ANALISIS PENGARUH RISK DAN TRUST DALAM PENERIMAAN ALAT PEMBAYARAN DIGITAL QRIS (STUDY KASUS PADA 30 UMKM)

Fitra Gobel, Yayu Isyana Pongoliu, Rahmita Rahman, Salwa Dian Amelia Utina

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh risiko dan kepercayaan dalam penerimaan alat pembayaran digital QRIS bagi pelaku usaha. QRIS menjadi salah satu metode pembayaran non tunai yang diperkenalkan oleh Bank Indonesia. Analisis data menggunakan metode korelasi. Sampel yang digunakan adalah 30 usaha mikro super yang berlokasi di sekitar Universitas Negeri Gorontalo. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel risiko dan kepercayaan berpengaruh terhadap penerimaan alat pembayaran digital QRIS.

Keywords


Kata Kunci: Pembayaran digital; Risiko; Kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Amir & Doly. (2023). Efisiensi Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Umkm Di Le Garden Palembang Indah Mall.

Fifi Endah Irawati1, N. Y. K. (2020). Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Minat Penggunaan Ovo Sebagai Alat Pembayaran Dengan Pendekatan Trust And Risk In Technology Acceptance Model (Tritam).

Musa F. Silaen, Sepbeariska Manurung, & Christine D. Nainggolan. (2021). Effect Analysis Of Benefit Perception, Ease Perception, Security And Risk Perception Of Merchant Interest In Using Quick Response Indonesia Standard (QRIS). International Journal of Science, Technology & Management, 2(5), 1574-1581. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i5.313

Nazra, B. Y. (2020). Marketing Strategy Planning Using Soar Method And Quantitative Strategic.

Nathan Eleazar Rafferty, Ahmad Nurul Fajar. (2022). Integrated QR Payment System (QRIS) :Cashless Payment Solution in Developing Country from Merchant Perspective . Asia Pacific Journal of Information Systems, 32(3), 630-655

Rahmi & Kristina. (2023). The Influence Of Perceptions Of Usefulness And Perceptions Of Convenience On The Decision To Use Digital Quick Response Code Payment Indonesian Standard (QRIS) Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan Pembayaran Digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Schiffman, K. (2012). Consumer Behavior (12th Editi). Pearson Prentice Hall.

Sekarsari. (2018). Pengaruh Percevied Ease Of Use, Percevied Usefulneds, Dan Perception Of Product Risk Terhadap Online Shopping Intention Pada Produk Fashion Nanda.

Sinaga. (2020). Tinjauan Yuridis Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Sistem Transaksi Pembayaran Dalam Mengatasi Monopoli Menurut Peraturan Anggota Dewan Gubernur No 21/18/Padg/2019 (Studi Pada Bank Indonesia Medan).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor