PENGARUH SWITCHING BARRIER TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BARBERSHOP (STUDI KASUS PADA BARBERSHOP SIBARBER KOTA GORONTALO)

Bachrudin Jusuf, Umin Kango, Ramlan Amir Isa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Switching barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Sibarber kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui kuisioner yang disebarkan kepada 93 responden yakni pelanggan yang berkunjung di Sibarber. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Probability Sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Analisis Data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial switching barrier berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan ditunjukkan dengan nilai t hitung 5.833>1,986 dengan tingkat signifikan 5%. Artinya switching barrier secara parsial mempengaruhi loyalitas pelanggan Sibarber. nilai R Square dalam penelitian ini adalah sebesar 0,599 atau 59,9%, dan sisanya sebesar 40,1%, yang bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau mungkin faktor-faktor lain yang tidak diukur seperti switching cost, store atmosfear, bukti fisik, dan harga.


Keywords


Kata Kunci: Switching Barrier; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Almira, M. D. (2021). Analis Faktor Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Citra Produk, dan Tempat Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Aini Fashion Kotapinang. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 1(3), 449-461.

Elpita, D., Studi, P., Administrasi, I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Utara, U. S. (2017). Pengaruh Switching Barrier (Hambatan Berpindah) Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Perdana Internet Telkomsel (Studi pada Mahasiswa Universitas Dharmawangsa Medan).

Fauziati, Retno Riska. 2019. Pengaruh Customer Value, Customer Satisfaction dan Interaksi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi.Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5228/1/cover-bab1-bab5-dafpus.pdfdiakses 15 Juni 2020.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Griffin, J., (2016), Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Hakim, Lukmanul. 2019. Pengaruh Financial Risk dan Performance Risk Terhadap Switching Barriers Nasabah PT. BPRS Lantabur Tebuireng. Jurnal Ekonomi Syari’ah, Vol. 2. No. 2. Hal. 91-134. Maret-Agustus 2019. STAI Luqman al-Hakim Surabaya.file:///C:/Users/lokahita/Downloads/78-Article%20Text-240-1-10-20191123.pdfdiakses

Ismanto, J. (2020). Manajemen pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.

Juliani, F. A. (2018). Pengaruh Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2(1), 101-104.

Kolonio, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh service quality, trust, dan consumer satisfaction terhadap consumer loyalty pada Cv. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Kotler, P dan Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016).Marketing Management, 15th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Murdayah, K. A., Hidayati, N., & Suharto, M. K. A. B. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Dan Switching Barriers Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Steak Moen-Moen Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Nainggolan, N. P. (2018). Satisfication, Trust, Choice Reduction and Habit, Customer’s Loyalty, 6 (1)

Nurhidayati, M., & Cahyani, N. K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-Channel pada Nasabah BSI KCP Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2).

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rahman, A. E., & Juwita, R. (2023, April). The Dampak Kepercayaan Pelanggan, Kepuasan, Suasana Toko, Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret. In MDP Student Conference (Vol. 2, No. 2, pp. 338-344).

Rahman, Dzulfiqar Fathur. (2022). "Ini Sektor Usaha yang Tumbuh Pesat pada Kuartal I-2022." Databoks. Tersedia online: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/09/ini-sektor-usaha-yang-tumbuh-pesat-pada-kuartal-i-2022

Rasyid, Harun. 2017. Pengaruh Kualitas dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica, Vol 1 No. 2 September 2017, ISSN : 2355-0295, E-ISSN : 2549-8932.

Robby, Dharma. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. Vol. 6, No. 2.

Saputro, D. A., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan dan Switching Barriers terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada toko Ogan Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 6(02).

Putri, Nandya A., et al. "Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Switching Barrier Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun 2014/2015 P." Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, vol. 32, no. 1, 16 Mar. 2016, pp. 128-134

Sari, T., & Ratna, S. (2012). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan dan Switching Barriers Terhadap Loyalitas Pelanggan Hartono Elektronika Surabaya (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Sugesti, Hesti & Bambang Tripitranto. (2016). Pengaruh Switching Barriers terhadap Loyalitas Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia. Jurnal Competitive.Vol. 11 No.1

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Suryani. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Hambatan Berpindah terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan pada Bank SUMSEL BABEl Syariah Cabang Palembang. UIN Raden Fatah Palembang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi D3 Perbankan Syariah.

Veni, A. (2019). analisis preceived value, kepercayaan pelanggan dan Switching Barrier terhadap loyalitas pelanggan kosmetik INEZ (studi kasus pada toko kosmetik Aurel Dikotas Stabat).

Wulan, M., Yusnita, R. T., & Pauzy, D. M. (2023). Pengaruh Loyalitas Pelanggan Melalui Penerapan Harga, Switching Barrier Dan Trust In Brand. Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(2), 17-26.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor