan jasa keuangan yang dilandaskan pada teknologi. Mobile baking (M-Banking) merupakan salah satu Fintech, yang mampu mengubah individu atau kelompok dalam menggunakan fasilitas perbankan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan layanan digitalisasi M-Banking BRImo di sektor UMKM Kota Gorontalo. BRImo (BRI Mobile) merupakan aplikasi M-Banking yang diluncurkan Bank BRI sebagai alat pembayaran digital yang dipakai oleh berbagai kalangan, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Variabel independent yang digunakan adalah kemudahan, keamanan, dan risiko, sedangkan variabel dependent yang digunakan adalah penggunaan. Sampel penelitian sebanyak 30 responden UMKM, Kota Gorontalo yakni Kecamatan Kota Tengah, Kota Timur, dan Sipatana dengan jenis usaha mulai dari makanan, minuman, jasa, dan olshop. Teknik analisis datanya yaitu analisis regresi berganda dengan data primer yang didapat dari jawaban responden atau pengguna layanan digitalisasi M-Banking BRI (PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan dan keamanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan layanan digitalisasi M-Banking BRI pada sektor UMKM, namun risiko tidak berpengaruh terhadap penggunaan layanan digitalisasi M-Banking BRI pada sektor UMKM.

Keywords


Layanan Digitalisasi; Mobile Banking; UMKM

Full Text:

PDF

References


Adam, Budi Wahono, M. B. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan BRI Mobile (BRImo) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi, 13(1), 5.

Arfaizar, J., Ayu, N., Riyanto, F., Yusdani, & Muliadi, S. (2023). Inovasi Dan Tantangan Perbankan Syariah Pada Era Digital Di Indonesia. WADIAH: Jurnal Perbankan Syariah, 7(2), 163–191. http://10.0.120.42/wadiah.v7i2.327

Cahyaningrum, N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Brimo Di Bank Bri Cabang Martadinata Malang Tahun 2016- 2022. E-Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 667–683.

Herlita, M., & Nurulrahmatia, N. (2020). JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Lq-45 Periode 2015 - 2020, 11(2), 86–103.

Kholifah, A. P. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Brimo Pada Nasabah Bank BRI Kota Malang Aviv. E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 221–232.

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632

Permatasari, B. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile Banking Bca. Journals of Economics and Business, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i2.112

Putri, A., & Dwi, A. I. (2022). Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile dengan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation. Jurusan Teknik Informatika/Program Studi S1 Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya, 03(02), 49–59. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/46226

Romadhon, F., & Fitri, A. (2020). Analisis Peluang dan Tantangan Penggunaan Financial Technology Sebagai Upaya optimalisasi Potensi UMKM (Studi Kasus UMKM di Gresik). Jurnal TECHNOBIZ, 3(1), 30–44.

Rusdiana, B., & Kusumadewi, R. (2024). Pengukuran Persepsi Pengguna Terhadap Persepsi Manfaat, Fitur Layanan Dan Keamanan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Wilayah Ciayumajakuning). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 158–165. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.7816

Safitri, E. O., & Narew, I. (2023). Jurnal ulet volume vii no 2 edisi oktober 2023 issn 2579-7336. Jurnal ULET, VII(2), 118–133.

Susilawaty, L., & Nicola, N. (2020). Pengaruh layanan perbankan digital pada kepuasan nasabah perbankan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 179–190. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2478

Yuliani Kristhiofan, K., Fadli, F., Fadli Ekonomi, F., dan Perbankan, K., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Pengaruh E-Service Quality, E-Trust Dan Artificial Intelligence Terhadap Nasabah Experience Pengguna Aplikasi Brimo Penulis Korespondensi. Contemporary Studies in Economic, 2(2), 181–192. http://dx.doi.org/10.21776/csefb.2023.02.2.01

Yusron Afdillah, F., & Mahmud. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Risiko Yang Dirasakan, Dan KepercayaanTerhadap Minat Menggunakan Aplikasi Brimo. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.26098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo